Aplikasi Keuangan Keluarga Untuk Memudahkan Mengatur Finansial

Charles Jaffe pernah mengatakan bahwa sesungguhnya yang membuat seseorang menjadi kaya bukanlah dilihat dari seberapa besar penghasilan yang Anda peroleh melainkan dari kebiasaan seseorang mengatur pengeluaran. Meskipun hanya uang pribadi dan bukan uang seluruh negara, rupanya mengatur keuangan itu sulit. Karena itulah aplikasi keuangan keluarga diciptakan untuk membantu Anda dalam mengatur finansial rumah tangga dengan tepat demi masa depan.

Aplikasi Keuangan Keluarga

Apakah Menggunakan Aplikasi Keuangan Keluarga Itu Penting?

Banyak orang bekerja atau melakukan berbagai kegiatan bisnis baik bisnis online maupun offline, dan sebagainya hanya demi mendapatkan uang namun hanya memperolehnya saja masih belum membuat Anda sudah merasa tenang dan sejahtera karena Anda perlu memiliki skill untuk mengatur finansial itu dengan bijak. Jangan sampai besar pasak daripada tiang sehingga tidak ada dana saving atau Anda kesulitan untuk bertahan setiap bulannya sembari menunggu gaji yang datang di awal maupun akhir bulan.

Apa Itu Aplikasi?

Software application atau biasa disebut dengan Aplikasi adalah sebuah salah satu sub dari perangkat lunak yang memanfaatkan berbagai kemampuan dalam menjalankan tugas sesuai keinginan penggunanya. Contoh sub kelas dari aplikasi adalah pengolah kata, pemutar media seperti video, musik, dan lain sebagainya.

Pada 2020 ini sudah sangat banyak jenis aplikasi yang ada, karena semua perangkat saat ini sudah berbasis sistem operasi.

Terkadang dalam sebuah rumah tangga, istrilah yang mengatur pengeluaran dan pemasukan keuangan. Akan tetapi, pengaturan ini bukan hanya sekedar mencatat berapa pengeluaran dan pemasukan setiap bulan yang dikeluarkan melainkan masih ada perencanaan yang lain. Beruntungnya saat ini sudah sangat banyak aplikasi keuangan keluarga yang bisa memberikan bantuan kepada Anda dan juga memberikan gambaran cara untuk mengatur uang rumah tangga.

Semuanya juga dapat diunduh dan diakses menggunakan ponsel pintar baik itu android maupun iOS sehingga mudah untuk melihat kapanpun juga. Belum lagi, sejumlah atau sebagian besar aplikasi keuangan itu sudah dilengkapi dengan adanya fitur yang membantu Anda dan juga semakin memudahkan seluruh macam perencanaan maupun pencatatan keuangan. Developernya bisa dari dalam maupun luar negeri sesuai dengan kebutuhan Anda dan ada yang gratis maupun berbayar.

Rekomendasi Aplikasi Keuangan Keluarga yang Mudah Untuk Digunakan

Faktanya masih banyak yang tidak menggunakan aplikasi keuangan keluarga untuk mengatur finansial yang mereka miliki dan lebih mengandalkan perhitungan manual. Terlebih lagi bagi pelaku usaha yang harus menghitung bunga bank, pajak, dan lain sebagainya maka diharuskan untuk memiliki fundmanager apps.

Apa Itu Bunga Bank?

Bunga bank adalah sebuah biaya yang dibebankan pada saat membayar jasa terhadap peminjaman uang yang dikeluarkan atau dipinjamkan oleh sebuah bank untuk periode waktu tertentu. Bunga bank biasanya ditentukan dari prosentase dari nominal yang dipinjam atau simpanan.

Akan tetapi, akan ada banyak hal yang “miss” atau terlewatkan jika Anda tidak menggunakan bantuan aplikasi tersebut dan ada beberapa yang mendapatkan banyak review baik dan apresiasi dari para ibu rumah tangga atau masyarakat yang sudah menggunakannya antara lain:

  • Money Lover

Jika Anda ingin memulai proses untuk mengelola keuangan pribadi yang dimulai dari pencatatan pengeluaran harian, maka Anda bisa menggunakan Money Lover ini. Aplikasi itu bisa digunakan oleh mereka yang bahkan sebelumnya tidak pernah mengatur keuangan sedikitpun. Ada banyak kemudahan yang bisa diberikan oleh aplikasi ini.

Selain Anda bisa mencatat seluruh pengeluaran harian, Anda pun dapat mengklasifikasikan pengeluaran itu dalam beberapa kategori yang berbeda baik itu pengeluaran untuk makan, transportasi dan sebagainya. Aplikasi ini dapat pula Anda jadikan sebagai aplikasi untuk membuat anggaran budget atau belanja termasuk mencatat pemasukan sampai dengan menganalisa pengeluaran yang besar sesuai dengan kategorinya. Anda bisa mengunduh aplikasi ini gratis maupun juga membelinya secara premium melalui Playstore ataupun App Store.

  • UangKu

Bila Anda baru pertama kali mengatur keuangan dengan menggunakan bantuan aplikasi, maka Anda pun dapat mencoba aplikasi UangKu yang diciptakan oleh pengembang ODT Indonesia. Aplikasi ini memberikan penawaran fungsi untuk mengatur keuangan yang sangat sederhana namun sangat terstruktur dan juga lebih terperinci. Disini Anda akan diminta untuk mematok target dari pengeluaran selama sebulan ditambah dengan target tabungan.

Kemudian, aplikasi ini pun akan menghitung batas maksimal dari pengeluaran Anda tiap hari sehingga target itu pun dapat tercapai. Anda dapat mencatat seluruh transaksi yang telah terjadi maupun juga rencana pengeluaran dan pemasukan di masa datang.

Setiap pengeluaran dan pemasukan yang dicatat dapat Anda kelompokkan di dalam kategori yang berbeda sesuai dengan tujuan maupun sumbernya, gaji, belanja atau juga untuk konsumsi. Untuk membuat Anda pandai dalam melacak keuangan, maka aplikasi ini dapat memberikan daftar transaksi tiap hari atau setiap bulan dalam fitur statistik dan kalender.

  • Monefy

Aplikasi yang satu ini mirip dengan Money Lover yang disebutkan pertama karena mayoritas fungsi yang terdapat di dalam aplikasi ini sama dengan Money Lover hanya tampilan dan juga pengalaman untuk menggunakan aplikasi itu yang berbeda.

Monefy memberikan penawaran dalam kesederhanaan di dalam visualisasi dan tampilan yang begitu baik sehingga jika Anda suka melakukan analisa keuangan melalui bentuk yang visual, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan sebagai acuan. Terdapat widget di dalam Monefy sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan dari home screen secara langsung. Anda bisa mengklasifikasikan atau mengkategorikan pengeluaran secara spesifik lebih mudah lagi dan bisa mengsinkronisasikan data ke jaringan Cloud Dropbox untuk penyimpanan.

  • Money Manager Expense and Budgeting

Jika dilihat dari antarmuka atau interface dan fungsinya, aplikasi yang dibuat oleh Realbyte ini cocok untuk Anda yang memang sudah sering atau selalu mencatat laporan pemasukan dan pengeluaran harian.

Jika Anda mengunduh versi gratisnya, aplikasi ini bisa membuat Anda membagi transaksi dalam tiga akun yaitu kartu pembayaran, rekening dan tunai. Untuk semua transaksi, aplikasi ini akan melakukan pendataan utang dan harta dari seluruh akun itu.

Anda bisa membagi seluruh transaksi ke dalam kategori yang berbeda sembari Anda melacak persentase dari pengeluaran dan pemasukan dari setiap kategori itu. Terdapat pula pilihan untuk dapat mencatat seluruh angsuran dan pengeluaran rutin untuk pilihan waktu yang berbeda.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk gratis maupun berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Jika memilih versi berbayar, maka tidak akan ada iklan yang melintas dan Anda bisa menambah akun sekaligus menggunakan aplikasi ini melalui komputer.

  • AndroMoney

AndroMoney ini adalah aplikasi untuk mengelola keuangan yang sangat terkenal dan jika Anda sudah pernah mengelola seluruh keuangan melalui jalur aplikasi mungkin mengenal aplikasi yang satu ini dan setidaknya pernah mendengar sekali saja.

Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat lengkap karena ada berbagai macam fitur atau fasilitas yang dimiliki oleh pesaing yang lainnya. Bukan hanya fitur yang begitu lengkap, tampilannya sangat sederhana dan minimalis sehingga Anda tidak perlu lagi merasa rumit atau pusing untuk melihat banyak sekali angka di dalamnya ketika Anda menggunakannya. Aplikasi ini telah didesain dengan baik untuk bisa memudahkan Anda dalam pengurusan keuangan.

  • Finansialku

Ini merupakan aplikasi yang mempunya fitur paling unggul dalam proses perencanaan keuangan yang digunakan untuk tujuan seperti membeli kendaraan maupun untuk biaya pendidikan. Setelah mengisi berbagai data seperti periode dan harga dari pembelian produk, maka aplikasi ini dapat menghitung berapa jumlah total pengeluaran yang dibutuhkan dan kemudian Anda bisa mencatat progres dari tabungan sampai Anda bisa membeli produk yang diinginkan.

Aplikasi ini juga memberikan fungsi paling fundamental yaitu mencatat transaksi dimana Anda dapat menambah gambar seperti foto maupun lokasi untuk setiap transaksi yang dicatat. Tersedia secara gratis maupun berlangganan dan tentunya versi berbayar jauh lebih menguntungkan.

Tak hanya aplikasi finansialku saja yang bermanfaat, ternyata ada versi website yang menyediakan berbagai informasi keuangan dengan ulasan super lengkap. Tertulis pada situsnya dengan slogan Your Personal Finance Assistant, menjadikannya situs yang harus selalu dipantau oleh Anda yang haus akan info keuangan.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2020 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Inilah beberapa aplikasi keuangan keluarga yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengurus semua pengeluaran dan pemasukan yang Anda dapatkan sehingga tercipta keseimbangan di dalam hidup finansial Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar