Apa itu Facebook News dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Facebook News dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Selama bertahun-tahun, Media Sosial terbesar ini telah menghadapi panasnya organisasi berita di seluruh dunia. Pada hari Rabu, perusahaan  yang dipimpin Mark Zuckerberg mengambil langkah pertama Facebook News dengan memperluas bagian di luar pasar AS. Dengan tujuan untuk membayar penerbit berita untuk konten dan pelaporan asli, mereka berencana untuk memperluas bagian ke negara lain termasuk India, Inggris, Jerman, Prancis, dan Brasil.

Apa Itu Facebook News?

Apa Itu Facebook News?

Ini yakni bagian terpisah di platform sosial paling populer di dunia. Fitur ini akan membantu pengguna menemukan dan membaca artikel berita dari publikasi yang berpartisipasi. Pada akhir 2019, Facebook mulai menguji bagian beritanya dengan beberapa ribu pengguna AS. Pada Juni 2020, Facebook News diluncurkan ke konsumen AS.

Dan pada Agustus 2020, Facebook mengatakan sedang “mempertimbangkan” untuk memperluas Tab Berita ke negara-negara seperti India, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, dan Brasil. Peluncuran tidak akan segera terjadi, kata Facebook dalam sebuah posting blog. Sebaliknya, ekspansi akan terjadi “dalam 6 bulan hingga 1 tahun ke depan”.

Mereka mengatakan memiliki 200 publikasi fitur itu. Beberapa nama besar dalam industri publikasi berita ada di Facebook News. Ini termasuk Wall Street Journal, Washington Post, BuzzFeed, Bloomberg, dan ABC News. Raksasa media sosial tersebut dilaporkan akan membayar beberapa penerbit $ 1 juta hingga $ 3 juta setahun untuk menampilkan cerita mereka, menurut Bloomberg.

Facebook News berbeda dari inisiatif sebelumnya seperti Artikel Instan, di mana artikel berita diunggah langsung ke platform sosial. Namun, dalam kasus ini, setiap kali pengguna membuka artikel berita, pembaca akan langsung diarahkan ke situs penerbit. Pengguna Facebook dapat membaca keseluruhan cerita dengan gratis.

Dan dalam kasus publikasi yang berada di belakang paywall, pembaca akan diizinkan untuk membaca artikel gratis setelah itu mereka akan diminta untuk berlangganan publikasi tersebut. Cerita yang ditampilkan di Facebook News akan dikurasi oleh jurnalis dan algoritma.

Dengan mempromosikan jurnalisme berkualitas di platformnya, yang dibidik Facebook dengan Tab Berita, perusahaan juga membahas berita palsu. Facebook telah dikritik karena cara menangani berita palsu dan informasi yang salah di platformnya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa itu Facebook News dan Bagaimana Cara Kerjanya?