Apa itu IOT (Internet of Thing) dan Penerapannya?

Apa itu IOT (Internet of Thing) dan Penerapannya?

Akhir-akhir ini internet of things semakin sering menjadi bahan pembicaraan. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan internet of things ini? Subjek pada IOT dapat dijelaskan sebagai a things. Ini misalnya sensor yang ditanamkan pada mobil yang canggih dan mampu mendeteksi serta memperingatkan pengemudi, misalnya saat tekanan ban menurun.

Apa Itu IoT?

Internet of things atau IoT adalah suatu konsep berteknologi canggih yang memungkinkan transfer data hanya melalui jaringan saja. Ini artinya aktivitas ataupun interaksi tidak membutuhkan campur tangan dari manusia atau dari manusia ke mesin, pada 2021 ini keberadaan IoT sudah menjadi kebutuhan bagi dunia.

Contoh lainnya ialah penerapan transponder biochip pada hewan-hewan ternak. Pada bidang medis, penerapan internet of things misalnya ada fitur yang digunakan untuk memonitor implan jantung.

Selama ini penerapan IOT lebih sering dilakukan pada bidang bank minyak dan gas, kelistrikan, serta manufaktur. Produk-produk atau layanan yang memudahkan kehidupan manusia dibuat dengan kapabilitas komunikasi machine to machine yang rancangan teknologi smart system. Hal ini dapat kita temukan misalnya pada produk, smart grid sensor, smart meter, smart kabel, dan lain-lain.

Apa itu IOT (Internet of Thing) dan Penerapannya

Pengertian internet of things

Sampai saat ini dapat dikatakan bahwa rumusan untuk istilah tersebut belum bisa diungkapkan dengan detail. Ini karena riset yang berkaitan dengan IOT masih terus dilakukan dan sedang dalam tahap perkembangan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ashton di tahun 2009, di mana penelitian tentang internet of things semakin gencar dilakukan, konsep ini mempunyai peluang untuk mengubah dunia dengan harapan menjadi lebih baik.

Pada sebuah artikel yang pernah dimuat, dikatakan bahwa saat ini ini aktivitas manusia yang berkaitan dengan komputer hampir semuanya tergantung kepada internet sebagai sumber informasi. Ini misalnya mulai dari aktivitas pengambilan gambar digital, penggunaan alat perekam, penggunaan barcode, dan lain-lain.

Saat ini yang kerap menjadi masalah ialah manusia memiliki keterbatasan perhatian waktu dan akurasi sehingga sulit menangkap dan memahami berbagai informasi dari internet dan menerapkannya di dunia nyata.

Walaupun informasi dan ide merupakan hal yang penting, tetapi tak sedikit aspek lain yang perlu diperhatikan. Berkaitan dengan teknologi informasi memang bergantung pada data yang bersumber dari banyak orang. Bukan hal yang aneh jika akhirnya perangkat komputer kita mempunyai wawasan yang lebih luas tentang berbagai gagasan dan informasi.

Coordinator and support action for Global FFID related activities and standadisation atau Casagras merumuskan IOT sebagai suatu infrastruktur jaringan global yang mengkoneksikan antara objek-objek fisik serta virtual melalui kapabilitas komunikasi dan eksploitasi data capture. Seluruh aspek tersebut akan memungkinkan terjadinya sensor, identifikasi objek, dan kemampuan koneksi yang merupakan dasar dalam pengembangan layanan an serta aplikasi kooperatif yang mandiri.

Unsur-unsur pembentuk internet of things

Bagaimana sebuah objek disebut sebagai? Misalnya kecerdasan buatan, konektivitas, dan sensor pendeteksi yang ditanamkan pada perangkat-perangkat berukuran kecil. Inilah berbagai kriteria pada IOT.
Sensor

Sensor dapat dikatakan merupakan karakter unik IOT yang tidak selalu ada pada perangkat canggih lainnya. Sensor dapat dijelaskan sebagai suatu instrumen program yang membentuk konsep IOT dari semula yang merupakan jaringan standar menjadi sebuah sistem aktif dan dapat dikoneksikan pada ada kegiatan sehari-hari manusia.

  • Konektivitas

Pada IOT ini berkaitan dengan suatu jaringan baru atau jaringan khusus internet of things. Jaringan khusus ini tidak tergantung dan terikat dengan server jaringan. Artinya aspek dimaksud tidak wajib harus berskala besar atau dengan harga yang mahal. Pada sistem yang lebih terbatas, IOT dapat dibentuk dengan skala yang lebih kecil serta dana operasional yang terjangkau.

  • Perangkat dengan ukuran kecil

Sebagaimana karakter teknologi canggih masa kini yang memperbarui dan memperkecil banyak objek, demikian pula pada IOT. Walaupun berukuran lebih kecil dibandingkan generasi terdahulu, tetapi produk-produk canggih ini dilengkapi fleksibilitas, skalabilitas, dan akurasi yang lebih baik.

  • Prinsip kerja internet of things

IOT bekerja dengan memanfaatkan sebuah program, di mana program tersebut dirancang untuk menghasilkan suatu hubungan antar mesin secara otomatis tanpa membutuhkan keterlibatan manusia. Konsep ini juga tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu sehingga koneksi antar mesin atau program berlangsung nonstop.

Penerapan IOT dalam berbagai bidang

Siapa sangka beberapa bidang ini juga dapat menjadi objek penerapan internet of things.

  • Pertanian

Aplikasi IOT pada sektor pertanian cukup beragam. Ini misalnya penggunaan software untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan beban tanah, serangan hama, kecepatan angin, kelembaban, curah hujan dan suhu.

Kumpulan data tersebut bermanfaat untuk meningkatkan teknik pertanian atau pengambilan keputusan yang nantinya diharapkan untuk menambah kuantitas dan kualitas hasil panen. Selain itu informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan pertanian juga berguna untuk memperkecil resiko, limbah, dan mengurangi campur tangan manusia hingga seminimal mungkin dalam pengelolaan pabrik.

Contohnya yakni para petani modern sudah dapat memonitor kelembaban tanah serta suhu dari jarak yang jauh. Data yang diperoleh dari IOT juga bermanfaat untuk program pemupukan demi kesuburan tanaman.

  • Energi

Konektivitas internet saat ini sudah bisa digunakan untuk mengintegrasikan banyak perangkat yang dalam operasionalnya mengonsumsi energi. Perangkat ini misalnya televisi, lampu, saklar, outlet listrik, dan sebagainya.

Integrasi ini akan berdampak lebih baik, yaitu menyinkronkan antara suplai listrik dan konsumsi energi menjadi lebih efektif serta efisien. Perangkat internet of things ini dapat dapat dikendalikan oleh pengguna dengan akses remote control, atau penerapan manajemen terpusat dengan interface berbasis cloud.

Wujud nyatanya yaitu pengaktifan penjadwalan, contohnya menghidupkan dan mematikan heater, memodifikasi kondisi pencahayaan sesuai kebutuhan, atau mengontrol kinerja oven.

Sistem dengan IOT memungkinkan pengumpulan data dan ditindaklanjuti dengan tindakan yang berhubungan dengan daya dan energi. Tujuannya ialah untuk meningkatkan efisiensi produksi beserta penyaluran listrik.

  • Lingkungan hidup

Dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan digunakan aplikasi monitoring lingkungan dengan sensor yang berbasis IOT. Ini misalnya monitoring hewan liar dan lingkungan hidupnya atau habitat. Teknologi ini juga bisa dilakukan untuk memantau kondisi tanah, kualitas udara dan air, sampai keadaan atmosfer.

Internet for things juga sangat berguna pada manajemen bencana. Salah satunya merupakan peringatan sedini mungkin terjadinya gempa bumi, letusan gunung berapi atau tsunami.

  • Kesehatan dan medis

IOT akan sangat berguna dalam bidang kesehatan. Di masa depan seluruh catatan kesehatan Anda mungkin dapat langsung ditransfer ke rumah sakit dan tenaga medis. Smartphone Anda akan dapat digunakan untuk memantai kadar gula darah, detak jantung, dan fungsi organ vital lainnya. IOT juga dapat memberikan peringatan dini terkait kesehatan tubuh dan memberikan rekomendasi perawatan hingga membuat jadwal pertemuan dengan dokter.

Internet of Things juga memungkinkan dirancangnya sebuah tempat tidur medis yang smart dan dapat memberi tahu tenaga perawat jika pasien menginginkan bangun dari bed-nya. Perangkat-perangkat canggih demikian ini diharapkan dapat memotong anggaran kesehatan yang terlalu boros.

Biasanya aplikasi untuk menjalankan IoT berbasis webapp (website application), ini bertujuan memudahkan dalam mengontrol sistem kendali cerdas yang tertanam pada perangkat.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Namun pada penerapan web app untuk IoT tidak sekompleks website yang sesungguhnya dengan kebutuhan webserver, hosting, database, dan lain sebagainya. Biasanya pada perangkat IoT hanya terpasang webserver yang hanya bertugas memanggil API kemudian diterjemahkan sesuai fungsinya.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Masih banyak penerapan IOT dalam keseharian, misalnya bidang transportasi dan angkutan, serta otomatisasi rumah. Semoga semua ini dapat segera terwujud dalam waktu singkat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa itu IOT (Internet of Thing) dan Penerapannya?