Bisnis Franchise Paling Menguntungkan Di Tahun 2020

Bisnis Franchise Paling Menguntungkan Di Tahun 2020

Ingin memulai bisnis tetapi tak mempunyai modal yang mencukupi atau belum berpengalaman dalam hal ini? Tak perlu khawatir karena Anda bisa merintis bisnis dengan menjadi mitra waralaba atau franchise. Daripada memulai sendiri usaha Anda, franchise akan memperbesar peluang untuk sukses karena Anda tinggal copy paste system bisnis yang terbukti menghasilkan dan telah terbukti selama jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah berbagai kelebihan bisnis waralaba serta beberapa jenis franchise murah yang dapat Anda pilih.

BISNIS Franchise

Keunggulan bisnis franchise

Bagi Anda yang masih ragu mengapa harus memilih bisnis franchise, berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis tersebut yang akan sangat membantu para pemula.

1. Manajemen sudah terbangun

Kelebihan utama dari model bisnis ini adalah telah mempunyai manajemen bisnis yang telah beroperasi dengan ideal. Anda sebagai mitra tak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk trial dan error dalam menemukan formulasi ide bisnis terbaik, membangun brand awareness merk buatan Anda, mencari system bisnis yang efektif, dan sebagainya. Dengan memilih waralaba Anda tinggal menjalankan bisnis sesuai dengan system yang sudah jadi pada lokasi yang berbeda.

2. Brand sudah populer

Pilihlah bisnis waralaba yang merknya sudah cukup terkenal dan melekat di benak masyarakat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berpromosi. Tak perlu lagi memboroskan banyak uang untuk memasang iklan atau membuat website bisnis demi mempopulerkan bisnis Anda. Selain itu Anda juga akan lebih mudah memperoleh konsumen baru. Intinya dengan membeli brand waralaba Anda sekaligus juga memboyong konsumen setia brand tersebut ke gerai Anda.

3. Manajemen keuangan yang simple

Mengingat bisnis franchise telah mempunyai partner, tentunya manajemen keuangan yang dijalankankan di dalamnya telah diatur sebaik mungkin. Manajemen keuangan tersebut telah teruji dengan baik dan mempermudah Anda sebagai owner dalam menangani keuangan bisnis Anda.

4. Operasi bisnis mendapat dukungan penuh

Manajemen waralaba telah mengatur sebaik mungkin agar mitra mudah membuat serta memasarkan produk. Dalam waralaba juga terjalin kerjasama tetap secara jangka panjang terkait supply bahan baku, strategi penjualan oleh partner, dan sebagainya. Sebagai pemegang lisensi waralaba Anda juga berhak mendapatkan pelatihan serta edukasi bisnis dari franchisor atau pemilik brand.

Ketentuan Frachise

Berbagai hal lain tentang bisnis waralaba yang juga penting untuk diperhatikan adalah hak franchisor dalam bisnis terkait. Sesuai kesepakatan, yang bersangkutan mempunyai kendali sepenuhnya pada brand waralaba tersebut sehingga Anda tak bisa leluasa menjalankan ide-ide bisnis, misalnya jika ingin membuat inovasi produk. Ada aturan tersendiri tentang itu karena menyangkut brand waralaba yang tentunya sudah terkenal.

Sebagai balas jasa karena Anda telah diperbolehkan menggunakan brand waralaba, menjalankan system bisnisnya, sekaligus memboyong konsumen mereka pada gerai Anda, tentunya ada kompensasi yang menjadi hak franchisor. Setiap perusahaan menerapkan sistemnya masing-masing dan pastikan Anda memahaminya secara detail sebelum menandatangani kontrak.

Harus dimaklumi bila pemilik waralaba mewajibkan mitra untuk membeli bahan baku hanya pada pihaknya karena ini berkaitan dengan kualitas produk yang dijual. Sesuai perjanjian Anda dilarang untuk mencari supplier sendiri walaupun harganya lebih murah. Sebagai mitra Anda hanya tinggal menjalankan bisnis sesuai system yang tersedia tanpa perlu repot-repot lagi mengurus semuanya sendiri.

Karena merupakan satu brand, bisa saja reputasi bisnis Anda terpengaruh jika ada satu mitra waralaba yang melakukan kesalahan, misalnya dalam pelayanan. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi omset Anda. Upayakan untuk meminimalisir hal ini dengan memastikan gerai Anda menyediakan layanan serta produk terbaik sebagaimana yang diharapkan.

Rekomendasi bisnis franchise harg 5 jutaan

Walaupun beberapa brand waralaba mematok harga puluhan hingga ratusan juta rupiah, tapi tak sedikit franchise yang menetapkan harga super murah untuk menjadi mitranya. Inilah beberapa waralaba yang terbukti laris manis dengan modal kurang dari 5 juta rupiah saja.

1. Es Capcin

Capuccino Cincau memang booming beberapa tahun yang lalu tetapi hingga sekarang tetap diminati. Karena itu jangan ragu untuk memilih waralaba produk ini sebagai bisnis pertama Anda. Brand waralaba Es Capcin umumnya mematok harga 3 jutaan saja untuk booth, display, dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat minuman tersebut.

2. Bakso Sosis Bakar

Makanan bakso dan sosis bakar memang tak pernah sepi peminat. Bisnis ini juga tak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Dengan harga waralaba mulai 2 jutaan sampai 5 jutaan Anda sudah bisa berjualan bakso dan sosis bakar. Pilihlah lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda, misalnya di dekat sekolah dengan target pasar para pelajar di sekolah tersebut.

3. Es teh buah

Es teh dengan citarasa buah-buahan seperti lemon, strawberry, anggur, dan sebagainya akan sangat diminati di musim-musim kemarau. Dibandingkan teh original biasa, teh dengan rasa buah memberi alternative minuman lain bagi para penggemar teh. Modal untuk membeli waralaba minuman ini pun umumnya sangat terjangkau, yaitu kurang dari 5 juta rupiah saja.

4. Fried Chicken

Rasanya tidak ada orang yang tidak suka mengonsumsi ayam goreng. Karena itu dengan memilih waralaba fried chicken Anda berkesempatan mendapatkan target pasar yang lebih besar. Modalnya pun cukup terjangkau dengan memilih brand waralaba ayam goreng yang mematok harga di bawah 5 juta rupiah.

5. Es Cendol

Minuman tradisional ini saat ini hadir dengan kekinian dan trendy. Inilah sebabnya es cendol semakin naik kelas dan banyak diminati. Tak sedikit brand waralaba yang menjual es cendol dan menjanjikan Anda bisa balik modal hanya dalam beberapa bulan. Harga yang dipatok pun tergolong sangat bersahabat, yaitu di bawah 5 jutaan.

6. Kentang goreng, kentang tornado, dan ketang balado

Kentang goreng adalah jajanan yang selalu disukai dan cocok dikonsumsi kapan serta dimana saja. Selain dihidangkan dengan cara biasa, kentang goreng juga hadir dengan tampilan yang semakin menarik, disebut kentang ulir atau tornado. Ada alat khusus yang digunakan untuk memotong kentang ini sehingga tampilannya menjadi spiral panjang. Kentang goreng akan semakin lezat disantap dengan aneka bumbu seperti balado, ayam lada hitam, keju, dan sebagainya.

Anda bisa menjadi mitra waralaba hidangan ini dan mendapatkan keuntungan berlipat dengan modal kurang dari 5 juta rupiah. Syaratnya lokasi lapak Anda harus tepat, misalnya di tempat keramaian atau menjadi lokasi berkumpul anak-anak dan remaja.

7. Martabak mini

Martabak mini adalah jenis hidangan yang disukai oleh mereka yang ingin mencicipi lezatnya hidangan ini namun tak ingin menjadi gemuk dengan menumpuknya berbagai isian manis. Martabak mini juga cocok dihidangkan pada berbagai acara seperti ulang tahun, arisan, atau yang lainnya. Karena itu selain menjajakan martabak seperti biasa, Anda juga dapat menerima pesanan untuk acara-acara tersebut.

Brand waralaba martabak mini, umumnya juga tak menetapkan harga franchise yang terlalu mahal. Dengan mengeluarkan modal antara 3 juta hingga 5 juta rupiah, Anda sudah bisa memulai bisnis martabak mini.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Bisnis Franchise Paling Menguntungkan Di Tahun 2020