Begini Cara Riset Keyword Untuk YouTube Agar Viewers Terus Bertambah

Begini Cara Riset Keyword Untuk YouTube Agar Viewers Terus Bertambah

Seperti halnya Google, pemirsa YouTube cenderung mencari konten yang ingin ditontonnya melalui kata kunci. Oleh karena itu riset keyword untuk YouTube menjadi penting bagi para pemilik channel. Kita tidak berbicara tentang YouTubers yang sudah memiliki jutaan pengikut. Karena mereka tidak perlu lagi melakukan riset dan sudah memiliki pasar pemirsa sendiri.

Bagi Anda yang ingin membangun channel dan meramaikan jagat YouTube, riset kata kunci ini menjadi penting. Sebelum mulai membuat video, mengeditnya, kemudian mengunggah ke channel, perhatikan apa saja yang perlu disiapkan agar konten tersebut dapat bekerja maksimal. Harapannya konten yang Anda buat tidak hanya mendatangkan banyak pengunjung tapi juga bermanfaat secara luas.

Sebelum mempelajari bagaimana cara riset keyword untuk YouTube Anda perlu tahu seberapa penting peran kata kunci bagi konten yang ingin diunggah. Kata kunci atau keyword menjadi semacam penunjuk jalan bagi warganet untuk mengantar mereka mendapat informasi atau konten yang mereka butuhkan. Tanpa kata kunci, video atau konten yang Anda unggah tidak bisa ditemukan dengan mudah.

Riset keyword untuk youtube

SEO YouTube

Optimasi SEO YouTube berfungsi sama dengan Google, yaitu untuk memudahkan konten ditemukan oleh para pencari. Konten dengan penerapan SEO yang benar akan mempengaruhi algoritma sehingga banyak diusulkan di hasil pencarian. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengunggah konten:

1. Riset Keyword

Riset keyword untuk YouTube bisa disesuaikan dengan niche sesuai kapasitas pemilik channel. Jika Anda seorang dokter paru-paru misalnya, maka niche yang diangkat adalah kesehatan paru-paru dan semua hal yang berhubungan dengannya. Identitas pemilik channel akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan warganet terhadap konten yang diunggahnya.

Jangan hanya tergiur membuat konten sesuai tren, walaupun tidak dilarang dan berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung. Kecuali Anda memiliki kapasitas sesuai dengan tema yang sedang naik daun. Anda juga bisa menggunakan kata kunci dari hasil pencarian Google sesuai dengan niche yang dipilih. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan akan mengurangi jumlah pengunjung, karena segmentasi Google ada pada artikel dan gambar, sementara konten YouTube adalah video. Banyak kata kunci dengan pencarian tinggi di Google namun tidak ada konten yang sesuai di YouTube.

2. Kualitas Video

Warganet manapun akan memilih video dengan kualitas baik dan suara yang jelas dibanding dengan gambar amatiran. Tidak heran jika para youtubers rela menyiapkan mikrofon kualitas tinggi dan mengatur ruang khusus untuk membuat video. Jika Anda ingin serius mengembangkan channel dan menjadi youtubers dengan jutaan viewers, maka proses pembuatan video dan edit harus dilakukan sebaik mungkin.

3. Optimasi Metadata

Metadata yang dimasukkan saat mengunggah video akan mempengaruhi algoritma sehingga mesin pencari dapat memberikan usulan video yang perlu ditonton oleh warganet. Oleh karena itu saat menulis judul, deskripsi, tag, hastag, dan membuat thumbnail video harus disertakan kata kunci hasil riset keyword untuk YouTube.

Peletakan kata kunci pada judul akan mempermudah pencari mengerti isi video yang hendak diputarnya. Jika judulnya sesuai, mereka akan melihat deskripsi, benarkah konten video tersebut sesuai dengan maksud pencariannya? Warganet akan terus mencari hingga menemukan video sesuai info yang diberikan saat pemilik channel mengunggah konten.

4. Promosi

Setelah melakukan riset keyword untuk YouTube dan mengoptimasinya saat mengunggah konten, usaha menaikkan viewers tidak bisa berhenti sampai di situ. Di masa awal membangun channel Anda perlu melakukan promosi di semua media sosial dan komunitas. Ini akan sangat membantu channel Anda cepat dikenal banyak orang.

5. YouTube Analytic

Sebagai perangkat evaluasi, YouTube Analytic sudah tersedia di menu dashboard sebelah kiri. Anda bisa memantau jangkauan video yang sudah diunggah. Hasil analisa ini membantu Anda untuk membuat konten berikutnya yang lebh menarik, sesuai minat para pemirsa, dan otomatis menghadirkan cuan lebih banyak.

Cara Riset Keyword Untuk YouTube

Mungkinkah riset keyword untuk YouTube dilakukan secara gratis? Ternyata bisa. Anda tidak perlu khawatir, untuk mendapatkan kata kunci yang baik sekarang bisa secara gratis. Kecuali Anda ingin melakukan riset mendalam, beberapa platform menawarkan akses premium untuk hal ini. Berikut beberapa tempat Anda bisa melakukan riset kata kunci:

  •  Ahrefs

Riset keyword untuk YouTube melalui Ahrefs dapat Anda lakukan secara gratis. Selama ini Ahrefs dikenal sebagai tool untuk riset kata kunci artikel yang akan tayang di blog atau berbagai situs. Mesin pencari yang banyak digunakan adalah Google. Akan tetapi sesungguhnya Ahrefs juga bisa digunakan untuk mencari kata kunci dengan memilih mesin pencari lain.

Saat ini ada Google, Bing, YouTube dan Amazon yang paling banyak digunakan sebagai mesin pencari di dunia. Ahrefs menyediakan fitur pencarian kata kunci untuk keempat platform yang menyediakan kolom cari tersebut. Sebagai hasilnya, Anda juga bisa melihat seberapa besar volume pencarian untuk kata kunci yang Anda bidik.

Ahref dapat membantu Anda melakukan riset keyword untuk YouTube secara gratis untuk satu kali pencarian dalam sehari. Jika Anda ingin melakukannya tanpa batas sebagai podcaster, SEO freelancer, atau SEO expert, sebaiknya gunakan versi premium.

  • Keyword Keg

Melakukan riset kata kunci melalui keywordkeg dianggap lebih mudah. Karena platform ini melakukan filter negara, APIS (pilihan mesin pencari), dan tipe hasil yang diinginkan. Pilihan filter tipe hasil yang diinginkan berdasarkan pencarian berbasis kata, pertanyaan, preposisi, sampai kecenderungan pembeli. Hasilnya pun tampil dalam bentuk frase yang mirip, nilai CPC (Cost per click), volume pencarian, dan tingkat kesulitan.

  • SEMrush

Seperti halnya Ahrefs, SEMrush dapat membantu Anda melakukan riset keyword untuk YouTube. Pencarian kata kunci yang tepat melalui SEMrush dapat dilakukan sejak tahun 2016. Anda harus membuat akun di situs ini untuk mendapat akses riset gratis terbatas setiap hari. Jika Anda terbiasa melakukan riset berkali-kali dalam sehari, sebaiknya gunakan versi premium.

  • Riset Keyword YouTube Gratis

Selain menggunakan akun premium untuk beberapa tools di atas, Anda juga bisa melakukan riset kata kunci secara gratis. Caranya adalah dengan membuka Google Tren atau memanfaatkan kolom pencarian. Kedua cara ini sangat membantu bagi Anda pemula dengan modal terbatas sehingga memperhitungkan pengeluaran untuk riset.

Ketika Anda mengetik satu kata kunci di kolom pencarian baik Google maupun YouTube, pasti muncul dibawahnya suggest atau usulan kata kunci yang dianggap sesuai. Misalnya Anda ingin mengetik kata kunci “resep pisang goreng”, ketika sedang mengetik “resep p”, di bawahnya pasti muncul beberapa usulan kata kunci yang banyak dicari. Seperti resep putri salju, resep peyek, resep pudding, dan sebagainya.

Beberapa platform riset keyword untuk YouTube di atas dapat Anda gunakan demi konten yang lebih baik dan menjangkau pemirsa sebanyak mungkin. Sebaiknya gunakan versi premium untuk mendapat hasil yang terukur. Karena riset keyword versi gratis dari YouTube atau Google hanya mampu memberikan usulan kata tanpa menunjukkan volume pencarian atau tingkat CPC.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Begini Cara Riset Keyword Untuk YouTube Agar Viewers Terus Bertambah flagcounter