Apa Itu VPS Hosting dan Cara Pemilihannya

Apa Itu VPS Hosting dan Cara Pemilihannya

Dalam mengelola sebuah website diperlukan hosting untuk memaksimalkannya. Salah satu jenisnya ialah VPS Hosting. VPS merupakan salah satu hosting yang banyak digunakan. Selain memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar juga tergolong lebih aman jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Apa Itu VPS Hosting?

VPS merupakan sebuah server yang digunakan untuk menyimpan data dan juga file pada sebuah website. Selain itu VPS juga biasanya digunakan oleh website-website yang membutuhkan sumber daya dalam jumlah besar sehingga mereka tidak perlu lagi berbagi sumber daya dengan website lainnya seperti jenis shared hosting.

VPS ini memiliki kelebihan untuk dapat mengubah pengaturan hosting sesuai dengan apa yang diinginkan. Menggunakan VPS ini juga akan memberikan lebih banyak penyimpanan dan bandwith dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Dapat memilih sistem operasi apa yang akan digunakan oleh sebuah website juga merupakan keunggulan dari VPS. Selain digunakan sebagai web hosting, VPS juga dapat digunakan sebagai server game, layanan VPN, backup data serta melakukan pengujian pada suatu aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangannya

Tentu saja untuk membuat Anda memutuskan memilih VPS ini pada berbagai kelebihan yang bisa dinikmati. Berikut ini merupakan kelebihan yang harus diketahui.

  • VPS ini merupakan hosting yang memiliki kecepatan tinggi apabila dibandingkan dengan shared hosting.
  • Jaminan resource server yaitu menjamin memori sehingga tidak akan terjadi fluktuasi pada resource.
  • Apabila terjadi masalah pada trafik ataupun website yang terjadi pada pengguna lain tidak akan mempengaruhi kinerja dari website yang Anda miliki.
  • Akses superior atau root ke server menjadi salah satu benefit yang bisa Anda rasakan.
  • Dengan menggunakan hosting VPS ini kerahasiaan akan sangat terjamin di sini. Database website Anda memiliki ruang penyimpanannya sendiri tidak akan bisa diketahui melalui situs lainnya.

Dimana ada kelebihan pasti disitu juga ada kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan dari VPS untuk hosting.

  • Kekurangan pertama dari VPS ini memiliki harga yang termasuk cukup mahal apabila dibandingkan dengan shared hosting
  • Perlu adanya pemahaman teknis yang mendalam untuk dapat mengelola server yang ada.
  • Saat terjadi pengaturan server yang salah maka akan sangat beresiko.

Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan VPS Hosting

Biasanya hosting VPS ini menjadi salah satu pilihan terakhir yang digunakan apabila website Anda berkembang dengan pesat. Ruang penyimpanan yang cukup besar menjadikan alasan utama pada saat shared hosting sudah tidak bisa lagi menampung jumlah data dan trafik website tersebut.

Anda juga bisa memulai menggunakan VPS hosting pada saat paket termahal dari shared hosting sudah tidak mampu lagi. Ada juga kondisi dimana Anda perlu menggunakan VPS ini dari awal. Sebagai contoh Anda akan membuat website toko online maka diperlukan metode pembayaran yang aman sehingga harus menggunakan VPS.

Biasanya website e-commerce atau toko online ini memiliki data-data pribadi yang harus dilindungi. Nah, dengan menggunakan VPS ini maka bisa membuat data jadi lebih aman. Anda juga dapat menggunakan VPS ini pada saat ingin meningkatkan trafik website pada event tertentu. Dengan begitu maka website akan mendapatkan performa yang lebih baik.

Tips Memilih VPS Hosting

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan VPS hosting. Simak penjelasannya berikut ini.

Sesuaikan Kebutuhan Anda

Identifikasi sesuai dengan kebutuhan website Anda merupakan hal yang penting. Perlu diketahui Apa yang dibutuhkan dari hosting VPS ini apakah sebagai penyimpanan data, VPN, server game dan lain sebagainya.

Barulah setelah itu Anda dapat menentukan pilihan jenis VPS mana yang akan digunakan. Lakukan perbandingan mengenai keunggulan dan juga kelemahan dari hasil identifikasi kebutuhan yang sudah dilakukan.

Sepertinya sudah dijabarkan diatas VPS memiliki kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri, Anda bisa menjadikan ini sebuah acuan untuk mau menggunakan VPS ataukah tidak. Berbagai fungsi yang bisa dijalankan oleh VPS ini tentu akan memberikan Anda kemudahan.

Pilihan Sistem Operasi

Biasanya hosting VPS memiliki 2 sistem operasi yaitu OS Linux dan Windows. Dari keduanya Anda dapat membandingkan mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan website yang dimiliki.

OS Linux biasanya sistem operasi yang lebih fleksibel mulai dari pilihan tools, CMS dan sebagainya. Sedangkan OS Windows cenderung kurang fleksibel dan berbayar.

Tentu dari penjelasan singkat tersebut Anda sudah bisa mengambil keputusan mana sistem operasi yang akan digunakan pada hosting VPS tersebut.

Kapasitas Bandwith Bulanan

Kapasitas dalam penerimaan data ataupun pengiriman data dalam setiap bulannya juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih VPS yang tidak menyediakan biaya tambahan jika penggunaannya melebihi normal.

Karena banyak dari hosting VPS yang mengharuskan Anda untuk membayar apabila sudah melebihi kapasitas bandwith bulanan. Bagi Anda yang menginginkan bandwith bulanan lebih tinggi maka bisa membeli paket VPS yang lebih mahal.

Ruang Penyimpanan

Sesuaikan kebutuhan Anda dengan ruang penyimpanan yang akan digunakan. Jika sudah mengetahui kebutuhan penyimpanan Anda maka bisa memilih paket hosting yang sesuai. Banyak sekali paket dengan ruang penyimpanan yang bisa Anda sesuaikan.

Penyimpanan VPS ini tentu saja menjadi salah satu komponen penyimpanan yang bisa Anda pilih.

RAM dan CPU

Tentu ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. VPS memiliki kapasitas RAM berbeda. Jika sudah mengetahui kebutuhan maka bisa disesuaikan dengan RAM yang akan dipilih. Semakin besar kapasitas dari RAM dan juga CPU yang dipilih maka dapat menampung lebih banyak website.

Teknologi

Teknologi juga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia website terutama hosting. Tanpa teknologi tentu semua kinerja menjadi terhambat.

Teknologi yang digunakan oleh VPS hosting juga sangat penting diperhatikan. Sehingga bisa diketahui apakah teknologi yang digunakan kompatibel dengan kernel Anda atau harus menggunakan versi terbaru.

Lebih mudah memang jika menggunakan VPS yang kompatibel dengan perangkat yang digunakan.

Sistem Keamanan

Siapa sih yang tidak mau menggunakan hosting dengan sistem keamanan yang luar biasa? Tentu saja banyak orang yang akan tertarik dengan hal tersebut.

Sistem keamanan tentu merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pilih hosting yang memiliki sistem keamanan terjamin sehingga dapat mengurangi terjadinya resiko kehilangan data maupun malware pada server Anda nantinya.

Akses Root

Sebagai seorang IT profesional tentu membutuhkan akses root untuk mengakses maupun melakukan pengeditan file dan juga melakukan pengembangan perangkat lunak melalui VPS. Keberadaan akses root ini akan membuat Anda memiliki kontrol penuh terhadap suatu server.

Anggaran

Menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dengan paket yang akan dipilih juga penting. Memilih paket pada VPS ini bisa dipertimbangkan dari tujuan Anda dan juga anggaran yang ada. Tapi tenang saja saat ini sudah banyak sekali paket VPS hosting yang dapat Anda pilih dan harga yang terjangkau.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Juli 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
Biznet GIOLayanan hosting kelas atas dengan biaya rendah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Juli 2022 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Apa Itu VPS Hosting dan Cara Pemilihannya flagcounter