Apa Itu Testimoni? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Apa Itu Testimoni? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Saat ini yang namanya jualan itu memerlukan banyak hal yang perlu dilakukan. Mulai dari promosi hingga mendapatkan testimoni. Bahkan terkadang orang-orang yang ingin membeli barang harus berdasarkan testimoni terlebih dahulu. Lalu apa itu testimoni?

Adapun kali ini akan dibahas untuk Anda tentang testimoni dan informasi lainnya yang bisa membantu Anda untuk membuat penjualan secara offline atau online menjadi semakin meningkat. Apakah Anda penasaran dengan testimoni dan informasi-informasi lainnya? Inilah informasinya untuk Anda.

Tentang Testimoni dan Informasi Lainnya

Sudah pasti orang-orang yang berjualan secara offline ataupun online banyak yang bilang jika jualan itu membutuhkan testimoni. Namun seberapa penting testimoni dan bagaimana cara mendapatkannya. Jika Anda belum tahu, maka berikut ini ialah informasinya yang bisa Anda ketahui.

1. Pengertian

Orang-orang kadang masih awam dengan sebuah testimoni. Hanya sekedar tahu kalau jualan membutuhkan testimoni tanpa tahu arti apa itu testimoni yang sebenarnya. Jadi testimoni adalah sebuah pesan pada pelanggan kepada penjual bahwa produk atau jasa yang digunakannya sangat sesuai dengan yang diterima pelanggan.

Sehingga pelanggan pun menjadi lebih mudah dalam menikmati atau melakukan sesuatu. Hal inilah yang disebut dengan testimoni. Adapun penggunaan testimoni atau komentar dari pelanggan akan meningkatkan kepercayaan yang dimiliki oleh penjual kepada pelanggan-pelanggan baru.

Kadang juga testimoni ini menjadi sebuah hal yang penting. Banyak orang yang membagikan testimoni kepada orang lain agar hasil penjualannya dapat meningkat. Jika Anda memang ingin meningkatkan usaha Anda, maka menggunakan testimoni merupakan salah satu langkah yang mudah untuk Anda.

Manfaat untuk penjual

Setelah Anda mengetahui apa itu testimoni, maka yang perlu Anda ketahui adalah manfaatnya. Sudah dipastikan jika testimoni memberikan kepercayaan pada pelanggan Anda yang akan membeli sebuah produk atau jasa. Adapun manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari sebuah testimoni. Apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya untuk Anda

  • Penjual dengan mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan adanya komentar positif yang diberikan oleh pelanggan kepada produk atau jasa yang telah digunakan.
  • Meningkatkan reputasi toko. Reputasi toko atau penjual akan meningkat karena terkenal dengan orang-orang atau para pelanggan yang puas dengan produk atau jasa yang telah digunakan. Ini bisa membuat orang datang dengan sendirinya untuk membeli produk/jasa tersebut.
  • Seller memiliki pelanggan yang tetap. Jika testimoni baik, maka pelanggan tetap pun juga pasti akan tersedia. Hal ini menjadi keuntungan yang berlipat ganda karena selain mendapatkan pelanggan baru, pelanggan lama Anda akan tetap memakai produk/jasa yang ditawarkan. Nantinya Anda bisa mengelola pelanggan tersebut sampai ke level yang selanjutnya.
  • Testimoni sebagai bahan evaluasi. Testimoni terkadang tidak berisi hal yang baik, kadang datang juga testimoni yang berisi kritik dan saran juga. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda agar mendapatkan bahan evaluasi secara langsung dari pelanggan Anda. Kemudian Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan kritik dan saran yang telah diberikan.
  • Media promo gratis. Pastinya Anda mendapatkan media promo gratis yang tidak perlu Anda buat-buat. Anda hanya perlu mengedit testimoni ke tampilan yang baik sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan promo ke orang-orang.

Ternyata memanfaatkan testimoni itu sangat bermanfaat sekali. Jadi Anda harus mendapatkan testimoni yang positif agar produk atau jasa yang sedang Anda jual bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cara membuatnya

Testimoni sendiri bisa dibuat sesuai dengan keinginan Anda. Jadi tidak hanya belajar tentang apa itu testimoni, namun Anda juga harus tahu cara membuat testimoni. Cara membuatnya yakni dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang memancing pelanggan untuk memberikan review singkat tentang produk atau jasa yang dimiliki oleh Anda.

Itulah mengapa bisa diatur karena Anda bisa meminta testimoni dari barang, jasa yang digunakan, kecepatan pengiriman, kualitas barang, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk memancing pelanggan agar bisa memberikan testimoni setelah membeli barang. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa Anda berikan kepada pelanggan.

  • Menceritakan pengalaman pelanggan saat membeli. Anda bisa memancing pertanyaan dengan bagaimana pengalaman yang didapatkan setelah berbelanja. Apakah ada kesulitan ataupun hal-hal menarik yang bisa diceritakan pada saat berbelanja.
  • Menceritakan kondisi barang yang dibeli. Hal ini bisa Anda lakukan setelah beberapa hari pelanggan membeli barang atau jasa dari Anda. Sebelumnya informasikan terlebih dahulu kepada pelanggan bahwa akan dihubungi. Jadi ketika kembali dihubungi, pelanggan pun tidak merasa terganggu.
  • Menceritakan respons yang diberikan oleh penjual. Ini juga bagian testimoni yang sangat menjadi andalan para penjual. Respon yang cepat menjadi hal yang menguntungkan juga para pelanggan karena bisa mengetahui secepat mungkin barang atau jasa yang akan dibeli.
  • Menceritakan proses pengembalian barang. Testimoni yang satu ini memberikan rasa percaya dan kenyamanan pada pelanggan. Ketika barang yang diterima tidak sesuai ataupun ada kendala teknis yang menyebabkan harus dikembalikan, proses pengembalian akan membuat pelanggan menjadi sadar jika penjual siap bertanggung jawab sepenuhnya.

Itulah beberapa pertanyaan testimoni yang bisa Anda berikan. Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa melihat kembali contoh pertanyaan yang bisa Anda gunakan. Kemudian pastikan juga bahwa Anda memiliki nomor ponsel pelanggan Anda untuk menanyakan testimoni.

Apakah perlu membuat testimoni sendiri?

Jika Anda sudah mempelajari apa itu testimoni, maka Anda sudah tahu jawabannya bahwa jangan membuat testimoni sendiri. Justru Anda harus mencarinya melalui pelanggan Anda. Hal ini membuat testimoni yang diberikan lebih asli dan lebih terpercaya.

Memang pembeli tidak akan mencari sampai ke orang yang memberikan testimoni, namun dengan adanya testimoni palsu bisa menyebabkan kredibilitas penjual menjadi menurun. Hal ini sangat tidak disarankan.

Lalu bagaimana jika baru pertama kali jualan. Anda bisa manfaatkan promo gratis dengan memberikan testimoni. Anda juga bisa meminta bantuan kerabat Anda untuk memberikan testimoni agar bisa menunjang jualan Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan testimoni secara jujur. Kemudian jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, maka usahakan untuk mencari testimoni yang baru.

Demikian penjelasan untuk Anda tentang apa itu testimoni dan informasi yang berkaitan dengan testimoni. Sudah merasa bahwa testimoni sangat penting untuk jualan? Apakah Anda sudah memahaminya? Jika membutuhkan contoh, maka Anda bisa mencarinya di kompetitor Anda ataupun usaha-usaha yang lainnya. Hal ini tentu membantu referensi Anda dalam menggunakan testimoni sebagai salah satu media promosi yang gratis.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu Testimoni? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya flagcounter