Apa Itu Bloatware & Cara Mengidentifikasinya

Apa Itu Bloatware & Cara Mengidentifikasinya

Apa Itu Bloatware? Ketika kamu membeli komputer atau telepon, biasanya disertai dengan software yang sudah diinstal sebelumnya. Beberapa di antaranya bermanfaat, sementara yang lain benar-benar menjengkelkan. Ini dikarenakan dapat menyebabkan perangkat berjalan lambat, membeku, atau macet. Mereka juga dapat menguras prosesor dan baterai, sambil memonopoli sebagian ruang penyimpanan kamu yang berharga.

Software tambahan umumnya meliputi multimedia, keamanan, internet, utilitas, dan alat produktivitas. Istilah teknis umum untuk software jenis ini adalah bloatware.

Bloatware

Apa itu Bloatware?

Isitlah lain dari ini biasanya disebut sebagai junkware, crapware, dan shovelware. Ini merupakan istilah teknis yang diberikan kepada software yang menggunakan sumber daya sistem. Dan biasanya hal ini akan mempengaruhi kinerja dan ruang penyimpanannya.

Aplikasi yang berat ini biasanya datang dalam tiga set yang berbeda. Biasanya suite software yang diinstal oleh produsen perangkat dan juga penyedia jaringan kamu. Bisa juga aplikasi dan konten yang telah dibayar oleh pihak ketiga untuk pra-instal pada perangkat.

Terkadang kamu tidak tahu mereka ada di sana atau bahkan memperhatikan mereka sampai mereka menarik perhatian.

Cara Mengidentifikasi

Bloatware hadir dalam berbagai bentuk, tetapi yang paling umum adalah trialware. Ini biasanya disertakan pada perangkat kamu secara gratis tetapi berfungsi untuk periode uji coba (30 hari hingga 6 bulan) hingga Anda membeli lisensi. Adware adalah jenis bloatware lain. Ini cukup berbahaya karena ada untuk melayani kamu dengan iklan melalui sembulan atau situs web yang ditampilkan di layar perangkat.

Jenis lainnya termasuk utilitas sistem dan beberapa aplikasi yang bermanfaat. Pabrikan PC biasanya menyertakan software mereka sendiri di komputer selain menginstal versi lengkap dari alat pihak ketiga khusus.

Dalam beberapa kasus, software tersebut dapat dihapus instalasinya, tetapi dalam kasus lain tidak bisa. Plus, mereka cenderung menduplikasi fungsi software yang sudah diinstal pada perangkat. Tujuan utama dari software ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dan memberi konsumen software tambahan yang mungkin ingin mereka gunakan.

Nah itu tadi informasi tentang bloatware yang mungkin belum kamu ketahui. Untuk menghilangkannya lebih baik diserahkan ke orang yang lebih paham. Karena jika terjadi kesalahan dapat mengakibatkan perangkat rusak.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu Bloatware & Cara Mengidentifikasinya