Belajar Membuat Website Dari Yang Paling Dasar

Belajar Membuat Website Dari Yang Paling Dasar

Terkadang, para pemula ingin sekali memiliki website atau bisa juga blog khusus yang bisa mereka tampilkan di internet. Tapi para pemula biasanya memiliki kendala dalam belajar membuat website sebab sangat sulit dan banyak sekali langkah yang harus dilakukan. Bahkan banyak orang lebih memilih menyewa orang untuk membuatnya dan mereka hanya tinggal membayar dan terima jadi saja. Tapi cobalah untuk belajar juga karena jika dipelajari dengan baik, tidak akan sulit.

Belajar Membuat Website

 

Memilih Jenis Situs yang Akan Digunakan

Untuk belajar membuat website, terdapat beberapa hal yang paling dasar yang wajib untuk Anda ketahui sebab semuanya akan menentukan arah maupun juga dengan perkembangan dari website yang Anda buat tersebut. Dengan kata lain, hal dasar itu akan menentukan masa depan Anda. Karenanya, begitu penting untuk Anda membuat lebih dulu rencana matang karena membuat website itu bukan hanya tentang programnya saja melainkan juga tujuan maupun arah yang mau Anda tuju.

Jika Anda ingin tahu tentang proses membuat website, maka Anda harus mulai dari menentukan dulu topik maupun ide yang mau Anda masukkan sebagai konten di dalam website yang akan Anda buat itu. Cobalah berselancar di internet atau browsing karena itu bisa memberikan gambaran maupun ide di dalamnya sehingga Anda tahu apa yang mau Anda buat dengan konten tersebut. Apabila Anda memiliki eksekusi yang sangat tepat sekaligus ide serta topik yang baik, maka akan ada potensi untuk mendapatkan penghasilan dari website Anda.

Jangan lebih dulu asal membuat website sebab Anda harus menyadari lebih dulu tujuan maupun fungsionalitas dari website yang paling utama dan untuk itu pilihlah dulu beberapa jenis website yang ingin Anda buat antara lain:

  • Situs e-commerce

Ini merupakan jenis situs toko online yang paling banyak diminati dan bahkan juga dikunjungi. Apalagi sekarang sistem drop shipping semakin populer sehingga semua orang punya kesempatan yang sama untuk dapat membangun bisnis online mereka masing-masing yang tentu dapat menjadi peluang usaha sampingan atau mungkin juga yang utama. Di dalam situs e-commerce ini, Anda dapat menjual beragam jenis barang baik fisik maupun digital bahkan ke seluruh dunia dengan metode yang tidak bisa Anda temukan di toko fisik.

  • Situs edukasi

Jika Anda memiliki kemampuan pada bidang tertentu seperti pelajaran sekolah atau yang lainnya, maka Anda bisa membuat situs khusus edukasi dan Anda bisa menuangkan sumber informasi dan pengetahuan yang Anda punya di dalamnya. Bahkan situs seperti ini juga baik karena dinilai bisa melatih kemampuan diri sendiri. Anda tidak harus meletakkan seluruh informasinya melainkan bisa mencoba untuk fokus pada bidang tertentu seperti layaknya bahasa Inggris, matematika atau semacamnya. Atau jika Anda ialah seorang guru, maka Anda juga bisa membuatkan website untuk sekolahan.

  • Situs berita

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk update informasi atau berita melalui internet dibandingkan menonton TV maupun juga membaca surat kabar karena belum tentu mereka memiliki waktu untuk menyaksikan berita di TV. Tapi dengan menggunakan internet saat ini, mereka bisa membaca berita dengan mudah kapanpun juga tanpa kesulitan dari berbagai macam sumber. Anda bisa menyampaikan dan memberikan berita terbaru dengan situs milik Anda menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami karena pasti akan ramai pembaca.

Menentukan Nama Domain yang Sesuai Tujuan

Setelah Anda mengetahui tentang situs apa yang Anda incar, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan jika ingin belajar membuat website adalah membuat nama domain atau register nama domain itu. Cobalah untuk berpikir membuat nama yang unik, mudah diingat dan juga terdengar sangat persuasif sehingga mampu untuk membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Terdapat beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menemukan nama domain terbaik yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Cobalah melakukan brainstorming lebih dulu tentang nama situs yang memiliki potensi baik untuk dilirik oleh para pengunjung
  • Cobalah menggunakan fitur tertentu seperti cek domain sehingga nama domain Anda tidak ditiru atau masih original
  • Cobalah masukkan dan ketik nama domain yang Anda inginkan itu langsung di dalam fitur pencarinya dan pilihlah nama yang terbaik
  • Selesaikan semua proses ordernya dan kemudian lanjutkan proses registrasinya

Tips menentukan nama domain

Dalam menentukan dan memikirkan nama domain itu tidak bisa terburu-buru dan harus dilakukan dengan seksama sehingga tidak ada kesalahan dan penyesalan apabila sudah tercatat dan teregistrasi. Berikut ini adalah tips yang bisa membantu Anda dalam menentukan nama untuk domain Anda antara lain:

  • Cobalah untuk membuat domain dengan menggunakan ekstensi akhiran .com karena ini merupakan TLD yang populer bahkan juga yang paling sering digunakan sehingga lebih mudah untuk diingat oleh banyak orang khususnya para target pelanggan Anda maupun visitor yang sekedar berkunjung pada website.
  • Jangan hanya membuat satu jenis nama domain saja melainkan buatlah juga alternatifnya. Apakah Anda pernah salah dalam mengetik nama website yang terdapat di bagian kolom browser? Mungkin saja visitor dan kliennya juga melakukan hal yang sama. Karena itulah, coba Anda membuat alternatif dari nama domain yang utama itu. Dengan membuat nama domain yang alternatif, maka saat user salah mengetik, mereka tetap akan langsung diarahkan menuju beranda utama dari situs tersebut.
  • Jangan buat nama domain yang panjang dan akan lebih baik buat sependek mungkin namun unik sehingga siapapun akan lebih mudah dalam mengingat domain tersebut. Nama yang panjang tentu rawan salah ketik dan sulit untuk Anda ingat.
  • Ketika membuat nama domain, akan lebih baik jangan menggunakan angka maupun tanda penghubungnya. Tanda penghubung sekaligus angka ini baru Anda gunakan jika memang perlu. Bila tidak, cobalah untuk membuat nama hanya dengan huruf maupun angka tanpa adanya tanda baca apapun.

Memilih Web Hosting yang Tepat

Nama domain bukan segalanya yang harus Anda pikirkan sebab Anda juga harus menentukan web hosting terbaik dan memilih yang paling handal sekaligus terpercaya. Ada begitu banyak pilihan dan tipe yang bisa Anda gunakan namun sebagian semua harus dipilih sesuai dengan tujuan dari website yang Anda buat. Anda juga bisa memilih apakah ingin shared hosting atau cloud hosting maupun yang lainnya. Cloud Hosting adalah yang paling umum karena ini memberikan kemudahan dari shared hosting yang digabungkan dengan virtual server yang sangat canggih.

Hosting ini telah memiliki teknologi Cloud computing yang sangat canggih dan memberikan penawaran uptime yang paling tinggi dan caranya adalah menyimpan salinan dari situs Anda di dalam beberapa server yang semuanya saling bekerja sama satu dengan lainnya. Jika terdapat satu server yang sedang down, maka server lain di dalam kelompok yang sama akan tetap memastikan jika seluruhnya akan selalu berjalan lancar.

Cobalah belajar membuat website dari step yang paling mudah ini lebih dulu sebelum Anda benar-benar mencoba yang lainnya karena langkah yang paling dasar biasanya jauh lebih menentukan keberhasilan Anda membuat situs itu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Belajar Membuat Website Dari Yang Paling Dasar