Apa Itu Black Friday Dan Tips Belanja Aman Saat Musin Diskon

Apa Itu Black Friday Dan Tips Belanja Aman Saat Musin Diskon

Meskipun terdengar asing namun bagi sebagian orang yang memang sudah lama terjun di dunia internet marketing tentu sangat familiar dengan istilah Black Friday. Bahkan bisa jadi mereka sangat menantikan hari tersebut, lantas apa itu Black Friday? Sehingga banyak orang yang menunggu dan membicarakannya.

Jika diartikan secara bahasa saja Black Friday memiliki arti jumat hitam, sayangnya tentu hal tersebut tidak bisa mewakili dari pengertian Black Friday itu sendiri. Ada beberapa runtutan sejarah dan asal muasal kata yang harus diuraikan agar mengerti tentang apa itu Black Friday. Dan inilah ulasan singkatnya, termasuk tentang bagaimana cara memperoleh keuntungan dari Black Friday.

Apa Itu Black Friday

Mengacu pada Wikipedia Black Friday ialah sebuah istilah yang pertama kali muncul dari Amerika Serikat. Sebuah hari yang kini setiap tahun diperingati, tepatnya yakni pada hari jumat di minggu ke empat pada bulan November atau setelah rangkain acara Thanksgiving Day.

Kisah paling populer asal muasal istilah Black Friday ialah disebabkan oleh kemacetan yang sangat luar biasa saat hari jumat di akhir bulan menjelang natal, yang diakibatkan oleh banyaknya orang pergi berbelanja. Pihak kepolisian pun akhirnya dengan terpaksa harus bekerja lembur, kemudian perasaan lelah mereka diungkapkan dengan istilah hari jumat yang gelap (Black Friday).

Momen Black Friday ini oleh para pedagang atau pelaku bisnis memang dijadikan ajang untuk mempromosikan produk mereka dengan cara memberikan diskon besar-besaran. Tentu saja tujuan utamanya ialah agar bisa memperoleh pelanggan dan brand perusahaan lebih dikenal. Meskipun demikian mereka mengatakan bahwa diskon Black Friday ialah sebuah hadiah menjelang natal dan tahun baru.

Tak hanya di Amerika Serikat, kini Black Friday pun mulai tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Di momen tersebut banyak pelaku bisnis online seperti marketplace, perusahaan web hosting, dan lain sebaginya yang mengadakan program diskon. Diskon yang ditawarkan saat Black Friday pun sangat beragam dan menggiurkan.

Namun tentunya bagi seorang customer harus lebih selektif saat ingin membeli sesuatu di momen Black Friday ini. Sebab tak jarang justru produk yang dijual dengan harga diskon ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi yang dibayangkan, atau ternyata di tempat lain ada produk serupa yang harganya jauh lebih murah. Untuk itu berikut ialah tips membeli produk diskon saat event Black Friday.

Tips Belanja Saat Black Friday

Kini Anda sutah tau apa itu Black Friday, namun bukan berarti Anda bisa dengan bebas berbelanja dan memburu potongan harga begitu saja. Harus lebih bijak dan cermat saat ingin membeli sesuatu, jangan mudah tergiur dengan harga diskon tanpa adanya pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Setidaknya ada beberapa point penting seperti di bawah ini yang bisa Anda pahami.

Lihat syarat dan ketentuannya

Ketika sudah menemukan produk yang dicari dan merasa cocok dengan promo yang ditawarkan seringkali menjadi tergesa-gesa untuk melakukan pembayar, apa lagi jika jumlah produk tersebut hampir habis dan menjadi incaran banyak orang. Sehingga tidak memperhatikan syarat dan ketentuan agar bisa mendapatkan potongan harga.

Contoh yang paling sering terjadi terkait syarat dan ketentuan diskon misalnya yakni, potongan harga atau diskon pembelian suatu produk hanya berlaku ketika memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Atau misalnya diskon hanya bisa di klaim jika sudah memenuhi batas minimal dari nominal yang dibelanjakan.

