Bisnis Online dengan Facebook

Binis Online-Tahukah Anda bahwa Facebook adalah media social dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia? Itulah sebabnya jangan hanya sekedar menggunakannya untuk sekedar eksis tanpa tujuan, tetapi cobalah mendulang penghasilan dengan bisnis online.

Ada berbagai macam cara pendapatkan penghasilan dari facebook, salah satunya adalah Anda bisa menawarkan produk yang ingin dijual ke laman Facebook promosi dan memulai usaha dunia maya Anda. Lalu bagaimana agar upaya Anda berhasil dengan media tersebut? Berikut panduannya.

Bisnis Online dengan Facebook

Tips sukses bisnis online dengan Facebook

Tentu bukan hal yang mudah untuk mencapai kesuksesan dalam industri online, tetapi Anda tak perlu khawatir karena siapa pun dapat mencobanya asalkan bersedia bekerja keras. Simak tipsnya!

Menambah teman

Facebook memang membatasi jumlah teman hingga 5 ribu saja. Meski demikian dengan setting public Facebook milik Anda tetap dapat dikunjungi dan dilihat orang lain walaupun tak terdaftar sebagai teman. Rajinlah menambah jumlah teman terutama yang potensial dengan market produk yang dijual.

Rajin update status

Bukan sembarang status tetapi status yang menarik dengan tetap memasukkan unsur promosi pada tulisan Anda. Pelajari teknik copywriting untuk keperluan tersebut. Setiap menit mengupdate status yang hanya copy paste tentu sangat membosankan dan membuat Anda di-unfollow.

Bergabung dalam grup

Gunakan fasilitas search untuk mencari grup yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda jual. Contohnya Anda menjual produk pet shop, bergabunglah dengan komunitas penyayang anjing dan kucing di Facebook dan carilah informasi untuk mempromosikan dagangan Anda. Jangan melakukan spam agar Anda tidak di-blacklist.

Buat FansPage

Jika Anda memiliki banyak teman dekat di dunia nyata yang juga berteman dengan Anda di Facebook, mintalah tolong untuk melike fanspage Anda. Ini akan membantu laman Anda semakin popular dan semakin sering dilihat sesama pengguna Facebook.

Meningkatkan edge rank

Edge rank yang tinggi akan membuat status Anda lebih sering terlihat di beranda para pengikut walaupun bukan status terbaru. Buatlah status-status yang menarik dan bermanfaat tanpa melulu berjualan walaupun memang tujuan Anda adalah membuat dagangan laku. Rutinlah update status misalnya tentang tips-tips yang berguna dan berkaitan dengan produk tersebut. Konten video dipercaya membangkitkan ketertarikan yang lebih tinggi dibandingkan tulisan semata. Bila status Anda mendapatkan banyak like, komen, dan share, status tersebut akan tetap terlihat pada beranda Facebook pertemanan Anda.

Spam like

Cara ini dapat dilakukan dengan cara organik atau boom like. Tujuannya sama, yaitu membuat lebih banyak orang membaca status Anda. Spam like organik dilakukan dengan melakukan hal yang sama pada status orang lain atau teman Anda agar mendapatkan balasannya. Sesama pebisnis online umumnya memiliki grup oloc (one like one comment) dimana Anda dapat berpartisipasi.

Menjual barang

Untuk memberi kesan professional, unggah testimony, foto-foto asli produk Anda dengan kualitas yang baik, promo, serta video unboxing yang mengungkapkan kelebihan produk Anda. Upaya ini akan memunculkan trust atau rasa percaya sehingga orang tertarik membeli dagangan Anda.

Facebook Ads

Anda juga bisa menggunakan fasilitas berbayar Facebook Ads atau periklanan dengan sarana Facebook untuk menjangkau lebih banyak target pasar. Kelebihan fitur ini adalah iklan Anda akan terlihat pada beranda pengguna Facebook tertarget atau berpeluang besar untuk membeli produk Anda. Ini disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, hobby, kebiasaan, dan seterusnya. Jadi jangan ragu menggunakan strategi ini dan mengeluarkan dana investasi demi kesuksesan usaha Anda.

