Cara Cek Backlink Website Untuk Membangun Web Populer

Saat ini sudah sangat jarang bisnis dijalankan dengan cara konservatif. Semakin banyak pengusaha menggunakan sistem online melalui website untuk bisnis. Ini merupakan hal yang sangat wajar sebab dunia online itu begitu menarik dan mudah untuk diakses oleh semua orang. Bahkan Anda juga bisa melakukan audit website atau cara cek backlink website yang sangat penting untuk dapat menciptakan sekaligus memiliki website yang termasuk ke dalam SEO friendly.

Apa Itu SEO?

Bagi pemilik website, muncul pada halaman pertama mesin pencari menjadi dambaan. SEO adalah salah satu poin penting agar website Anda dapat rangking satu, tentunya ada beberapa tahapan agar merajai searchengine.

SEO adalah rangkaian panjang untuk meningkaatkan kualitas serta volume trafik sebuah situs melalui search engine menuju situs web milik Anda, mesin pencari (misalnya Google) mempunyai algoritma yang wajib dipatuhi oleh semua pemilik situs, karena SEO adalah proses rumit bagi Anda yang baru masuk di ruang lingkup ini.

Logikanya, jika website kita menempati urutaan paling atas di google maka akan memperoleh pengunjung yang sangat banyak pula.

Cara cek backlink website

audit website Oktober 2020

Cara Cek Backlink Website dan Kegunaannya

Banyak pemilik website atau blog mencari cara cek backlink website dan ini memang dianggap penting. Sebagai pelaku di dunia bisnis online, Anda tidak bisa meremehkan sama sekali pentingnya backlink. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung bahkan traffic dari situs yang Anda bangun, inilah cara terbaik. Backlink yang memiliki kualitas tinggi ini adalah bagian yang paling utama dari perhitungan algoritma Google dan backlink ini nantinya akan menjadi salah satu faktor utama dalam hal prioritas untuk penilaian. Namun apa sesungguhnya backlink itu?

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah link yang asalnya dari website lain yang langsung mengarah menuju website milik Anda.

Backlink bisa menjadi elemen penentu yang bisa mendorong situs untuk dapat menjadi sebuah bagian atas di dalam halaman pertama dari hasil pencarian di dalam Google. Upaya audit website untuk membangun sebuah link ini semuanya dilakukan untuk mengoptimasi mesin pencari dan masih banyak pula manfaat lain dari backlink ini dan sebab itulah Anda juga harus mencari cara untuk mengeceknya.

Dengan menggunakan backlink ini, Anda akan memperoleh nilai SEO yang baik dari Google sebab Google pasti akan beranggapan bahwa situs Anda ini direkomendasikan langsung oleh pemilik situs yang lainnya. Namun jika Anda salah dalam menerapkan strategi untuk backlink ini, maka situs Anda justru akan berada di dalam posisi yang tidak baik di halaman pencarian Google bahkan mungkin juga dapat deindex. Karena itulah Anda wajib untuk menemukan cara terbaik menerapkannya dengan tepat dan bisa mengecek backlink milik kompetitor Anda.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2020 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Cara Cek Backlink Website: Apa Manfaatnya?

Dapat dikatakan bahwa backlink merupakan kunci sukses di dalam berbisnis online utamanya kalau Anda ingin situs selalu mengalami traffic di dalamnya. Sesungguhnya cara cek backlink website ini cukup mudah dan sederhana karena hanya berupa seperti tautan sebuah link situs yang Anda miliki berada di dalam link website yang lain. Dengan kata lain suatu situs yang meletakkan link situs Anda di dalam situs mereka. Backlink bisa memberikan beragam manfaat yang sangat positif khususnya bagi situs Anda dan inilah beberapa di antaranya:

  • Adanya lalu lintas dalam referral

Tidak semua lalu lintas untuk website itu asalnya dari pencarian yang dilakukan pada Bing, Yahoo, Google maupun mesin pencari yang lainnya. Lalu lintas ini yakni persentase besar dari seluruh yang ada dan artinya ialah orang yang mengklik atau mengakses link yang terdapat di dalam konten dan akan dibawa menuju konten yang terkait.

Link yang memiliki kualitas tinggi dalam websitenya dengan begitu banyak sekali lalu lintas bukan hanya mendukung SEO dari situs Anda melainkan juga dapat mengarahkan lalu lintas dengan target menuju situs web milik Anda kapanpun. Sebuah link tunggal yang ada di dalam situs populer bisa mendorong lalu lintas menuju situs Anda bertahun-tahun lamanya. Hal yang dinilai baik mengenai lalu lintas referral ini merupakan ini sangat terarah. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang banyak demi pencarian yang berbayar.

  • Membangun otoritas situs Anda

Manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan backlink ini adalah bisa membangun suatu otoritas dari website yang Anda bangun. Dengan memperoleh link dari berbagai macam website yang dianggap populer, maka ini akan berdampak sangat baik khususnya untuk situs yang Anda bangun dan mereka pun juga sangat membantu dalam membangun otorits dari merk yang Anda miliki.

Dengan menggunakan cara yang serupa, Google membuat seolah link ini merupakan indikasi baik jika situs yang Anda miliki sudah memberikan informasi yang begitu bermanfaat dan konsumen bisa melihat bahwa brand yang Anda miliki cukup bisa diperhitungkan dengan baik.

Link yang memiliki kualitas tinggi akan sangat menguntungkan bagi SEO Anda, mereka juga di satu sisi yang lain akan membantu untuk dapat menarik konsumen dari merk yang Anda miliki. Backlink ini juga bisa membantu dalam urusan mempresentasikan usaha yang Anda miliki untuk dijadikan sebagai sumber informasi dan bisa menghubungkan situs langsung menuju konten yang Anda miliki.

Cara Cek Backlink Website Dengan Rekomendasi Tools

Cara cek backlink website ini sangat sederhana karena sekarang banyak sekali bantuan dari tools yang ada di dalam internet dan dapat diunduh bahkan diinstal dengan menggunakan PC. Inilah beberapa tools yang bisa dijadikan rekomendasi untuk melakukan pengecekan backlink antara lain:

1. Majestic

Tool ini sering direkomendasikan kepada pengguna atau pembuat website untuk mengecek backlink yang baik. Dengan tool ini, Anda lebih mudah lagi untuk mengintip maupun mengecek backlink yang terdapat di dalam website maupun blog yaang lainnya.

Akan tetapi, Anda perlu berlangganan dulu jika ingin menggunakannya. Majestic ini tidak hanya bisa digunakan untuk dapat mengecek backlink melainkan dapat digunakan untuk dapat mengetahui dengan akurat jumlah citation flow maupun trust flow dengan terperinci dan lengkap.

2. Ahrefs

Ini merupakan tool yang memiliki kemampuan untuk mengaudit website khususnya bagi para ahli atau expert sebab tool ini lebih baik dalam mengeksplor maupun mengasah skill menganalisa kata kunci maupun juga hal lain yang dilakukan oleh pesaing yang lainnya.

Selain itu, tool ini juga bisa meneliti lebih baik lagi kata kunci sekaligus backlink dari situs pesaing Anda jauh lebih mudah lagi termasuk mengetahui peluang potensi kata kunci dan jumlah dari volume pencarian khususnya jika menggunakan kata kunci khusus.

Selain itu, tool ini juga mengetahui cara untuk mengecek jumlah dari backlink termasuk melihat jumlah dari backlink website. Ini juga bisa membuat Anda melihat posisi dari pesaing dengan melakukan analisa kekuatan dari backlink yang ada.

Sekarang ahrefs sudah memberikan layanan gratis bernama ahrefs webmaster tool,yangmana Anda bisa menambahkan domain kemudian verifikasi domain agar bisa mengakses ahrefs webmaster tool secara gratis. Mungkin ini seperti google search console, namun kelebihannya yakni bisa audit website dan melihat informasi seputar SEO website Anda secara lengkap.

3. Cognitivesco Explore

Tool sangat menguntungkan sebab bisa diakses dengan gratis untuk mengecek backlink. Namun Anda harus tahu bahwa terdapat limit atau batasan ketika menggunakan alat Cognitiveseo Explore karena Anda hanya bisa mengecek sekitar 5 kali backlink saja dalam sehari dan setelah mencapai limit, Anda tidak bisa menggunakannya lagi dan baru bisa menggunakannya keesokan harinya.

4. Alexa Tools Backlink

Anda bisa menggunakan tool ini untuk mengecek backlink dari website dan yang menarik adalah tool ini pun dapat digunakan untuk melihat ranking website Anda. Selain itu, tool ini jug bisa mengecek sumber dari backlink yang sudah terindex. Anda cukup membukaa browsernya dan masukkan nama situs yang Anda miliki.

Inilah cara cek backlink website serta audit website gratis yang paling mudah untuk semua pengguna dan pemilik website apabila ingin mencoba untuk membuat traffic di dalam situs demi keuntungan dan manfaat yang diperoleh ketika menjalankan bisnis online.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar