Apa Itu NFC? Kegunaan dan Rekomendasi Ponsel NFC Terbaik

Apa Itu NFC? Kegunaan dan Rekomendasi Ponsel NFC Terbaik

Bagi mereka yang selalu update informasi terbaru seputar teknologi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah NFC. Sebuah teknologi atau fitur yang kini mulai banyak disematkan pada smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Namun tentu bagi sebagian orang masih ada yang belum memahami apa itu NFC, fungsi, dan cara menggunakannya.

Sebetulnya teknologi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, akan tetapi mulai populer dan banyak dimanfaatkan baru-baru ini saja, tepatnya yakni ketika teknologi lain mulai bisa mendukung. Misalnya yakni dengan adanya sistem pembayaran e-toll, pengisian uang digital, dan transaksi keuangan secara online lainnya.

Apa sih sebetulnya NFC itu? Mungkin pertanyaan tersebut mulai muncul di benak Anda. Kemudian apa kaitannya dengan perangkat elektronik seperti smartphone dan transaksi keuangan digital. Nah, untuk ulasan lebih lengkapnya simak penjelasan seperti di bawah ini.

Apa itu NFC

Near Field Communication atau yang lebih familiar dengan pendek kata NFC ialah sebuah teknologi untuk berbagi informasi dari satu benda elektronik ke benda lainnya tanpa menggunakan kabel tambahan apapun. Namun jarak antar perangkat pengirim dan penerima suatu informasi tidak bisa terlalu jauh, maksimalnya hanya 4 cm saja.

Misalnya, dengan mengaktifkan fitur NFC disebuah ponsel maka bisa dengan mudah mengetahui informasi saldo e-toll atau data diri dari sebuah kartu tanda penduduk (KTP). Caranya yakni hanya dengan menempelkan kartu tersebut di bagian body belakang pada ponsel tersebut. Namun tidak semua jenis kartu bisa dibaca informasinya.

Jika melihat cara kerjanya yang seperti di atas maka fitur tersebut bisa digolongkan menjadi dua kategori, yakni NFC aktif yang berupa perangkat elektronik seperti ponsel dan NFC pasif seperti kartu e-toll. NFC aktif tentu saja bisa mengirim maupun membaca segala bentuk informasi, berbeda dengan NFC pasif yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat yang mengaktifkan fitur NFC saja tanpa bisa digunakan untuk membaca informasi dari perangkat lain.

Kegunaan NFC

Jika Anda menggunakan perangakat yang sudah memiliki fitur NFC bukan sekedar bisa digunakan untuk pengecekan dan pengisian saldo e-toll saja. Ada banyak kegunaan lainnya yang bisa Anda manfaatkan, diantaranya ialah seperti berikut ini.

Cek dan isi saldo e-toll

Bagi para pengendara mobil di jalan toll tentu sangat membutuhkan kartu e-toll, berikut dengan informasi saldo didalamnya. Nah, dengan adanya fitur NFC yang berada di sebuah ponsel Anda bisa dengan mudah mengetahui sisa saldo e-toll termasuk mengisi saldo e-toll tanpa harus ke mesin ATM maupun pergi ke gerai pembayaran yang lain.

Mengisi kartu e-toll memang bisa saja dilakukan di pintu keluar jalan toll, namun tindakan ini bisa memicu antrian dan kemacetan yang panjang. Bagi Anda yang berada di tengah perjalanan dan membutuhkan informasi terkait kartu e-toll kini tak perlu khawatir lagi. Asalkan memiliki ponsel yang sudah dibekali dengan fitur NFC, cukup tempelkan saja kartu e-toll tersebut di body belakang ponsel maka Anda bisa mengetahui sisa saldo sekaligus top up uang elektronik.

Untuk mengoneksikan ke WiFi Porter

WiFi porter ialah sebuah perangkat yang berguna untuk membagikan sinyal WiFi ke perangkat lain. Bagi pengguna ponsel yang sudah memiliki fitur NFC cukup menempelkan saja body belakang ponsel tersebut ke WiFi porter, maka akses internet pun secara otomatis akan tersabung tanpa harus memasukan kata sandi terlebih dahulu.

Anda bisa menemukan perangkat WiFi porter ini di beberapa tempat khusus seperti hotel, tempat pariwisata, perkantoran, dan cafe. Cukup mudah dan simpel bukan? Tak perlu lagi repot-repot bertanya kepada resepsionis dan menghafalkan kata sandi WiFi untuk bisa mengakses jaringan internet di sebuah ponsel atau perangkat lain yang sudah mendukung fitur NFC.

Mengoneksikan ke speaker

Selain menggunakan kabel tambahan maupun menggunakan bluetooth kini mengoneksikan ponsel ke speaker juga bisa memanfaatkan fitur NFC. Yang terpenting baik ponsel maupun perangkat speaker yang digunakan sudah mendukung fitur tersebut. Dengan menggunakan fitur NFC suara yang dihasilkan pun terdengar lebih jernih dan sinyal tidak mudah terputus.

Untuk mengoneksikan kedua perangkat tersebut caranya juga cukup mudah. Langkah yang pertama silahkan aktifkan terlebih dahulu fitur NFC di kedua perangkat tersebut yakni ponsel dan speaker. Jika sudah silakan tempel atau taruh ponsel di logo NFC yang berada di speaker. Pastikan body belakang ponsel berada di tempat atau logo yang tapat.

Membaca smart poster

Kegunaan selanjutnya ialah untuk membaca seluruh informasi yang berada di sebuah smart poster. Hanya dengan menempelkan ponsel ke sebuah smart poster maka seluruh informasi bisa di akses, biasanya berupa halam website maupun video.

Smart poster sendiri seringkali dimanfaatkan untuk memberikan informasi terkait penjualan tiket, diskon suatu produk, dan pengumpulan dana atau donasi. Dengan smart poster ini dan adanya fitur NFC menjadikan proses penyampaikan informasi bisa lebih cepat, bahkan transaksi uang elektronik pun bisa sekaligus dilakukan.

Mengirim foto dan video

Mengirim file foto maupun video memang bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan bluetooth. Namun sayangnya beberapa perangkat keluaran terbaru seperti mesin printer dan kamera saat ini sudah beralih menggunakan teknologi NFC. Sebab teknologi tersebut terbukti lebih cepat untuk mengirim file, terutama yang paling terasa ialah ketika mengirim file dengan ukuran besar.

Hanya dengan mengaktifkan fitur NFC di masing-masing perangkat kini Anda sudah bisa membagikan file dengan ukuran besar dengan proses lebih cepat, dan tentunya tanpa membutuhkan kabel USB. Hal ini sangat membantu seseorang yang berprofesi sebagai fotografer, sebab kini bisa dengan lebih mudah mencetak hasil jepretannya.

Manfaat dari sebuah fitur NFC sangat menarik bukan? Maka jangan tanggun-tanggung, jika Anda ingin membeli perangkat elektronik terutama ponsel sebaiknya pilih yang sudah dibekali dengan fitur NFC.

Rekomendasi ponsel NFC

Nah, agar lebih mudah memilih diantara ponsel NFC terbaik dengan berbagai pilihan harga dan merek atau tipe berikut ialah rekomendasinya.

Samsung Galaxy M32

Dibandrol dengan harga kisaran 2 jutaan Samsung Galaxy M32 ini selain dilengkapi dengan fitur NFC juga dibekali dengan kamera utama 64 MP dan kamera depan 20 MP. Pada bagian ruang penyimpanan menggunakan memori 6GB RAM + 128 GB Storage.

Nama Produk Samsung Galaxy M32
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Oppo Reno 8

Selanjutnya di budget yang lebih mahal yakni kisaran 5 jutaan Anda bisa memilih Oppo Reno 8. Biasanya ponsel ini lebih diminati oleh kaum perempuan masakini, yang lebih membutuhkan kualitas kamera terutama kamera depan yang seringkali digunakan untuk swafoto.

Nama Produk Oppo Reno 8
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Poco M5

Kembali diharga 2 jutaan Anda bisa menemukan ponsel yang di produksi oleh Xiaomi yakni Poco M5. Spesifikasi lain dari ponsel ini juga layak untuk Anda cek dan pertimbangkan. Untuk spesifikasi singkatnya, ponsel ini dilengkapi dengan kualitas kamera utama 50 MP dan ruang penyimpanan sebersar 4GB dan storage 128 GB.

Nama Produk Poco M5
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee
Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu NFC? Kegunaan dan Rekomendasi Ponsel NFC Terbaik flagcounter