Beberapa Langkah Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Beberapa Langkah Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Banyak orang yang selalu ingin mencari tahu bagaimana langkah membuat website yang baik dan benar namun tetap mudah untuk dilakukan. Website sendiri Memang memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini.

Apalagi saat ini manusia memang semakin terbiasa dengan berbagai kemajuan teknologi digital. Sehingga mereka akan berusaha mempelajari dan memahami berbagai hal yang berkaitan dengan dunia teknologi digital. Seperti misalnya pengetahuan mengenai website, karena saat ini website bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan seorang manusia.

Ada banyak kalangan yang bisa memanfaatkan adanya website tersebut untuk kepentingan mereka. Biasanya seseorang memiliki tujuan tertentu saat mereka menggunakan website. Meskipun mudah tentu saja untuk membuat website dibutuhkan beberapa langkah, oleh karena itu hanya orang yang benar-benar membutuhkannya saja yang membuat website.

Bahkan saat ini hampir seluruh pebisnis selalu menggunakan website untuk menunjang kegiatan transaksi bisnis mereka, seperti contohnya jual beli online. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini hampir semua kegiatan sangat dibatasi sehingga konsumen akan cenderung lebih suka berbelanja online.

Cara Membuat Website dengan Mudah

Bagi Anda yang saat ini memutuskan ingin membuat website, maka tentu saja Anda sudah tahu pasti akan menggunakan website tersebut untuk kepentingan apa. Namun saat ini bahkan sudah ada banyak orang yang memiliki website mereka pribadi, karena sudah semakin banyak orang yang menyadari betapa bermanfaatnya website tersebut.

Saat ini hampir seluruh instansi pemerintah juga memiliki website resmi tersendiri, untuk membagikan perkembangan dan juga informasi yang berkaitan dengan instansi pemerintah tersebut.

Seseorang bisa membagikan berbagai macam informasi bermanfaat melalui adanya website tersebut sehingga mereka tidak perlu kesulitan lagi jika ingin menyebarkan atau ingin mendapatkan informasi tertentu. Jika Anda ingin membuat website untuk Anda sendiri maka ikutilah beberapa langkah berikut ini.

Menentukan Jenis Website yang Dibutuhkan

Tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu jenis website seperti apa yang ingin Anda buat. Meskipun terdengar sangat sederhana namun langkah membuat website ini bisa dibilang juga tidak kalah penting dengan langkah yang lain karena ini merupakan langkah dasar.

Penting untuk diketahui bahwa website memiliki beberapa jenis yang berbeda sehingga Anda harus menyesuaikan jenis website yang dibuat agar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin membagikan sebuah kisah, pengalaman atau opini pribadi tertentu maka Anda bisa menggunakan website jenis website pribadi.

Namun ketika Anda ingin menggunakan website untuk untuk berbisnis seperti jual beli online, maka jenis website yang bisa Anda gunakan adalah Website toko online. Jadi Anda bisa menjual barang dan jasa di website tersebut. Lalu ada juga website yang digunakan untuk kepentingan instansi pemerintah dan website ini diberi nama website instansi.

Menyesuaikan Hosting

Memang Anda bisa membuat website secara gratis jika Anda menggunakan website WordPress, namun untuk jangka panjang hal ini kurang menguntungkan karena kustomisasi dan variasi tema memang sangat terbatas. Dan untuk mengupgrade versi agar bisa menikmati fitur lain juga nantinya akan dikenakan biaya.

Jadi meskipun memang menggunakan WordPress adalah salah satu cara untuk membuat website gratis, namun jika Anda ingin memaksimalkan penggunaan website tersebut maka Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk berlangganan hosting yang berfungsi sebagai server atau penyimpanan data.

Tarif untuk berlangganan hosting sendiri memang sangat beragam dan Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa berlangganan hosting unlimited berkualitas mulai dengan biaya Rp. 10.000 per bulan.

Menentukan Nama Domain

Memilih nama domain merupakan langkah membuat website selanjutnya yang harus Anda lakukan. Untuk menentukan nama domain Anda juga harus mengeluarkan biaya namun tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau, dan yang pasti hal ini akan memiliki fungsi jangka panjang.

Ada juga harus mengetahui jenis domain yang nanti akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti misalnya jika Anda ingin menggunakan domain untuk Website pribadi maka Anda bisa menggunakan jenis domain .SITE yang tarif langganannya sebesar Rp.14.000 per tahun.

Lalu Anda juga bisa menggunakan domain website .ONLINE untuk keperluan website bisnis toko online atau layanan internet dengan tarif Rp.15.000 per tahun. Lalu yang terakhir jika Anda ingin menggunakan website tersebut untuk kepentingan suatu instansi maka Anda bisa menggunakan domain .CO.ID dengan tarif Rp.110.000 per tahun.

Menginstal WordPress

Selesai Anda menyesuaikan hosting dan juga menentukan nama domain untuk website yang Anda buat tersebut agar sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginstal WordPress agar website tersebut bisa digunakan.

Untuk meng-install WordPress sendiri sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu untuk memberi tanda centang pada bagian gratis auto install website WordPress. Akan lebih baik juga jika Anda mengaktifkan fitur tambahan yaitu WordPress accelerator dengan demikian maka website Anda akan bisa digunakan dengan lebih maksimal lagi.

Install Tema

Tampilan website memang merupakan hal yang juga tidak kalah penting, karena tampilan website yang membosankan akan membuat website tersebut kurang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu pemilihan tema yang tepat harus sangat dipertimbangkan agar tampilan website menjadi semakin menarik.

Langkah membuat website yang satu ini memang harus dilakukan dengan sangat cermat, karena menentukan bagaimana nuansa website tersebut ketika sedang dikunjungi. Untuk melakukan instalasi tema maka Anda bisa melakukannya melalui softaculous, di situ ada beberapa pilihan tema yang bisa Anda install dan digunakan untuk Website Anda.

Install Plugin Yang Diperlukan

Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan beberapa fungsi yang ada dalam website, Anda perlu menginstal berbagai macam plugin yang Anda butuhkan. Anda bisa menambahkan fitur keamanan, fitur chat interaksi agar website Anda tersebut bisa lebih optimal dan lebih maksimal lagi.

Jadi seluruh fitur tambahan yang Anda butuhkan untuk menunjang penggunaan website Anda tersebut dapat di ditambahkan dengan melakukan penginstalan plug-in yang sesuai kebutuhan. Fitur tambahan semacam ini sangat penting apalagi jika Anda memiliki Website toko online, akan sangat membantu proses transaksi.

Optimasi Web

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengoptimasi website Anda. Sebenarnya langkah untuk membuat website hanya ada 6 langkah yang sudah saya jelaskan diatas tersebut. Namun optimasi website juga sangat penting mengingat kita harus memastikan bahwa website yang kita miliki atau kita buat tersebut bisa berjalan optimal segala macam fungsinya.

Karena website tersebut harus sangat kita siapkan dengan matang, mengingat akan sangat buruk ketika website tersebut sedang dikunjungi oleh pembaca lalu terjadi kesalahan yang sangat mengganggu.

Jadi itulah beberapa langkah membuat website yang sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Beberapa Langkah Membuat Website Sendiri Dengan Mudah flagcounter