Bank Digital Terbaik di Indonesia Kelebihan dan Kekurangannya

Bank Digital Terbaik di Indonesia Kelebihan dan Kekurangannya

Bank-bank konvensional di Indonesia saat ini memang sudah menyediakan berbagai fitur mobile banking (m-banking) maupun internet banking (i-banking) guna memudahkan para nasabah dalam menjalankan berbagai transaksi secara langsung maupun secara online. Lalu, bagimana dengan hadirnya layanan dari bank digital terbaik seperti saat ini.

Seiring perkembangan zaman, berbagai bank digital terbaik pun hadir berkat inovasi dari berbagai bank konvensional tersebut. Bahkan seakan-akan, bank konvensional pun berlomba menghadirkan bank-bank digital. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan bank digital serta seperti apa kelebihan dan kekurangannya?

Memahami Apa Itu Bank Digital

Kalau dari namanya, dapat diketahui jika bank digital merupakan perbankan yang dibentuk atau ada dengan sifat digitalnya. Bank digital dijalankan secara online menggunakan aplikasi elektronik dengan kemampuan layaknya jika kita berkunjung ke bank konvensional secara langsung.

Pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum, disebutkan kalau digital banking adalah layanan perbankan berbentuk elektronik yang dikembangkan untuk memberi pelayanan yang optimal menjadi lebih cepat dan mudah sesuai kebutuhan nasabah.

Berbagai bank digital terbaik seringkali juga menyediakan fitur dan layanan yang memungkinkan para nasabahnya melakukan berbagai aktivitas perbankan secara mandiri, tentu dengan sistem pengamanan yang nyaman dan lengkap untuk menjamin keamanan akun dan rekening para nasabah.

Di Indonesia sendiri, pengguna bank digital ternyata cukup banyak. Menurut data, di tahun 2021 saja, pemilik rekening bank digital di negeri ini diperkirakan mencapai lebih dari 47 juta orang dan diprediksi akan meningkat hingga lebih dari 74 juta orang di tahun 2026 mendatang.

Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai pengguna bank digital terbanyak kedua di dunia setelah Brazil. Hal ini juga didukung oleh semakin tingginya penggunaan internet sekaligus semakin banyaknya bank konvensional yang mengembangkan produk ke ranah digital.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital

Saat ini, sudah banyak bank digital terbaik di Indonesia yang diakui dunia. Bahkan di tahun 2022 saja, sudah terdapat 4 bank digital Indonesia yang masuk ke dalam Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 menurut The Asian Banker.

Di balik itu semua, tentunya ada beragam kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh setiap bank digital. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimaksud di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan bank digital

Inilah beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati jika menggunakan bank digital, apa lagi jika Anda memiliki profesi sebagai pembisnis online.

1. Fitur yang lengkap dalam satu aplikasi

Bank digital dikenal sebagai sebuah platform end-to-end. Dengan demikian, dalam satu aplikasi bank digital terbaik akan ada banyak fungsi bank fisik yang dimunculkan dalam satu platform digital. Mulai dari online service, kartu bank, ATM, hingga office sekalipun.

Anda bahkan dapat membuat rekening sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan atau datang langsung ke bank konvensional. Begitu pula dengan melihat mutasi rekening tanpa ada batasan yang tentunya akan semakin memudahkan para nasabah dalam melihat transaksi perbankan yang sudah dilakukan selama ini.

2. Tampilan yang lebih menarik

Kehadiran bank digital sudah pasti bertujuan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi setiap nasabah. Selain dari fungsinya, tampilan bank digital umumnya lebih menarik dan lebih fresh jika dibandingkan dengan m-banking yang terlihat lebih kaku.

Anda akan dapat langsung mengecek saldo tersisa langsung di halaman depan aplikasi, begitu pula dengan berbagai menu tambahan yang dapat diakses secara langsung. Misalnya jika ingin melakukan transfer uang, Anda hanya perlu meng-klik ikon transfer, kemudian mengikuti beberapa instruksi sederhana dan transaksi akan segera dilakukan.

Para nasabah bahkan juga tidak perlu repot dengan kartu ATM seperti halnya bank konvensional. Saat ini sudah banyak bank digital terbaik yang memberikan kartu ATM berupa virtual card yang fungsinya sama saja dengan ATM biasa. Anda juga dapat langsung tarik tunai menggunakan aplikasi tanpa harus mengeluarkan kartu sehingga transaksi lebih aman.

3. Biaya administrasi bulanan yang murah

Bank digital ternyata juga lebih hemat dari segi biaya. Penggunaannya simpel dan efisien karena hampir semua bentuk layanan bank dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah sendiri. Sistemnya yang online tentu saja akan memudahkan kita bertransaksi secara mudah dan terjangkau.

Lantas dari segi biaya administrasi, ternyata cenderung murah bahkan ada pula beberapa bank digital terbaik yang membebaskan biaya administrasi. Transfer ke berbagai bank pun tidak memerlukan biaya admin yang memberatkan.

Begitu pula dengan biaya bulanan yang dimiliki oleh bank-bank digital ini, sangat terjangkau dan tidak akan banyak memberatkan. Dalam pembukaan rekening pun, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan.

4. Bunga simpanan bisa lebih besar

Selain dari biaya administrasi yang rendah, hal yang menarik dari bank digital adalah bunga simpanan yang cenderung lebih besar. Umumnya, bank digital akan memberikan bunga hingga 4%, lebih tinggi 1% daripada bank konvensional.

Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para nasabah. Dengan bunga yang tinggi, maka simpanan para nasabah akan bertambah dengan maksimal. Tentu cocok buat Anda yang ingin menyimpan uang dengan tujuan untuk tabungan.

5. Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja

Berbagai bank digital memang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Anda dapat memanfaatkan fitur layanan online yang sangat memudahkan para nasabah, mulai dari pembukaan rekening, pembayaran, penarikan tunai, hingga investasi dan menabung.

Semua hal tersebut dapat dilakukan pada akun bank digital terbaik secara online. Anda tidak perlu lagi mengatur waktu untuk ke bank cabang hanya demi membuat rekening atau melakukan pembayaran setoran dan pengiriman uang. Tentu sangat memudahkan bagi Anda yang berlokasi jauh dari kantor bank konvensional.

Kekurangan bank digital

Di balik segala kelebihan yang dimiliki, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu dicermati. Berikut sejumlah kekurangan yang seringkali menghambat penggunaan bank digital tersebut.

1. Diperlukan gadget yang mumpuni

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah gadget untuk menggunakan akun bank digital. Di balik teknologinya yang canggih, tidak jarang aplikasi bank digital memerlukan space memori dan spesifikasi ponsel yang cukup tinggi. Hal ini tentu cukup menjadi masalah terutama buat Anda yang belum memiliki handphone dengan spesifikasi terbaik.

2. Internet yang stabil

Begitu pula dengan koneksi internet yang harus stabil. Karena penggunaan bank digital sangat bergantung pada jaringan internet, maka jika koneksi Anda tidak ada atau tidak stabil akan sulit untuk mengakses fitur-fitur perbankan yang ada di dalamnya.

3. Membutuhkan berbagai pengembangan

Tentunya, tidak semua bank digital terbaik memiliki kesempurnaan dari segi fitur. Akan ada banyak pengembangan yang akan dilakukan, dan tentu saja dapat berpengaruh pada fitur-fitur yang terdapat pada bank digital tersebut.

Perubahan pada fitur dan layanan bisa saja terjadi di masa mendatang. Bahkan beberapa kebijakan bisa saja mengalami perubahan yang malah dianggap merugikan para nasabah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Bank Digital Terbaik di Indonesia Kelebihan dan Kekurangannya flagcounter