Apakah Prosesor multi-core Selalu Lebih Baik?

Apakah Prosesor multi-core Selalu Lebih Baik?

Semua orang pastinya ingin memiliki komputer yang efisien saat digunakan untuk apapun. Entah itu saat digunakan untuk bekerja atau bermain game, semuanya pasti menginginkan performa yang baik. Dan karena perkembangan teknologi semakin pesat, Sistem Operasi sekarang bisa melakukan banyak tugas. Kita berfikir pasti komputer harus punya prosesor multi-core agar semuanya bisa berjalan lancar.

Tapi apakah ini cukup membantu? Selain itu, apakah cukup wajar untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar? Mari kita Bahas.

Prosesor multi-core

Prosesor multi-core

Prosesor multi-core adalah setiap prosesor pada komputer yang memiliki lebih dari satu CPU. Setiap CPU atau inti menjalankan instruksi seolah-olah sistem berjalan pada banyak prosesor meskipun itu hanya satu chip prosesor. Prosesor inti tunggal secara signifikan lebih lambat daripada prosesor inti ganda. Ini karena mereka butuh waktu yang lebih lama untuk menjalankan suatu proses.

Sedangkan multi-core dapat menjalankan beberapa proses atau program secara bersamaan. Ini berarti kinerja yang lebih baik saat kamu menjalankan program dengan tuntutan berat pada CPU atau saat melakukan banyak tugas. Dan memang ini di buat untuk memecahkan masalah kecepatan clock yang dihadapi prosesor inti tunggal. Menambahkan inti ekstra pada satu chip berarti CPU dapat menangani lebih banyak data secara efektif.

Dengan multi-core, sistem dapat secara efektif mengeksekusi lebih dari satu thread pada saat yang bersamaan. Ini berarti bahwa setiap inti dalam multi-inti menangani aliran data yang terpisah. Hasilnya, ini akan meningkatkan kinerja dan memungkinkan beberapa program berjalan secara bersamaan.

Teknologi ini pada awalnya dikembangkan untuk server karena biasanya menjalankan banyak program secara bersamaan. Dan sekarang karena perkembangan jaman, prosesor seperti ini sudah bisa dipakai untuk komputer pribadi. Jadi bisa dikatakan Komputer dapat memproses progam atau tugas menjadi lebih baik dan lebih efisien.

Jadi, sebelum berpikir untuk mendapatkan prosesor multi-core, kamu harus terlebih dahulu berfikir. Misalnya, apakah tugas kamu memerlukan core-count yang tinggi. Akan menjadi mubazir untuk mendapatkan prosesor multi-core yang tidak memiliki tujuan selain untuk membual.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apakah Prosesor multi-core Selalu Lebih Baik?