Buyer’s guide: Ini Yang Harus diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Saat sekolah dan perguruan tinggi memindahkan kelas secara online di tengah pandemi, jutaan keluarga merasa perlu untuk membeli perangkat komputasi pertama mereka. Tetapi bagi banyak rumah tangga kelas menengah ke bawah, membeli yang baru terbukti sulit. Jalan satu-satunya adalah membeli Laptop Bekas, meskipun melibatkan beberapa risiko yang berkaitan dengan kondisi perangkat.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu membeli.

Tips Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas

  • Kebutuhan

Sebelum kamu berburu di platform jual beli, pikirkan apa yang kamu butuhkan. Orang yang berbeda memiliki tuntutan yang berbeda pula. Sementara seorang profesional bisnis mungkin menghabiskan lebih banyak dan puas dengan laptop dengan RAM, prosesor dan penyimpanan yang lebih baik. Seorang anak yang mengambil homeschooling mungkin tidak membutuhkan banyak memori dan spesifikasi lainnya.

  • Lakukan riset harga

Perangkat bekas dapat menghemat banyak uang, tetapi jangan impulsif saat melakukan pembelian dan melakukan riset. Sebelum kamu menyelesaikan kesepakatan, bandingkan harga dengan laptop baru dengan spesifikasi serupa. Jika membeli laptop bekas yang berusia lebih dari satu tahun dengan harga yang mendekati model baru, kesepakatan itu tidak sepadan.

  • Ukuran

Karena hadir dalam berbagai ukuran dan layar, tidak mudah untuk memilih yang tepat. Ukuran biasanya mulai dari 13 inci hingga 17 inci. Jika portabilitas menjadi prioritas utama, sebaiknya pertimbangkan laptop bekas dengan ukuran layar 13 inci. Jika tujuan kamu membeli hanya terbatas pada menghadiri kelas online dan pekerjaan ringan, kamu bisa puas dengan notebook yang lebih besar.

  • MacBook vs Windows

Ini rumit, ada beberapa lebih suka sistem operasi Mac, sementara yang lain lebih suka Windows. Jika memutuskan untuk membeli MacBook bekas, kamu pasti ingin memastikan bahwa benar-benar mendapatkan model yang tepat. Sebagai gantinya, cari laptop bekas Windows 10, itu sangat mudah didapatkan. Kembali lagi, semua tergantung kebutuhan.

  • Mintalah nama model atau nomor seri

Ada kalanya penjual tidak memberi tahu nomor model atau tahun pembuatannya. Dalam hal ini, minta penjual untuk memberikan nomor serinya. Jika membeli notebook Mac bekas, setiap MacBook memiliki nomor seri yang mengidentifikasinya. Dengan mencari nomor serinya, kamu bisa mendapatkan informasi tentang tanggal pembelian, nomor model, dan masa garansi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar