Bingung Cara Unreg Kartu Perdana? Berikut Tipsnya!

Bingung Cara Unreg Kartu Perdana? Berikut Tipsnya!

Cara unreg kartu perdana sangat dibutuhkan jika Anda ingin mempunyai nomor baru. Terlebih lagi saat ini, telepon seluler sebagai saluran media komunikasi mempunyai banyak fungsi, mulai dari sekedar untuk berkomunikasi dengan orang terdekat hingga mengembangkan bisnis. Banyak orang yang memutuskan untuk mempunyai nomor telepon lebih dari satu untuk memastikan bahwa nomor yang digunakan hanya untuk komunikasi tertentu saja.

Jika dahulu untuk mempunyai banyak nomor telepon dapat dengan mudah diperoleh, saat ini ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi. Salah satunya adalah registrasi data pribadi sebelum menggunakan nomor telepon. Terlebih lagi setiap orang mempunyai batas untuk mempunyai nomor telepon yang berbeda. Salah satu solusi ketika Anda ingin mengganti nomor yang baru dengan cara unreg kartu perdana yang telah digunakan sebelumnya.

cara unreg kartu perdana

Alasan Utama Kartu Perdana Wajib Registrasi

Mungkin banyak dari Anda yang merasa kecewa karena tidak mempunyai kebebasan seperti sebelumnya dalam mempunyai banyak nomor telepon. Terlebih lagi saat ini para provider berlomba-lomba memberikan fasilitas terbaik untuk siapa saja yang menggunakan kartu perdana mereka. Hal tersebut tentu saja menarik perhatian para pengguna gawai pintar, terlebih lagi harga yang ditawarkan cukup variatif dan terjangkau.

Meskipun membutuhkan waktu lebih lama sebelum melakukan aktivasi nomor telepon, pemerintah mempunyai beberapa alasan mengapa peraturan ini diberlakukan. Oleh karena itu, jika memang Anda sangat membutuhkan nomor telepon baru, salah satu opsinya adalah cara unreg kartu perdana. Namun sebelum melakukan unreg, berikut ini alasan utama mengapa Anda wajib melakukan registrasi kartu perdana.

1. Mengamankan Transaksi Online

Kemudahan dalam bertransaksi menjadikan pembayaran cashless alias non-tunai menjadi pilihan banyak orang saat ini. Selain mudah, pembayaran secara online juga cenderung cepat dan aman. Untuk mengamankan transaksi secara online, penggunaan nomor telepon yang sudah diregistrasi menjadi salah satu alat keamanan karena hanya Anda yang dapat mengakses berbagai macam transaksi dengan nomor tersebut.

2. Pencegahan Penyebaran Infromasi Hoax

Informasi yang tidak diketahui kebenarannya seringkali menimbulkan keributan di masyarakat. Terlebih lagi jika tidak pandai memilih mana infromasi yang patut dipercaya atau tidak, maka infromasi tersebut akan terus bergulir dari satu ke orang ke yang lainnya. Karena mudahnya informasi hoax yang dapat beredar secara cepat, maka salah satu antisipasinya dengan melakukan registrasi nomor telepon untuk mencegah penyebaran informasi yang semakin luas.

3. Pencegahan Terorisme

Terorisme menjadi momok menakutkan karena tidak hanya meresahkan bahkan mampu mengancam banyak jiwa. Tindakan terorisme sangat memungkinkan terjadi melalui pesan singkat para pengguna kartu perdana, dan biasanya oknum seperti ini menggunakan banyak nomor telepon untuk melakukan aksinya. Maka dari itu, dengan adanya registrasi kartu perdana, pemerintah dapat langsung menyimpan data pribadi yang valid dan dapat langsung dilacak jika pengguna melakukan aktivitas yang mencurigakan saat menggunakan nomor tersebut.

4. Status Kartu Perdana tidak Aktif

Salah satu upaya pemerintah dalam mewajibkan adanya registrasi kartu perdana adalah penonaktifan kartu. Jika Anda mempunyai kartu perdana namun tidak segera melakukan registrasi, maka kartu yang Anda punya tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini yang menjadikan para pengguna kartu perdana harus mengikuti prosedur yang berlaku supaya dapat mengaktifkan kartu yang dimiliki.

5. Mendukung Pertumbuhan Perekonomian

Komunikasi menjadi aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran para provider yang menyediakan berbagai macam kartu perdana memberikan kemudahan komunikasi banyak orang yang tidak memungkinkan bertatap muka secara langsung. Dengan adanya batasan penggunaan kartu perdana di setiap orang, maka hal tersebut membuka peluang untuk Anda dalam menggunakan layanan provider lainnya. Hal tersebut secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi para pelaku bisnis di bidang komunikasi seperti kartu perdana.

Penyebab Anda Gagal Melakukan Registrasi Kartu Perdana

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara unreg kartu perdana, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai macam penyebab Anda gagal saat melakukan registrasi kartu perdana. Hal ini cukup menjengkelkan karena untuk melakukan satu registrasi kartu perdana saja harus memasukkan data pribadi seperti NIK dan KK supaya nomor tersebut dapat berstatus aktif.

Jika Anda mengalami kesulitan dan bingung mengapa registrasi kartu perdana Anda tidak kunjug aktif, mungkin empat hal di bawah ini yang menjadi penyebabnya. Karena menggunakan sistem komputer, meskipun tidak dapat dipungkiri mampu mengalami error, namun coba dikoreksi kembali, mungkin saja kesalahan ini Anda lakukan tanpa disadari.

  • Nomor NIK dan KK Berstatus Ganda

Salah satu penyebab utama mengapa registrasi kartu perdana Anda tidak berhasil karena mempunyai data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan KK (Kartu Keluarga) ganda. Hal ini terjadi karena setiap orang hanya berhak mempunyai satu data NIK dan KK. Sehingga jika Anda mempunyai dua data tersebut dengan status ganda, sebaiknya melakukan proses pengurusan data sebelum melakukan registrasi kartu perdana.

  • Pindah Domisili Tempat Tinggal

Banyak orang yang memutuskan untuk pindah tempat tinggal karena berbagai macam alasan. Ketika Anda sudah menempati tempat tinggal yang baru, maka data pribadi Anda pun juga secara langsung harus diubah. Jika Anda tetap memasukkan domisili lama Anda saat melakukan registrasi kartu perdana, tidak heran jika sistem melakukan penolakan dalam proses aktivasi.

  • Kematian Kepala Keluarga

Kehilangan kepala keluarga juga dapat mengubah nomor Kartu Keluarga. Jika tetap melakukan registrasi dengan nomor Kartu Keluarga yang lama, sistem juga dapat menolak proses registrasi nomor kartu perdana karena dianggap tidak berlaku dan berbeda dengan data yang telah disimpan oleh dinas kependudukan.

  • Kesalahan Dalam Memasukkan Angka

Nomor NIK dan KK yang cukup panjang dapat menjadikan Anda keliru saat melakukan proses registrasi kartu perdana. Periksa kembali dengan teliti apakah setiap nomor yang telah dimasukkan sudah sesuai dengan data Anda, sehingga sistem dapat mencocokan data yang baru diregistrasikan dengan data yang sudah tersimpan di dinas kependudukan.

Cara Unreg Kartu Perdana dengan Mudah

Setelah Anda mengetahui secara umum mengenai registrasi kartu perdana, kini saatnya untuk melakukan cara unreg kartu perdana untuk Anda yang membutuhkannya. Sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan unreg kartu perdana untuk mendapatkan nomor baru.

Namun perlu Anda ingat sebelum menerapkan cara unreg kartu perdana. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan unreg kartu, maka kartu tersebut tidak dapat Anda gunakan kembali seperti sebelumnya. Jika Anda sudah mengetahui efek dari unreg kartu perdana, berikut ini terdapat empat cara mudah yang berlaku untuk semua jenis provider kartu perdana yang tersedia di pasaran.

1. SMS

Melalui pesan singkat (short message service) Anda dapat melakukan cara unreg kartu perdana dengan menekan nomor tertentu dan mengetik beberapa kata kunci untuk melakukan penonaktifan kartu Anda. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk memperoleh notifikasi mengenai status kartu perdana Anda yang sudah di unreg.

2. USSD

Unstructured Supplementary Service Data atau yang lebih dikenal dengan USSD merupakan kode cepat yang jauh lebih praktis dibandingkan dengan SMS. Dengan menekan tombol pagar serta angka-angka yang diperuntukkan untuk unreg kartu perdana, maka Anda dapat langsung dihubungkan dengan costumer service untuk melanjutkan proses unreg kartu perdana Anda.

3. Website

Melalui situs resmi yang dapat Anda akses melalui perangkat smartphone, laptop atau tablet, Anda dapat melakukan unreg kartu perdana dengan cara mengisi ketentuan yang dibutuhkan untuk melakukan penonaktifan kartu perdana. Hal ini juga cukup mudah dilakukan dan prosesnya juga cepat.

5. Gerai Resmi Kartu Perdana

Jika Anda mengalami masalah dalam melakukan cara unreg kartu perdanasebelumnya, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan dengan cara mendatangi langsung gerai resmi kartu perdana untuk mendapatkan layanan lebih lanjut mengenai permasalahan unreg kartu perdana yang Anda punya.

Bagaimana? Ternyata cara unreg kartu perdana sangat mudah dan Anda dapat melakukannya dimana dan kapan saja. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung jika ingin mempunyai nomor telepon yang baru, karena banyak cara unreg kartu perdana yang dapat diterapkan sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Bingung Cara Unreg Kartu Perdana? Berikut Tipsnya!