Itulah cara memperoleh uang dari facebook secara sederhana, namun ternyata tidak sebatas pada itu saja. Anda juga perlu beberapa trobosan lain untuk memperoleh penghasilan dari dunia maya, seperti mengoptimalkan facebook canvas atau membangun website untuk bisnis.

Bisnis dengan Facebook Canvas

Perusahaan milik Mark Zuckenberg ini faham betul jika cukup banyak pengguna memanfaatkan platform besutannya dalam rangka mempopulerkan produk. Karena itu Facebook menyediakan fitur Facebook Canvas yang berguna sebagai promosi mobile advertising. Yang menarik fitur tersebut menerapkan konsep story telling dengan memuat iklan Anda pada tablet atau smartphone hingga satu layar penuh. Konten yang diunggah pun bisa sangat bervariasi, mulai dari text, video, carousel banner, single banner, dan sebagainya.

Dengan meng-klik canvas atau tap, pengguna dapat menangani canvas seperti yang diinginkan, mulai dari swipes, scroll up, scroll down, menonton video, dan sebagainya. Story telling yang dirancang dengan baik dan mampu menyentuh emosi target market Anda pasti dapat membangkitkan rasa penasaran akan produk yang ditawarkan. Obyektif pada Facebook canvas, adalah, Brand Awareness Objective, Get installs of your app, Increase conversions on your website, Increase engagement in your app, Promote your page, Send people to your website, dan Video Views.

Untuk membuat tampilan iklan menarik Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya agar konsep promosi yang diusung selaras dengan produk yang ditawarkan serta menarik perhatian.

Membuat website untuk bisnis

Di era komputer dan teknologi canggih sebagaimana saat ini sangat disayangkan bila hanya mengandalkan pemasaran konvensional untuk bisnis Anda. Untuk menjangkau lebih banyak target market, buatlah usaha Anda go online dengan marketing online. Caranya bisa dengan upload produk di media social atau dengan website bisnis. Tak hanya untuk mempopulerkan produk, keberadaan situs resmi perusahaan seperti ini akan memberi kesan professional dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Untuk membuat website Anda bisa memilih platform website gratis atau berbayar. Bila memang tujuannya untuk bisnis, Anda direkomendasikan memilih yang berbayar, sekali lagi untuk memunculkan kesan professional. Berikut panduan sederhana untuk membuatnya!

  • Menyiapkan nama domain serta web hosting – Siapkan nama domain yang hendak digunakan sebagai alamat website Anda, misalnya www.jualmobilsecond.com. Kunjungilah situs-situs seperti masterweb.net, rumahweb.co.id, idwebhost.com, niagahoster.co.id, dan lain-lain untuk mendapatkan domain demikian ini.
  • Hosting – Untuk menyimpan seluruh data pada website Anda misalnya konten teks, video, foto, dan lain-lain dibutuhkan hosting yang dapat diperoleh dengan menyewa. Pilihlah hosting dengan kapasitas sebagaimana yang dibutuhkan. Agar lebih praktis Anda bisa membeli domain sekaligus mendapatkan layanan hosting terbaik pada satu perusahaan.
  • Software Pembuat Website – Software untuk merancang website disebut CMS yang harus diinstal untuk merancang website pada hosting Anda. WordPress adalah platform penyedia website yang cukup popular di dunia dengan layanan berbayar atau gratis. Tak sedikit website company profile, online shop, hingga blog-blog besar mempercayakan situsnya pada platform yang satu ini.
  • Web designer – Bagi mereka yang tak memiliki latar belakang pendidikan atau hobby yang berkaitan dengan IT serta desain mungkin akan kesulitan merancang sendiri website untuk perusahaan. Website bisnis seharusnya terlihat menarik, simple, user friendly, dan memudahkan pemirsa untuk mendapatkan informasi yang dikehendaki. Untuk memenuhi tujuan tersebut sebaiknya serahkan kepada ahlinya, yaitu web desainer professional yang saat ini cukup mudah ditemui. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda dengan jelas agar yang bersangkutan dapat merancang situs tersebut sebaik mungkin. Sebaiknya sediakan pula fitur-fitur yang memudahkan pembeli untuk berbelanja pada situs bisnis Anda.

Nah, demikianlah beberapa hal tentang bisnis online yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar