Broker Malware Sakula di balik Peretasan Di AS

Broker Malware Sakula di balik Peretasan Di AS

Seorang broker malware Cina yang dijatuhi hukuman di Amerika Serikat tahun ini. Dia di hukum karena berurusan dengan software berbahaya(Sakula) yang dikaitkan dengan peretasan besar. Dia sekarang sudah kembali di tempat kerjanya yang lama untuk mengajar kursus komputer sekolah menengah dan juga keamanan internet.

Yu Pingan, yang menghabiskan 18 bulan di pusat penahanan federal San Diego, mengaku bersalah atas persekongkolan untuk melakukan peretasan komputer. Ia telah ditangkap di Bandara Internasional Los Angeles pada Agustus 2017 setelah tiba dengan sekelompok guru untuk mengamati Universitas AS. Seorang wartawan Reuters menemukannya sedang mengajar di sekolah lamanya di sini bulan lalu.

Sakula

Yu dijatuhi hukuman oleh hakim federal pada bulan Februari dan sekarang sudah diizinkan kembali ke Tiongkok. Para korban konspirasi peretasan termasuk pemasok microchip Qualcomm Inc, perusahaan aerospace dan pertahanan Pacific Scientific Energetic Materials Co. Ada juga perusahaan game Riot Games, menurut keputusan tersebut. Tepatnya apa yang dicuri dalam pelanggaran komputer tidak diungkapkan dalam pengajuan pengadilan publik.

Qualcomm menolak berkomentar. Seorang juru bicara Riot Games mengatakan perusahaan tidak kehilangan data. Pacific Scientific tidak menanggapi permintaan komentar. Yu mengkhususkan diri dalam keamanan dan pemrograman jaringan komputer, menurut catatan pengadilan. Malware yang ia sediakan dalam konspirasi termasuk software langka yang disebut Sakula yang memberi peretas kendali jarak jauh atas komputer. Tidak jelas siapa yang membuat malware atau bagaimana Yu mendapatkannya.

Sakula Yang Menggemparkan Amerika Serikat

Sakula telah dikaitkan dengan beberapa serangan dunia maya yang paling terkenal dalam dekade ini. Selain gangguan yang dirinci dalam kasus terhadap Yu, ini termasuk peretasan perusahaan asuransi kesehatan AS Anthem Inc. Di mana jutaan catatan pasien terungkap, dan Kantor Manajemen Personalia AS, di mana informasi pribadi jutaan orang yang sekarang dan bekas AS pegawai dan kontraktor pemerintah dikompromikan. Yu tidak dituduh terlibat dalam dua pelanggaran itu.

Penuntutannya adalah salah satu dari serangkaian kasus kriminal terhadap warga negara China yang dibawa Washington dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai tanggapan atas apa yang dikatakan orang Amerika sebagai kampanye terpadu oleh kementerian militer dan keamanan China untuk mencuri teknologi dari perusahaan Barat.

Dalam kasus lain yang melibatkan malware Sakula, AS tahun lalu menuduh bahwa dua perwira intelijen Tiongkok. Dan satu tim peretas yang direkrut berulang kali menyusup ke sistem komputer perusahaan Barat selama lebih dari lima tahun.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Broker Malware Sakula di balik Peretasan Di AS