Bluetooth 4.2 vs Bluetooth 5 Dari Segi Kualitas Suara

Bluetooth 4.2 vs Bluetooth 5 Dari Segi Kualitas Suara

Di dunia audiophile, pertanyaan tentang kualitas suara antara headphone berkabel dan nirkabel pernah menjadi masalah. Dan kami yakin ada audiophile di luar sana yang akan membawa masalah sampai kapanpun. Jack headphone adalah sesuatu dari masa lalu, dan perusahaan seperti Sony dan Sennheiser terus meningkatkan standar untuk Bluetooth dengan setiap rilis baru.

Ini sebagian berkat rilis Bluetooth 5.0 kembali pada tahun 2016, yang telah menjadi standar baru untuk teknologi nirkabel. Versi terbaru ini dapat mengirimkan data delapan kali lebih banyak, pada jarak empat kali lipat, dan dua kali kecepatan versi 4.2.

Delapan kali data dengan kecepatan dua kali lipat terdengar seperti peningkatan besar, bukan? Apakah ini berarti headphone Bluetooth 5 terdengar delapan kali lebih baik daripada headphone 4.2? Haruskah kamu membuang earbud lama dan menggantinya dengan teknologi baru ini? Yang benar adalah bahwa untuk audiophiles, perbedaan antara keduanya mungkin akan kecil.

Bluetooth

Beda antara Bluetooth 5 dan 4.2

Sebagian besar peningkatan teknologi ini ditujukan untuk Internet of Things yang muncul, yang berarti hal-hal seperti mobil pintar dan peralatan pintar. Misalnya, rentang maksimum telah dinaikkan dari 60 meter ke 250 meter. Dan sementara itu mungkin keren jika kamu ingin menghubungkan ke speaker di halaman atau sesuatu, penggunaan headphone rata-rata berada dalam kisaran 60 meter. Dan tentu saja, gangguan “line of sight” tetap tidak berubah. Bluetooth masih tidak bisa menembus dinding.

Perangkat dengan teknologi ini dapat mentransmisikan jarak jauh atau cepat, tetapi tidak keduanya sekaligus. Tetapi karena kebanyakan orang mendengarkan headphone mereka dengan smartphone di saku mereka, kita dapat mengasumsikan jarak rendah dan kecepatan tinggi untuk rata-rata pengguna headphone nirkabel.

Jadi dengan mengingat hal itu, Bluetooth 5 dapat mentransmisikan sekitar 6Mbps (megabita per detik), yang kira-kira dua kali lebih cepat dari versi 4.2. Kamu akan berpikir bahwa ini akan menghasilkan suara yang lebih baik, bukan? Tapi tidak, dan ini karena codec yang akan mempengaruhi hal itu. Jadi bisa dipastikan jika kedua bersi ini tidak terlalu berpengaruh besar pada kualitas audio.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Bluetooth 4.2 vs Bluetooth 5 Dari Segi Kualitas Suara