Apa Itu Blockchain? Kenali Manfaatnya Sebelum Membeli Koin

Apa Itu Blockchain? Kenali Manfaatnya Sebelum Membeli Koin

Belakangan ini Anda mungkin sering mendengar kata blockchain kan? Meningkatnya jumlah peminat terhadap cryptocurrency menjadikan beberapa istilah atau kata yang sering digunakan juga ikut populer di tengah-tengah masyarakat, seperti kata hold, chart, dan salah satunya ialah blockchain. Namun tahukah ada apa itu blockchain? Bagaimana cara kerjanya dan apakah benar berkaitan dengan seputar aset kripto saja.

Secara sederhana dan dilihat dari segi bahasa blockchain dapat diartikan sebagai kelompok yang berantai atau saling keterhubungan. Namun tentu tidak semudah itu untuk memahaminya, agar lebih paham seputar apa itu blockchain Anda juga harus mengetahui tentang cara kerja, manfaat, dan lain sebagainya. Nah, berikut ialah ulasan lengkapnya.

apa itu blockchain

Apa Itu Blockchain?

Blockchain diartikan secara bahasa di atas sudah sedikit dijelaskan, ini ialah merupakan dua kata yang berbeda yakni antara block dan chain. Block memiliki arti blok atau kelompok sedangkan chain ialah rantai atau yang terhubung. Blockchain sendiri merupakan sebuah terobosan teknologi terbaru yang pertamakali diperkenalkan pada tahun 2009.

Teknologi blockchain saat ini banyak dimanfaatkan oleh berbagaimacam kebutuhan, meskipun demikian ini tidak bisa lepas dari cryptocurrency. Dengan menggunakan teknologi ini semua pengguna bisa mengatur sistem yang berjalan, tidak hanya berpusat pada satu titik saja. Itulah mengapa kemudian disebut dengan blockchain, sebab satu sama lain atara beberapa blok saling terhubung melalui kriptografi bagaikan rantai.

Awal mula blockchain memang digunakan semacam tempat untuk mengumpulkan dan penyimpanan data pada transaksi bitcoin yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Kemudian beberapa aset digital lainnya seperti ethereum juga menggunakan teknologi ini. Bukan hanya itu saja blockchain juga semakin berkembang dan digunakan untuk pengumpulan data identitas, lembaga keungan, dan lain sebagainya.

Meskipun belum begitu jelas namun mungkin saat ini Anda sudah mulai memiliki gambaran tentang apa itu blockchain. Untuk mempertajam pengetahuan tentang blockchain berikut ialah tentang bagaimana sistem kerjanya.

Cara Kerja Blockchain

Sebagai teknologi atau sistem yang digunakan untuk menyimpan data transaksi mata uang digital dan tidak terkait dengan pihak ketiga, melainkan dikelola oleh semua pengguna blockchain memiliki sistem yang sangat unik. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain ini setiap orang bisa melakukan transaksi keuangan misalnya mentrasfer uang tanpa melalui pihak bank, dan orang lain pun bisa mengetahui transaksi nilai aset uang digital tersebut.

Setiap transaksi uang digital, misalnya pengiriman bitcoin harus disertai dengan segel berfungsi layaknya sebuah kunci untuk mengamankan transaksi. Nah, proses pembuatan segel ini biasa dilakukan oleh sekumpulan orang yang biasa disebut dengan mining. Segel tersebut ialah berupa kombinasi angka dan huruf yang setiap transaksi akan berbeda-bebeda. Sebagai gambaran lebih jelasnya ialah seperti berikut.

Gambaran Cara Kerja Blockchain

  1. Disebuah toko online memiliki metode pembayaran menggunakan mata uang digital misalnya bitcoin.
  2. Pihak toko online akan memberikan alamat wallet bitcoin miliknya kepada pelanggan yang ingin melakukan pembelian salah satu produk di toko tersebut.
  3. Pembeli mengirim bitcoin sebagai alat pembayaran ke alamat wallet bitcoin milik toko online tersebut.
  4. Transaksi tersebut terkirim ke para penambang (minners), kemudian munculah kode unik sebagai segel dan sebuah block baru tercipta dari block lama.
  5. Transaksi berhasil dan wallet bitcoin pemilik toko online pun bertambah, setiap orang juga bisa melihat bukti transaksi tersebut.

Bagaimana, apakah Anda sudah sangat jelas tentang apa itu blockchain? Atau jangan-jangan semakin merasa bingung dan sulit memahami. Selanjutnya silahkan Anda bisa sembari menikmati minum kopi agar lebih rileks dan melanjutkan pembahasan tentang manfaat blockchain.

Manfaat Blockchain

Hadirnya teknologi blockchain membawa dampak manfaat yang sangat luar biasa, sistem blockchain sendiri mulai digunakan oleh banyak perusahaan misalnya untuk pembuatan faktur pajak dan pencatatan data. Dibidang keuangan atau finansial blockchain juga memiliki manfaat yang begitu banyak, diantaranya ialah mempermudah pembayaran antar negara, keamanan data bagi penggunanya, investasi aset digital, dan masih banyak lagi.

Sebagai sistem yang digunakan di keuangan digital, blockchain diibaratkan sebagai buku besar pencatatan transaksi yang sangat efesien dan transparan, oleh sebab itu teknologi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kecurangan. Siapa saja bisa dengan bebas melihat data tersebut tanpa harus meminta persetujuan dan persyratan dari pihak lain. Tentu dengan demikian sistem blockchain juga mampu memangkas biaya bagi Anda.

Blockchain Dan Cryptocurrency

Bicara soal blockchain tentu tidak bisa lepas dari cryptocurrency, begitu juga dengan sebaliknya. Cryptocurrency adalah berawal dari kata cryptography yang bisa diartikan sebagai kode unik, sedangkan currency memiliki makna mata uang.

Maka bisa disimpulkan bahwa Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang sering digunakan untuk bertransaksi secara online menggunakan kode-kode unik.

Ada banyak jenis cryptocurrency atau mata uang digital yang sering digunakan untuk bertransaksi dan dijadikan sebagai aset untuk investasi. Dari berbagai jenis cryptocurrency tersebut misalnya ialah seperti :

  • Ethereum
  • Litecoin
  • Binance
  • Bitcoin

Nah, setiap transaksi menggunakan salah satu mata uang tersebut akan mengeluarkan blok baru dan dicatat dengan kode unik yang kemudian disebut dengan blockchain.

Cara Mendapatkan Uang Digital

Cryptocurrency atau berbagai jenis mata uang digital bisa Anda dapatkan dengan berbagai macam cara. Yang paling mudah untuk mendapatkan mata uang digital ialah dengan membeli di market koin, namun sebagian orang ada yang berusaha mendapatkan koin secara gratis yakni dengan cara mining, mengikuti program affiliasi, dan airdrop. Informasi lebih jelasnya terkait cara mendapatkan uang digital ialah sebagai berikut.

Membeli di market koin

Jika Anda memiliki modal dan ingin melakukan trading di kripto atau sekedar untuk berinvestasi Anda bisa membelinya di beberapa market koin seperti :

  1. Indodax
  2. Tokocrypto
  3. Luno
  4. Pintu

Setelah melakukan pendaftaran dan deposit mata uang rupiah di salah satu merket koin tersebut maka secara otomatis Anda sudah bisa mulai membeli koin.

Affiliasi

Ini merupakan program yang banyak digemari oleh para blogger untuk mendapatkan koin gratis. Namun bukan hanya bloger saja yang bisa mengikuti program ini, siapa saja bisa termasuk Anda.

Dengan mengikuti program affiliasi maka Anda memiliki tugas untuk membagikan link atau sebuah kode ke media sosial maupun website, ketika ada orang lain yang mendaftar dan melakukan transaksi menggunakan link tersebut Anda akan mendapat imbalan berupa koin.

Airdrop

Cara paling mudah untuk mendapatkan koin gratis 2022 ialah dengan mengikuti program airdrop. Ini merupakan strategi pemasan bagi koin baru agar cepat dikenal oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin mengikuti program ini agar mendapatkan koin secara gratis maka harus menyelesaikan beberapa tugas terlebih dahulu, biasanya ialah Anda akan disuruh untuk memfollow akun twitter dan membagikan setiap postingan dari pengembang koin tersebut.

Info airdrop terbaru Juli 2022 yang legit biasanya akan mudah dijumpai di grup facebook, telegram, dan bahkan ada channel youtube yang memberikan review airdrop legit 2022.

Itulah ulasan tentang apa itu blockchan dan seputar tentang cryptocurrency. Semoga bisa dijadikan bahan referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Apa Itu Blockchain? Kenali Manfaatnya Sebelum Membeli Koin flagcounter