Cara branding yang umum dan paling populer sekarang ini adalah digital branding. Inilah cara melakukan pemasaran dengan fokus kepada optimalisasi citra brand atau merek melalui teknologi online atau digital. Artikel kali ini akan membahas apa saja manfaat dari branding digital efektif tersebut dan cara-cara melakukannya.
Apa Manfaat dari Branding Digital?
Bagi beberapa orang, branding digital ini disamakan dengan promosi tetapi sebenarnya cukup berbeda. Melakukan branding bukan sekadar memberi tahu orang-orang seputar merek, produk, atau layanan saja. Branding termasuk juga bagaimana kita mampu mempertahankan serta membangun citra terbaik dan lebih dekat dengan konsumen.
Dari pengalaman saya membantu klien membangun brand, berikut beberapa manfaat branding digital yang bisa didapatkan:
Lebih luas dan besar cakupan audiens
Salah satu manfaatnya adalah brand akan lebih mudah untuk membidik audiens lebih luas. Banyak platform yang bisa digunakan untuk branding secara digital terutama sosial media dan masing-masing punya karakteristik lingkup pengguna masing-masing. Banyaknya platform sosmed bisa membuat pebisnis lebih mudah untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang besar.
Lebih dekat dengan pelanggan
Dari branding digital efektif, maka pebisnis bisa lebih mudah dan leluasa berinteraksi dengan audiens atau pelanggan. Tapi mereka perlu aktif juga dalam melakukan strategi pemasaran melalui platform-platform. Interaksi real-time bisa kita dapatkan sehingga kita bisa berinteraksi secara efektif dengan pelanggan.
Pebisnis bisa mengetahui apa yang dikeluhkan dan diinginkan oleh pelanggan melalui branding digital. Branding secara digital biasanya dilakukan dengan membagikan konten, audiens bisa berinteraksi dengan reply, likes, maupun share.
Berbeda dari pesaing dan memperkuat esensi merek
Jika branding digital dilakukan dengan tepat, maka suatu brand bisa punya keunikan tersendiri. Ciri khas sangat penting dalam berbisnis karena bisa lebih diingat oleh audiens. Adanya branding digital juga mampu membuat pebisnis lebih mudah memperkuat pesan brand mereka.
Mereka bisa merekomendasikan maupun mempromosikan produk melalui branding digital. Pada akhirnya, bisa diharapkan pelanggan-pelanggan yang memang punya keterkaitan kuat dalam lingkungan platform yang digunakan.
Cara Terbaik Implementasi Branding Digital
Yuk kita cari tahu cara-cara untuk melakukan branding digital, berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan:
Perkenalkan brand secara efektif
Melakukan branding tentu tidak lepas dari membuat logo. Saat merancang logo, buat semenarik mungkin tapi tetap mudah juga untuk diingat orang-orang. Adanya logo ini bisa menunjang identitas bisnis. Jangan lupa untuk memastikan logo tersebut tetap relevan dengan keseluruhan bisnis.
Mulai dengan menyiapkan website bisnis
Baik itu mencari informasi maupun produk, banyak orang yang melakukannya melalui Google. Maka dari itu, siapkan website terbaik Anda. Pastikan desainnya cukup menarik, implementasi merek yang rapi, mudah diakses, dan mudah dibaca.
Website Anda harus yang cocok dipahami manusia bukan robot atau AI. Hindari kesalahan-kesalahan dalam website karena bisa saja itu adalah kesalahan fatal seperti konten tidak relevan atau terlalu banyak keyword.
Fokuskan branding pada media sosial
Kebanyakan pengguna internet lebih memilih mencari konten, berita, atau informasi melalui media sosial sekarang ini. Dari media sosial itu sendiri sebenarnya bisa memberikan akses untuk ke website bisnis. Lalu apakah harus menargetkan semua platform sosial media?
Setidaknya Anda fokus pada media sosial yang paling populer. Platform tertentu bisa saja punya pasar yang cukup berbeda dengan platform lain. Agar lebih menjanjikan, manfaatkan semuanya baik itu Instagram, TikTok, maupun X (Twitter). Itulah beberapa cara implementasi branding digital efektif.