Aplikasi Perekam Layar Laptop Paling Mudah

Aplikasi perekam layar laptop sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama untuk merekam video yang sedang diputar sekaligus hasilnya bisa dijadikan data pribadi. Sebagian besar pengguna laptop pasti mempunyai aplikasi ini. Sayang, tidak semua software perekam layar berkualitas.

Di bawah ini akan dijelaskan aplikasi perekam layar khusus laptop yang terkenal. Selain ukuran kapasitas app minim, software juga bida diunduh gratis. Berikut aplikasi perekam display yang dimaksud:

Aplikasi Perekam Layar Laptop

1. OBS Studio

Software perekam layar paling disukai netizen adalah OBS Studio. Karena mengusung title Open Broadcaster Software, berarti aplikasi ini bersifat open source. Sekalipun demikian aplikasi bisa diunduh secara gratis.

Salah satu keunggulan OBS Studio adalah memiliki interface sederhana namun tidak meninggalkan kesan modern. Sehingga ketika membuka aplikasi, langsung terpampang tampilan yang menarik padahal hanya dua warna.

Keunggulan lainnya adalah pengguna bisa mengganti tema software. Pihak developer sudah menyiapkan list-nya sedangkan pengguna tinggal memilih tema yang tepat dan menarik lalu dipasangkan pada rekaman sebelum disimpan.

2. Ace Tinker

Salah satu aplikasi perekam display khusus laptop yang sederhana adalah Ace Tinker. Sekalipun demikian, software memiliki kemampuan menangkap layar dengan resolusi yang tinggi.

Dengan aplikasi Ace Tinker, Anda bisa memilih bentuk perekaman layar, apakah merekam satu layar penuh atau sebagian saja. Keunggulan ini yang menjadi alasan aplikasi cocok digunakan merekam video berdurasi panjang.

Dengan Ace Tinker, Anda juga bisa melakukan editing hasil rekaman termasuk menambahkan efek menarik ke dalamnya. Jangan khawatir, tool editor sudah disediakan oleh developer. Jangan lupa pula, hasil rekaman dengan Ace Tinker tanpa watermark loh.

3. Camtasia

Aplikasi perekam layar laptop yang berkualitas ketiga adalah Camtasia. Sebuah perangkat lunak yang bisa merekam layar dengan kecepatan tinggi. Di dalam software juga terdapat fitur Editing yang bisa digunakan untuk menghasilkan rekaman terbaik.

Salah satu keunggulan Camtasia adalah bisa merekam audio dan visual secara bersamaan. Hasilnya juga sama bagus apalagi jika pengguna piawai mengatur hasil rekaman. Jika pun tidak terlalu mahir, silakan pakai app premium karena tekniknya lebih mudah.

4. Ice Cream Screen Recorder

Jika ingin aplikasi perekam layar kelas tinggi, maka Anda bisa menggunakan Ice Cream Screen Recorder. Software ini umumnya digunakan untuk acara web seminar atau webinar. Dengannya, pengguna bisa merekam video call dan game online.

Yang menarik dari Ice Cream Screen Recorder adalah adanya fitur konfigurasi pemutaran video. Dengan tool ini, Anda akan lebih leluasa mengatur rekaman, hanya dengan klik Pause, On, Next, dan Off saja.

Aplikasi Ice Cream Screen Recorder bisa di-install secara gratis. Namun perekaman yang diperbolehkan hanya video yang berdurasi 10 menit saja, sedangkan di atas itu Anda harus memilih aplikasi premium.

5. Windows 10 Game Bar

Aplikasi yang kelima ini khusus untuk laptop dengan program Win10. Di luar itu tentu software ini tidak bisa digunakan. Software yang dimaksud adalah Windows 10 Game Bar yang merupakan aplikasi perekam layar untuk laptop gratis berkapasitas rendah.

Kelebihan Windows 10 Game Bar adalah adanya fitur Game Dvr, satu tool yang membantu pengguna merekam layar laptop dengan lebih mudah dan cepat. Hasil tangkapan juga maksimal karena aplikasi mampu menghasilkan record resolusi tinggi.

Jika menggunakan Windows 10 Game Bar, ukuran hasil rekaman video bisa diatur sedemikian rupa. Termasuk menyimpannya menjadi file image dengan ukuran file yang sangat ringan.

6. Shadow Play

Software perekam layar laptop yang selanjutnya adalah Shadow Play. Selain untuk laptop, software juga bisa digunakan untuk PC atau komputer CPU. Namun, untuk menggunakannya diperlukan hardware GPU GeForce dari NvIDIA.

Sebagai aplikasi yang bersifat accelerated screen recording, tentunya dalam proses perekaman lebih mudah dan cepat. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam mundur video berdurasi kurang dari 20 menit.

7. WM Capture

Jika ada aplikasi perekam layar untuk laptop canggih tetapi gratis, maka WM Capture jawabannya. Uniknya, hasil rekaman video lebih bersih karena bebas watermark jenis apapun.

Ada dua fitur unggul di aplikasi WM Capture. Yang pertama adalah fitur Configuration yang bisa digunakan untuk set rekam video, apa layar penuh atau sebagian saja, sedangkan tool yang kedua adalah Schedule Recording yang berfungsi untuk mengatur jadwal perekaman.

Jika menggunakan WM Capture, pengguna bisa mengubah hasil rekaman menjadi berbagai macam format termasuk menjadi file MPEG dan AVI. Dua format video yang paling banyak digunakan.

8. DX Tory

DX Tory adalah software perekam layar paling simpel dan minimalis cocok untuk pemula. Sebab, teknik rekaman paling mudah dengan ukuran aplikasi cocok untuk segala tipe laptop. Dijamin dengan software ini perangkat tidak akan hank.

Sekalipun sederhana dan berkapasitas kecil, aplikasi tetap mampu memotret layar dengan resolusi tinggi. Anda juga bisa menambahkan efek khusus pada hasil rekaman yang sudah dilakukan.

Software ini bersifat surface memory buffer, makanya kinerja aplikasi tidak akan membebani RAM. Sekalipun demikian, hasil rekaman tetap jernih dan bening. Mungkin kelemahan DX Tory adalah tidak adanya menu compress saja.

9. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi display recorder untuk laptop yang top lainnya adalah Movavi Screen Recorder Studio. Bahkan, dibandingkan software yang lain aplikasi ini yang memiliki fitur editing paling komplit.

Biasanya Movavi Screen Recorder Studio banyak digunakan oleh gamer dan youtuber. Sebab, selain teknik perekaman mudah dan simpel, tampilan software juga elegan, sehingga cocok digunakan kalangan profesional.

10. Bandicam

Selama perangkat laptop atau PC mengusung sistem Windows, maka Bandicam bisa dijadikan aplikasi perekaman layar yang hebat. Bahkan, dari segi popularitas perangkat lunak inilah yang paling terkenal.

Dengan Bandicam netizen bisa memilih sesi recording apakah akan menangkap layar utuh atau sebagiannya saja. Apapun sesi yang dipilih hasil rekaman tetap jernih bahkan pengguna bisa menambahkan suara ke video yang sudah terekam.

Aplikasi juga bisa digunakan merekam game online maupun offline. Hasilnya juga memuaskan bahkan bisa ditambah stiker dan gambar binatang seperti tikus, kelinci dan burung yang sedang terbang.

11. Sharex

Aplikasi recording display untuk laptop yang terakhir adalah Sharex. Software yang cocok dipakai oleh pemula karena teknik editing-nya tidak sulit. Selain itu, aplikasi juga bebas iklan sehingga tampilannya lebih bersih.

Dengan aplikasi Sharex pengguna bisa menangkap layar dalam bentuk shape baik bujur sangkar, jajar genjang, segi tiga, lingkaran dan selainnya. Cocok untuk video yang memang didesain secara khusus.

Salah satu kelebihan Sharex adalah hasil rekaman video bisa dibagikan ke orang lain. Caranya mudah karena tinggal melakukan drag file saja. Ini yang menjadi alasan Sharex terkenal dan memiliki banyak pengguna.

Jika ingin merekam video tertentu maka gunakan aplikasi perekam layar laptop yang sudah dijelaskan di atas. Semuanya gratis dan memiliki ukuran apk yang ringan. Jika ingin fitur lebih lengkap tinggal update saja ke aplikasi premium.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar