Apa Itu CRM? Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa Itu CRM? Pengertian dan Cara Kerjanya

Istilah CRM banyak didengar oleh kalangan pembisnis, namun apa itu CRM belum banyak yang mengetahuinya. Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang berguna untuk mengelola hubungan dengan pelanggan supaya lebih efisien.

Teknologi diikutsertakan dalam penerapan CRM ini sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan komunikasi dengan pelanggan terbangun menjadi lebih baik. Untuk lebih jelasnya perihal pengertian, tujuan, manfaat dan lainnya simak informasi berikut ini.

Pengertian CRM

CRM merupakan kombinasi antara strategi, teknologi, serta praktik yang nantinya digunakan oleh perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Kombinasi diantara ketika hal tersebut bertujuan menarik prospek sehingga menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Teknologi memiliki peran yang sangat penting di dalam CRM karena berguna mengelola serta menganalisis interaksi dengan pelanggan. Nantinya informasi dikumpulkan dari pelanggan seperti data pribadi, riwayat pembelian, serta masalah.

Mengapa CRM Penting untuk Bisnis?

CR tergolong penting karena bisa memberikan gambaran jelas tentang pelanggan melalui perspektif 360 derajat. Kemudahan dalam hal penggunaan sudah banyak karyawan di perusahaan memakai CRM guna melakukan pengelolaan percakapan bersama pelanggan. CRM menjadi penting digunakan dalam usaha, beberapa alasannya sebagai berikut.

Wadah informasi pelanggan

Database berguna sebagai wadah penyimpanan informasi dari para pelanggan. Bahkan dengan memakai database tersebut, data yang berhasil dikumpulkan sangat luar biasa banyaknya.

Memudahkan otomatisasi laporan

Sistem CRM berguna membuat laporan penjualan serta otomatisasi proses. Bahkan banyak manajemen senior memanfaatkan CRM menangani data pelanggan yang nantinya akan ditindaklanjuti.

Mampu meningkatkan penjualan

Informasi soal apa itu CRM sudah diketahui dan sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Hal ini nyatanya berdampak pula pada peningkatan penjualan serta peningkatan akurasi penjualan yang dilakukan.

Membangun hubungan erat dengan pelanggan

Teknologi membawa banyak kemajuan dalam bidang usaha salah satunya mempererat hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Sehingga penggunaan teknologi tergolong penting guna mencapai customer-centric bagi perusahaan.

Mengetahui riwayat layanan

Agen customer service akan sangat dimudahkan jika mengetahui daftar riwayat layanannya. Sehingga ini juga berguna untuk memberikan pelayanan konsisten bagi perusahaan.

Tujuan Penerapan CRM

Hubungan dengan para pelanggan bertahan lebih lama, peningkatan loyalitas pelanggan serta bisnis lebih berkembang merupakan tujuan dari penerapan CRM tadi. Jadi jika ditanya mengenai apa itu CRM? Apakah penting bagi perusahaan maka jawabannya iya.

Membangun hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dekat

CRM bisa mengumpulkan seluruh interaksi pelanggan dari banyak saluran bisnis dalam satu platform. Riwayat layanan bisa terlihat jelas, jadi ketika ada pelanggan lama yang menghubungi kembali maka kalian sudah bisa langsung menindaklanjuti keluhan berdasarkan riwayat tadi. Hal ini akan mempererat hubungan dengan pelanggan.

Meningkatkan loyalitas pelanggan

Informasi yang diperoleh dari CRM sangat berguna membangun kepuasan pelanggan dan dampaknya layanan terbaik bisa diberikan pada pelanggan. Saat pelanggan merasa puas tentu akan kembali lagi, maka tidak ada salahnya belajar mengenai apa itu CRM guna memperdalam pengetahuan kalian.

Mendorong penjualan

Teknologi pada CRM bisa digunakan untuk mendukung penjualan karena memiliki berbagai fitur canggih. Fitur tadi seperti melacak GPS, produktivitas karyawan, hingga otomatisasi dokumen. CRM juga dapat disambungkan dengan aplikasi lainnya guna mendorong penjualan.

Itulah beberapa tujuan dari penerapan CRM yang bisa diketahui, selain informasi di atas masih banyak yang lainnya. Namun jangan lupa untuk terlebih dahulu memahami apa itu CRM supaya lebih jelas nantinya.

Apa Manfaat Penggunaan CRM?

Membangun sebuah hubungan baik bersama pelanggan ialah manfaat utama dari CRM. Akan tetapi manfaat yang diperoleh tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan.

  • Transparansi serta produktivitas data meningkat
  • Hubungan dengan klien menjadi lebih baik
  • Kolaborasi antar tim lebih mudah
  • Keuntungan bisnis mengalami peningkatan
  • Bisnis lebih efisien
  • Kepuasan staf menjadi meningkat
  • Biaya operasional lebih hemat
  • Mengurangi konflik dengan klien

Apa Fungsi Penggunaan CRM?

Saat melihat apa itu CRM tentu kalian sedikit banyak mengetahui mengenai fungsinya. Namun secara keseluruhan CRM ini mempunyai banyak fungsi, beberapa diantaranya sebagai berikut ini.

  • Mengetahui calon pelanggan potensial
  • Meningkatkan hubungan baik bersama pelanggan
  • Penjualan serta pendapatan meningkat
  • Layanan dukungan pelanggan meningkat
  • Mengotomatisasi serta mengoptimalkan bisnis

Apa saja Tahapan Dalam CRM?

Setidaknya ada tiga hal yang berkaitan dengan apa saja tahapan dalam CRM, dan diantaranya ialah seperti berikut ini.

Memperoleh pelanggan baru (Acquired)

Saat menjalankan usaha tentu ingin memperoleh banyak pelanggan dan salah satu caranya dengan memberikan pelayanan pelanggan yang optimal. Kunci untuk memperoleh hal tersebut dengan menjalin komunikasi dengan pelanggan secara baik sehingga brand kalian lebih dipercaya.

Menambah nilai melalui pelanggan (Enhanced)

Agar hubungan dengan pelanggan meningkat maka bisa dilakukan up selling serta cross selling. Up selling yaitu menawarkan produk yang serupa pada pelanggan namun kualitasnya lebih baik. Cross selling yaitu menawarkan produk tambahan yang telah dimiliki pelanggan.

Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Tantangan terbesar pada saat menjalankan usaha yaitu mempertahankan pelanggan. Tentunya kepercayaan pelanggan harus terus dibangun supaya mau bertahan. Maka dari itu kalian harus mendengarkan masukan pelanggan sehingga perusahaan bisa melakukan evaluasi.

Cara Kerja Dari CRM

Seperti yang dijelaskan diatas mengenai apa itu CRM tentunya kalian bisa mengambil kesimpulan jika CRM adalah sistem yang dipergunakan mengelola hubungan dengan pelanggan, peningkatan loyalitas, penjualan, loyalis, maupun pemasaran.

Pada penerapannya CRM mendukung strategi relationship marketing yang mana nantinya berguna dalam mempermudah merekam serta melacak aktivitas usaha dan bisa bergerak dengan berdasarkan informasi pelanggan.

Komponen CRM?

Terdapat beberapa komponen yang bermanfaat dalam mendorong usaha serta mengelola dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan lebih efektif serta cepat. Adapun beberapa komponen CRM yang tergolong umum digunakan.

1. Sistem database terpusat

Database ini dipergunakan sebagai alat mengumpulkan, mengelola, serta menyimpan informasi berkaitan dengan pelanggan, keterlibatan, hingga riwayat transaksi dari pelanggan serta bisnis secara keseluruhan.

2. Manajemen peluang

Manajemen ini berguna dalam membantu dalam hal pengelolaan pertumbuhan serta permintaan usaha pada seluruh saluran. Tidak hanya itu saja berguna untuk melacak analisis yang berkaitan dengan pelanggan didasarkan pada klik serta transaksi pelanggan.

3. Analisis KPI

Berguna untuk melacak serta mengukur dari kampanye pemasaran pada usaha di seluruh saluran. Serta mampu melacak analisis yang berkaitan dengan pelanggan didasarkan pada klik serta transaksi pelanggan.

4. Manajemen kontak

Cara penggunaannya dengan mengintegrasikan email, faks, dokumen, tugas, sampai penjadwalan bagi akun individu.

5. Marketing automation

Berguna membantu usaha supaya terfokus untuk tugas pemasaran dengan fokus yang lebih penting semacam melibatkan kembali personalisasi ataupun pelanggan.

6. Integrasi

Berguna memaksimalkan kinerja serta alur kerja usaha dengan lebih mudah serta efektif dengan cara melalui kemampuan integrasi dari berbagai sistem usaha.

Contoh CRM 2024

Pada Juli 2024 ini sangat banyak crm yang beredar, namun bagi kamu yang belum tau seprti apa itu crm maka akan kesulitan. Berikut contoh CRM yang sering digunakan:

  • CRM Ruangguru
  • CRM Santika
  • CRM Majoo
  • SAP CRM
  • CRM Fifgroup
  • CRM Kalbe
  • dll

Rekomendasi CRM Open Source 2024

Kebutuhan CRM pada 2024 sepertinya sudah bukan hal tabu lagi, namun untuk membuat crm ternyata membutuhkan dana yang cukup besar. Bukan masalah apa itu crm berbayar atau gratisan, namun berfungsi dengan baik. Namun bagi kamu yang ingin membuat crm dengan low budget bisa menggunakan CRM OpenSource berikut ini :

  1. SuiteCRM
  2. Odoo
  3. OroCRM
  4. X2CRM
  5. Vtiger
  6. EspoCRM
  7. CiviCRM

Itulah pemahaman mengenai apa itu CRM yang bisa kalian ketahui sampai informasi perihal cara kerjanya. Melihat pentingnya CRM tadi tidak ada salahnya tempat usaha kalian mulai menerapkan CRM ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu CRM? Pengertian dan Cara Kerjanya flagcounter