Lakukan riset produk

Tips yang kedua yakni Anda harus melakukan riset terlebih dahulu produk yang akan dibeli. Cek harga asli produk tersebut sebelum melakukan proses check out, salah satu caranya yakni dengan membandingkan harga produk serupa di toko lain.

Jika melakukan pembelian secara online, sebaiknya lihat terlebih dulu testimoni dan kepuasan dari pembeli sebelumnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Sangat disayangkan jika ternyata produk yang sudah Anda beli, ketika datang ternyata tidak sesuai dengan deskripsi produk.

Masukan produk ke keranjang pembelian

Bukan hanya saat Black Friday saja, namun disetiap hari perayaan misalnya seperti momen natal, tahun baru, menyambut hari raya, liburan sekolah, dan lain sebagainya juga banyak perusahaan yang mengadan event diskon besar-besaran.

Sayangnya, seringkali produk yang dijual dengan kategori diskon jumlahnya sangat terbatas. Sehingga antar calon pembeli harus beradu cepat melakukan proses check out agar tidak sampai kehabisan produk tersebut.

Perhatikan ongkos kirim

Membeli produk di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia memang seringkali lebih murah, apa lagi jika ditambah dengan potongan harga setelah diskon saat Black Friday. Namun hal tersebut akan sangat sia-sia jika ternyata setelah di kalkulasi antara harga produk dan biaya pengiriman jumlah harganya sama persis saat tidak ada diskon, atau tidak ada perbedaan dengan di toko offline.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut pilihlah produk atau toko online yang menyediakan fitur gratis ongkos kirim saja. Atau Anda juga bisa cek di marketplace lain, sebab sering kali kebijakan terkait gratis ongkos kirim ini berbeda-beda.

Memanajemen keuangan

Potongan harga saat Black Friday bisa saja membuat Anda tergiur untuk memiliki semua produk yang dibandrol dengan harga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga saat hari-hari biasa. Apa lagi disaat momen seperti itu, ada beberapa produsen yang memberikan diskon hingga 50% bahkan hingga 70%.

Maka dari itu buatlah list dan sekala prioritas produk apa saja yang Anda butuhkan, kemudian berikutnya persiapkan anggaran sesuai dengan batas kemampuan. Jangan sampai Anda menghambur-hamburkan uang demi memperoleh diskon, dan sebetulnya Anda tidak membutuhkan manfaat dari produk yang dibeli.

Simpan bukti pembayaran

Sesuatu hal yang tidak terduga bisa datang dalam bentuk apa saja dan dimana saja, Anda harus bisa mengantisipasi hal tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari. Maka sangat penting bagi pembeli untuk menyimpan bukti pembayaran hingga produk yang berhasil di beli betul-betul sampai dan sesuai dengan alamat pengiriman.

Overload pengunjung bisa saja menyebabkan eror disuatu sistem, baik yang berbasis digital maupun manual. Kesalahan yang paling sering terjadi saat musim diskon ialah penjual tidak menyantumkan alamat pengiriman dengan benar, sehingga produk yang dibeli tidak sampai di tangan Anda. Atau bisa saja terjadi kesalahan packing dan ternyata isi paket tertukar dengan orang lain.

Itulah ulasan yang cukup singkat terkait dengan apa itu Black Friday dan tips belanja aman saat momen-monen diskon. Semoga informasi yang disampaikan di artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Dan yang terpenting saat ingin melakukan pembelian online, baik saat momen diskon atau di hari-hari biasa Anda harus lebih cermat. Pastikan perusahaan atau produsen dari produk yang Anda inginkan bisa dipercaya, atau jika memungkinkan Anda bisa membeli produk tersebut di official resminya saja.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Apa Itu Black Friday Dan Tips Belanja Aman Saat Musin Diskon flagcounter