Apa Itu Giveaway? Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu Giveaway? Pengertian dan Manfaatnya

Hadiah memang menyenangkan bagi siapa pun yang menerimanya dan banyak orang yang mengharapkannya. Nah, tahukah kalian jika pemberian hadiah bisa menjadi suatu strategi pemasaran. Istilah untuk hal ini ialah giveaway, kemudian pengertian dan informasi lain terkait giveaway bisa disimak melalui informasi di bawah ini.

Pengertian Apa Itu Giveaway

Giveaway merupakan sebuah strategi promosi dan teknis pelaksanaannya bisa dimulai melalui registrasi. Nantinya seluruh pendaftar akan dipilih satu atau beberapa pemenang untuk mendapatkan undian tersebut.

Hadiah akan diberikan secara khusus dan ini merupakan konteks marketing. Biasanya hadiah tadi berupa produk promosional. Strategi ini tidak hanya membuang uang secara cuma-cuma, namun giveaway ini tidak kalah bila dibandingkan dengan strategi lain berupa iklan online.

Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa produk promosional akan digunakan dengan durasi rata-rata 8 bulan. Melihat hal ini dampak dari hadiah promosi tidak boleh disepelekan karena calon konsumen mencoba produk secara langsung dan melihat hasilnya secara nyatanya.

Manfaat Giveaway

Setelah paham tentang apa itu giveaway. Lalu kalian juga harus paham kenapa harus mengadakannya. Beberapa manfaat yang diperoleh jika mengadakan program tersebut sebagai berikut ini.

Iklan murah

Jika ingin promosi dengan biaya murah namun produk dikenal masyarakat luas maka giveaway ialah salah satu pilihan terbaik. Masalah harga juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memasang iklan billboard maupun tempat lainnya.

Entah giveaway maupun memasang iklan berbayar memiliki tujuan yang sama yaitu dikenal audiens sehingga mampu menarik lebih banyak konsumen. Saat produk digunakan tentu saja konsumen akan membawanya kemana saja dan berdampak pada produk dilihat banyak orang.

Fleksibel

Strategi pemasaran memang membutuhkan banyak biaya terlebih jika membagikan hadiah promosi. Jika kalian mengalami kendala tersebut maka giveaway merupakan solusinya. Kalian tetap mampu membagikan hadiah promosi tanpa perlu khawatir budget pemasaran habis.

Sebagai contoh pada saat kalian hanya bisa memproduksi 50 botol minumsn. Walaupun jumlahnya sedikit akan tetapi hadiah promosi masih bisa diberikan tinggal sesuaikan dengan budget, sangat fleksibel bukan.

Brand awareness meningkat

Istilah tak kenal maka tak sayang nyatanya juga berlaku pada sebuah brand. Jadi untuk membuat calon konsumen mengenal produk tersebut yaitu dengan memberikan hadiah promosi sehingga setelah mencobanya secara langsung diharapkan menjadi tertarik dan menjadi pelanggan.

Informasi terkait dengan giveaway bisa diinformasikan di media sosial maupun orang terdekat. Maka brand awareness bisa meningkat serta dapat menjangkau banyak pelanggan baru. Hal ini bisa dilakukan setelah kalian paham apa itu giveaway tentunya.

Peluang kolaborasi

Giveaway tidak hanya mampu dilakukan secara mandiri namun juga berkolaborasi dengan brand lain. Bahkan kalian dapat menawarkan diri menjadi partner brand lainnya ketika sedang melakukan giveaway.

Keuntungannya kalian bisa memperluas pasar brand tersebut dengan target pasar yang sama dengan usaha kalian. Tidak hanya memberikan keuntungan di antara kedua belah pihak, namun juga bisa bermanfaat menjalin relasi dengan pengusaha lain.

Loyalitas pelanggan meningkat

Pelanggan tentu saja akan merasa senang jika diberikan hadiah atau item gratis. Jadi giveaway ini bisa menjadi sarana apresiasi untuk pelanggan setia, sehingga nantinya pelanggan akan merasa senang memakai produk kalian.

Tidak berhenti disana saja, namun mereka akan membicarakan brand kalian serta ingin bercerita membagikan pengalamannya memakai produk tersebut kepada orang terdekat.  Sehingga giveaway tidak memiliki fungsi memperluas target pasar, namun juga bermanfaat dalam peningkatan loyalitas pelanggan atau customer loyalty.

Memperoleh insights demografi

Setelah memahami pengertian dan manfaatnya tentu Anda juga harus mempelajari soal demografi pelanggan dengan lebih dalam maka cara ini merupakan salah satu metode efektif yang bisa digunakan.

Giveaway dapat menarik banyak partisipasi sehingga banyak data yang bisa kalian peroleh. Cara memperoleh datanya dengan memberikan survey ketika mendaftar maupun selesai mengikuti giveaway.

Insights yang bisa kalian peroleh juga beragam, informasi tadi bisa berupa produk maupun informasi lain yang terkait dengan target pasar.

Trik Menyelenggarakan

Setelah mengetahui apa itu giveaway tentunya kalian akan paham bahwa ini merupakan strategi marketing yang penting. terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan supaya pelaksanaan giveaway menjadi lancar.

Sesuaikan dengan tujuan

Masing-masing perusahaan tentunya mempunyai tujuan yang berbeda. Sehingga ketika akan melakukan giveaway haruslah selaras dengan tujuan yang hendak dicapai.

Banyak cara yang bisa diterapkan seperti me-mention teman ataupun berkomentar di sosial media. Namun kalian juga dapat meminta audiens tadi mereview produk di sosial media dan ini bermanfaat sebagai sarana pemasaran.

Pilihlah hadiah yang tepat

Banyak jenis hadiah yang bisa diberikan berupa merchandise maupun kode promo. Apapun yang menjadi pilihan hadiahnya, usahakan bahwa hadiah tadi tergolong menarik untuk memikat audiens dan selalu ingat sesuaikan dengan dana perusahaan.

Pergunakan bantuan influencer

Influencer tidak dipungkiri bisa membuat acara giveaway menjadi lebih sukses dikarenakan mendorong banyak orang untuk mengikutinya. Campaign yang ramai tentunya bisa meningkatkan peluang brand kian besar.

Campaign media sosial

Melalui media sosial kalian bisa menyapa audiens secara langsung sehingga melakukan giveaway menjadi lebih mudah. Walaupun begitu beberapa media sosial memiliki aturan tersendiri mengenai promosi.

Aturan tadi wajib untuk diketahui dan diikuti sehingga tujuan awal memperluas promosi bisa berhasil. Namun jangan lupa kenali apa itu giveaway lebih dalam sehingga campaign di sosial media lebih maksimal.

Kekurangan Giveaway & Solusinya

Memang giveaway saat ini banyak digunakan karena bisa menjangkau lebih banyak konsumen namun dengan budget minim.

a. Kekurangan

Tahukah kalian jika terdapat beberapa sisi buruk yang menjadi kekurangannya. Adapun beberapa kekurangannya ialah sebagai berikut.

  • “Habis manis sepah dibuang” nyatanya menjadi ungkapan yang pas karena para audiens akan berlomba-lomba memfollow akun kalian. Namun setelah acara giveaway selesai audiens akan beramai-ramai mengunfollow akun media sosial dan ini berpengaruh pada performa media sosial.
  • Salah satu cara mengikuti giveaway yaitu meminta audiens untuk menulis di kolom komentar. Hal ini tidak terlepas dari kemungkinan kecurangan dari beberapa pihak yang menuliskan lebih banyak komentar.
  • Durasi pembagian produk gratis sebaiknya dari pendaftaran hingga pengumuman pemenang jangan terlalu sebentar maupun terlalu lama. Jika terlalu sebentar maka jumlah pesertanya terlalu sedikit, jika terlalu banyak maka peserta akan hilang kesabarannya.

b. Solusinya

Walaupun mempunyai kekurangan namun jangan khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi. Beberapa cara penanggulangannya seperti berikut.

  • Buatlah peraturan bahwa satu akun hanya bisa memberikan komentar sekali dan ini berguna menghindari spam.
  • Perhatikan durasinya sehingga, tidak dilakukan terlalu lama.
  • Supaya audiens tidak melewatkan, maka dibuatlah countdown.

Demikian informasi seputar apa itu giveaway, manfaat, tips melakukannya, dan informasi lainnya. Cara ini terbukti sangat bisa diterapkan terutama bagi kalian yang memiliki modal terbatas namun tetap ingin memperkenalkan produk dengan lebih maksimal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu Giveaway? Pengertian dan Manfaatnya flagcounter