Aplikasi Jual Beli Emas di Smartphone

Jika dibandingkan dengan investasi saham, reksadana, maupun properti, investasi emas merupakan bentuk investasi yang paling digemari di Indonesia. Hal ini berdasarkan dari hasil riset oleh beberapa lembaga terkait dan data dari PT. Aneka Tambang Tbk (antam).

Cara untuk investasi juga sangat mudah, selain mendatangi langsung ke kantor pegadaian, atau di kantor antam, dan lain sebagainya, Anda juga bisa menggunakan situs dan aplikasi jual beli emas. Dengan menggunakan aplikasi tersebut semuanya bisa dilakukan secara digital, cukup dengan beberapa klik di layar smartphone tanpa Anda harus keluar rumah.

Aplikasi jual beli emasAplikasi Jual Beli Emas Terpercaya

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi emas, berikut adalah beberapa platform online dan aplikasi penyedia investasi emas yang hingga saat ini masih bisa dipercaya.

1. Pegadaian

PT. Pegadaian – Persero merupakan perusahaan yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Untuk menjawab kemajuan teknologi dan mempermudah nasabahnya kini pegadaian sudah memiliki aplikasi jual beli emas yang bisa secara gratis di download melalui Play Store maupun App Store.

Proses pendaftarannya pun sangat mudah, Anda tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan dan menyiapkan berkas seperti KTP, SIM, atau Paspor. Anda tidak akan dikenakan biaya pembukaan rekening jika pedaftarannya melalui aplikasi pegadaian digital.

Selain itu terkait dengan tabungan emas pegadaian juga melakukan kerjasama dengan marketplace tokopedia, dan kemudian disebut dengan tokopedia emas. Di aplikasi tokopedia Anda juga bisa melakukan investasi emas dengan minimal nominal Rp500.

2. IndoGold

IndoGold adalah perusahaan yang bergerak dibidang investasi emas yang sudah tercatat di OJK, Kominfo, Fintech Indonesia, dan idEA. Selain situs online IndoGold juga tersedia dalam bentuk aplikasi jual beli emas. Bagi Anda yang berminat investasi di IndoGold silahkan terlebih dahulu menyiapkan nomor NIK, nomor handphone, dan alamat email.

Jika nilai investasi atau tabungan emas Anda sudah mencapai berat minimal 1 gram maka Anda sudah bisa menarik emas tersebut dalam bentuk fisik. Kelebihan lain dari IndoGold adalah memiliki fitur program gadai emas.

Saat ini IndoGold juga sudah bekerjasama dengan bukalapak, maka Anda juga bisa berinvestasi melalui platform bukalapak yakni pada fitur bukaemas. Jika melalui IndoGold angka minimal investasinya adalah 500 ribu, di bukaemas Anda bisa memulai dari 100 ribuan.

3. Orori

Dikenal sebagai platform online penjual perhiasan dari logam mulia seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan masih banyak lagi orori kini juga sudah ada di hampir seluruh marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan lain sebagainya.

Bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang Tbk (antam) orori juga menyediakan program investasi emas batangan. Untuk membeli emas batangan Anda bisa melalui situs orori.com atau mendownload aplikasi jual beli emas (ORORI -Toko Perhiasan Online Indonesia) di Google Playstore.

4. Tamasia

Di tamasia.co.id Anda bisa membeli emas mulai dari harga Rp. 10.000 dan dilakukan dengan konsep secara syariah. Adapun jika Anda ingin mencetak emas batangan tersebut hanya bisa dilakukan jika sudah berada di ambang batas angka 1 gram.

Selain berinvestasi emas, di tamasia Anda juga bisa memperoleh keuntungan dengan cara menjadi reseller dari produk tamasia.

Kelebihan lain dari tamasia adalah Anda juga bisa melakukan pembelian emas dengan cara dicicil selama 3 hingga 24 bulan, dan selama proses angsuran emas tersebut akan disimpan dan diasuransikan di PT. Aneka Tambang Tbk (antam).

5. E-mas

Munculnya aplikasi jual beli emas dengan nama E-Mas adalah sebuah terobosan baru dari marketplace orori.com. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda akan lebih mudah membeli emas, tanpa harus keluar rumah atau lama menunggu antrean.

Keunggulan dari aplikasi tersebut ialah Anda bisa membeli emas dengan jumlah yang sangat minim yakni 0,0002 gram saja atau sekitar Rp 100. Pembayaran dari hasil penjualan emas yang Anda lakukan juga akan ditransfer ke nomor rekening dengan waktu yang sangat cepat.

Fitur unggulan dari aplikasi tersebut adalah Anda juga bisa melakukan transfer emas ke sesama pengguna aplikasi E-mas. Jika investasi emas yang Anda lakukan sudah mencapai 1 gram, emas tersebut juga bisa Anda tarik dalam bentuk fisik.

6. Lakuemas

Lakuemas.com adalah sebuah platform jual beli emas online yang berada di bawah naungan PT. Sentral Gadai Kencana. Jika Anda ingin mengunjungi toko fisik dari lakuemas juga sangat mudah, di website lakuemas.com sudah tersedia fitur pencarian lokasi cabang atau klik saja tautan ini https://www.lakuemas.com/cabang.

Aplikasi lakuemas juga termasuk aplikasi yang sangat bagus. Di Google Play Store aplikasi tersebut sudah didownlowd lebih dari 50 ribu lebih pengguna, bahkan hampir seluruh user merasa puas dengan layanan lakuemas dan memberikan komentar positif. Adapun penilaian negatif rata-rata yang berkaitan dengan proses registrasi.

Yang menarik dari lakuemas adalah banyak pilihan dari segi metode pembayarannya, selain transfer langsung melalui beberapa bank Anda juga bisa melakukan pembayaran menggunakan VOSPAY, DANA, dan Jenius Pay.

7. Topedia Emas

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain sebagai marketplace atau situs jual beli online tokopedia juga menyediakan fitur tabungan emas yang bekerjasama dengan pegadaian. Di tokopedia emas Anda bisa menabung emas, membeli emas, dan menjual emas dengan minimum Rp. 500 (lima ratus rupiah).

Hasil menabung atau investasi emas yang Anda lakukan juga bisa dikonvesikan menjadi bentuk fisik dan dititipkan di pegadaian. Jadi Anda tidak perlu khawatir sebab pegadaian juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keanggotaan di tokopedia emas dibagi menjadi tiga kategori yakni Gold Club, Gold Prime, dan Gold Prestige. Dari ketiga kategori tersebut tentu memiliki persyaratan dan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk menjadi member di tokopedi emas Anda bisa mengunjungi website tokopedia atau mendownload aplikasinya di Play Store maupun App Store.

8. Bukalapak-Bukaemas

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh bukaemas, Anda bisa membeli atau menabung emas di bukaemas dengan nilai sangat minimal yakni 0,0001 gram. Jika sudah memenuhi persyaratan emas tersebut juga bisa Anda tarik dalam bentuk fisik. Kepingan emas dari bukaemas adalah resmi dari antam dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association).

Jika Anda sudah terdaftar di akun bukalapak maka secara otomatis Anda bisa memanfaatkan fitur bukaemas. Klik saja logo dengan tulisan bukaemas dan “coba sekarang”, selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman jual beli emas. Metode pembayarannya pun sangat beragam, Anda bisa melakukan trasfer ke beberapa rekening bank atau dompet digital seperti dana dan linkaja, bahkan Anda juga bisa memilih metode pembayaran di Indomaret dan Alfamart.

Itulah pembahasan singkat terkait dengan aplikasi jual beli emas, beberapa kebijakan yang ada di aplikasi tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu. Satu hal yang paling penting adalah ketika Anda ingin memulai berinvestasi harus pelajari terlebih dahulu bentuk investasi apa yang cocok bagi Anda, dan mengenali resiko berinvestasi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar