Apa itu Thunderbolt 4? Inilah Yang Perlu Kamu Ketahui

Intel pada hari Rabu mengumumkan Thunderbolt 4, versi antarmuka berikutnya yang menggabungkan video dan data pada satu kabel. Pembuat chip yang bermarkas di Santa Clara ini merilis spesifikasi, tetapi interface hanya akan datang ke PC menjelang akhir tahun ini.

Dengan antarmuka USB-C menjadi konektor USB, mengapa produsen perlu beralih? Apa keunggulannya? Kami akan menjawab semua pertanyaan dalam penjelasan ini.

Info Menarik dari Thunderbolt 4

Info Menarik dari Thunderbolt 4

  • Sejarah

Intel memulai debutnya dengan Thunderbolt pada tahun 2009. Lahir sebagai proyek Intel yang disebut Light Peak, Thunderbolt adalah satu-satunya cara untuk menguasai semuanya.

Gagasan di balik interface ini adalah menciptakan protokol transfer data dan video. Bisa dibilang teknologi ini adalah nama protokol kecepatan tinggi yang secara dinamis beralih untuk menyesuaikan bandwidth data dan video.

Apa itu Thunderbolt 4?

Seperti namanya, ini adalah versi keempat teknologi interface. Ini tidak akan lebih cepat dalam mentransfer data daripada versi sebelumnya yang mampu mentransfer data 40Gbit / s, tetapi menawarkan fitur tambahan. Ini termasuk dukungan untuk dua layar 4K atau satu layar 8K dan kecepatan penyimpanan cepat 3000 megabita per detik.

Dengan Thunderbolt 4, pengguna juga mendapatkan hingga empat port. Satu menghubungkan ke komputer dan tiga port lagi untuk menghubungkan perangkat lain. Dan untuk pertama kalinya, versi terbaru ini akan mendukung kabel universal 40GB / s hingga 2 meter.

  • Apakah sama dengan USB-C?

Tidak. Thunderbolt dan USB-C terlihat sama karena keduanya memiliki port reversibel yang sama, tetapi keduanya berbeda. Teknologi ini menawarkan fitur tambahan dibandingkan dengan USB-C, yang secara luas diadopsi oleh vendor PC dan pembuat aksesori.

Poin yang perlu diingat adalah bahwa USB-C tidak cocok dengan Thunderbolt dalam hal kecepatan transfer. Port thunderbolt 4 secara teknis kompatibel dengan perangkat USB-C. Namun, tidak semua port USB-C mendukung teknologi ini.

Intel mengatakan Thunderbolt 4 pertama akan didukung oleh prosesor mobile Tiger Lake yang akan datang, yang dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini. Ini berarti kita akan melihatnya pada akhir tahun atau awal tahun depan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar