Apakah Jaringan 5G Benar-benar Cepat?

5G adalah jaringan nirkabel generasi kelima. Tahun 2020 ditetapkan sebagai era jaringan ini. Dan kemungkinan akan menjadi jaringan tempat sebagian besar komunikasi seluler masa depan terjadi. Ada banyak diskusi baru-baru ini tentang bagaimana kota dan perusahaan telekomunikasi akan menerapkan jaringan 5G.

Tetapi kamu mungkin bertanya-tanya mengapa ini sangat penting. Memang, banyak artikel telah membingkai implementasi jaringan ini sebagai perlombaan untuk dimenangkan. Jika mengembangkan jaringan ini adalah perlombaan, apa yang dimenangkan oleh pemenang?

5G

Apa itu 5G?

5G adalah generasi terbaru dari jaringan nirkabel. Generasi pertama jaringan pada 1980-an menggunakan sinyal radio analog untuk memungkinkan orang-orang mengadakan percakapan suara secara nirkabel. Generasi kedua pada 1990-an (2G) pindah ke jaringan digital. Jaringan ini memungkinkan layanan data, yang memungkinkan pengiriman SMS.

3G meningkatkan kecepatan dan mendukung aplikasi baru. Itu menciptakan akses internet, memungkinkan game mobile, panggilan video, dan streaming video. 4G sangat meningkatkan kecepatan konektivitas, memungkinkan aplikasi yang membutuhkan banyak data. Ini juga mendukung aplikasi HD.

Jadi sekarang kita sampai pada generasi kelima, pertama kali diluncurkan pada 2019.

Janji 5G sangat besar. Kecepatannya jauh lebih cepat, meningkat ke mana saja dari 100Mbps menjadi 20Gbps. Dalam beberapa kasus, ini lebih dari seribu kali kecepatan 4G. Kecepatan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh seluruh film dalam hitungan detik, di antara banyak hal lainnya.

Latensi juga akan berkurang secara signifikan. Latensi pada dasarnya adalah berapa lama transmisi berlangsung atau bisa disebut waktu jeda. Latensi sangat penting untuk beberapa aplikasi, seperti robot industri dan game. Dalam jaringan 4G, latensi terendah yang dapat kamu temukan adalah sekitar 10 ms.

Dengan 5G, diharapkan menjadi 4 ms, atau bahkan serendah 1 ms. Implikasinya adalah bahwa jaringan ini akan dapat mendukung serangkaian penggunaan baru. Hal ini termasuk game mobile yang mendekati apa yang mungkin pada konsol.

Kepadatan koneksi juga meningkat dengan jaringan ini. Kepadatan (density ) adalah berapa banyak perangkat yang dapat didukung jaringan pada saat bersamaan. Satu sel 5G diharapkan dapat mendukung sekitar satu juta perangkat per kilometer persegi. Dengan 4G berjalan melawan masalah kapasitas, ini merupakan peningkatan besar.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar