Apa itu Miracast dan Apa Fungsinya?

Apa itu Miracast dan Apa Fungsinya?

Belum pernah mendengar tentang Miracast? Kamu tidak sendirian dalam hal ini. Standar, yang telah menyebar semakin banyak sejak 2012, hampir tidak dikenal, setidaknya di luar komunitas penggemar teknologi absolut. Dalam artikel ini kami ingin menjelaskan secara singkat tentang Miracast.

harga Miracast

Miracast sebagai Sertifikat Berbagi Layar

Dalam arti yang lebih sempit ini tidak lebih dari sertifikat yang dikeluarkan oleh WI-FI-Alliance. Ini adalah standar terbuka yang membedakannya dari pesaing.

Perangkat yang disertifikasi menurut standar sesuai untuk apa yang disebut berbagi layar. Ini pada akhirnya berarti bahwa gambar suatu perangkat dapat ditransfer ke perangkat lain tanpa kabel atau router. Hal ini bekerja persis seperti Apple AirPlay atau Samsung’s Screen Mirroring.

Hal ini memungkinkan, misalnya, untuk menampilkan gambar yang ditampilkan pada smartphone di layar TV atau komputer tanpa harus menggunakan kabel. Untuk tujuan ini, kedua perangkat yang terhubung dengan cara ini harus mampu Miracast.

Transmisi Video

Biasanya hal ini digunakan untuk transmisi video. Di sini tidak hanya memungkinkan untuk menampilkan gambar, tetapi juga suara video pada perangkat lain. Video ditransmisikan dengan resolusi maksimum 1080p, sementara suara dikirim dengan maksimum saluran 5,1.

Transmisi secara teknis dimungkinkan dengan menggunakan koneksi WLAN peer-to-peer khusus yang ada di antara kedua perangkat. Baik pemancar dan penerima harus memiliki modul WLAN untuk digunakan oleh Miracast.

Perangkat dan Sistem Operasi yang Didukung

Fakta bahwa Miracast tidak terlalu terkenal juga disebabkan oleh kenyataan bahwa hanya beberapa produsen yang mendukung standar tersebut, terutama di masa-masa awal. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa jumlah perusahaan dan peralatan yang mendukung telah meningkat secara dramatis dalam beberapa waktu terakhir dan sekarang termasuk banyak nama terkemuka.

Saai ini mereka didukung oleh sistem operasi Windows dan Android. Karena ini mungkin adalah dua sistem operasi yang paling sering digunakan, banyak perangkat yang ada saat ini.

Selain sistem operasi, ada juga beberapa driver dan komponen perangkat keras lain yang memungkinkan. Melalui driver Intel WiDi dan melalui driver dari pabrikan Marvell, MediaTek, Ralink, Realtek dan Broadcom, banyak perangkat akhir menjadi produk yang mampu Miracast.

Nvidia juga mengumumkan niatnya untuk mendukung Miracast melalui platform Tegra-3. Produsen terkenal seperti LG, Google, Motorola dan Samsung juga telah merilis sertifikat untuk beberapa perangkat mereka.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa itu Miracast dan Apa Fungsinya?