Apa Itu Password Manager dan Apakah Berguna?

Apa Itu Password Manager dan Apakah Berguna?

Apa itu Password Manager? ini adalah software terenkripsi yang menyimpan dan mengelola semua kata sandi. Dan juga informasi masuk yang kamu gunakan untuk mengakses situs online, aplikasi, dan layanan lainnya. Ini tidak hanya menjaga data sensitif dan kredensial kamu aman. Tetapi juga menghasilkan kata sandi yang unik dan kuat untuk kamu. Sehingga tidak harus terus menggunakan yang sama di seluruh perangkat dan platform yang kamu gunakan.

Anggap saja sebagai buku catatan tempat kamu menyimpan kredensial masuk paling berharga. Dan ini menggunakan kunci utama yang hanya diketahui oleh kamu. Jadi secara praktis lebih aman dan juga lebih mudah untuk mengingatnya.

Password Manager

Cara Kerja Password Manager

Pengelola kata sandi menyimpan kata sandi kamu dalam bentuk terenkripsi untuk melindunginya dari pengintaian dan akses yang tidak baik. Ini juga menampilkan pilihan kredensial masuk sehingga kamu tidak harus mengingat ratusan kata sandi sendiri. Kecuali kata sandi utama atau dalam beberapa kasus PIN yang kamu gunakan untuk masuk ke aplikasi.

Beberapa bahkan membiarkan kamu mengautentikasi perangkat menggunakan pengenalan wajah atau sidik jari. Alih-alih memasukkan kata sandi utama seperti yang dapat kamu baca di panduan pengelola kata sandi. Untuk keamanan yang lebih baik, beberapa menyertakan otentikasi dua faktor. Seperti Google Authenticator, biometrics, atau berbasis SMS, tergantung pada aplikasi yang kamu pilih.

Sebagian besar aplikasi Password Manager dilengkapi dengan ekstensi peramban yang secara otomatis mengisi kata sandi untuk kamu. Dan juga fitur sinkronisasi terenkripsi yang memungkinkan kamu membawa kata sandi ke mana pun kamu pergi dan menggunakannya di semua perangkat.

Apakah Benar-Benar Aman?

Sebagian besar Password Manager menyimpan kata sandi master kamu secara lokal atau di server. Tetapi mereka tidak dapat membaca kata sandi karena dienkripsi. Ini menjaga data tetap aman dari pelanggaran. Tetapi jika kamu lupa kata sandi, kamu tidak dapat memulihkan akun melalui perusahaan.

Untungnya, beberapa pengelola kata sandi dapat membantu kamu memulihkan akun dengan menawarkan kit DIY. Tetapi jika itu tidak berhasil, maka kamu harus membuat akun baru dan mengatur ulang semua kata sandi secara manual untuk setiap aplikasi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu Password Manager dan Apakah Berguna?