Alternatif Mudah Cicilan Tanpa Kartu Kredit Tokopedia

Alternatif Mudah Cicilan Tanpa Kartu Kredit Tokopedia

Ingin berbelanja daring tapi membayar dengan metode cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia? Sebelumnya, metode pembayaran non tunai dan angsuran di marketplace hanya bisa dilakukan jika pengguna memiliki kartu kredit sebagai jaminan. Jadi, angsuran akan didebet langsung setiap bulan untuk meminimalisir kemungkinan kredit macet yang merugikan vendor.

Alternatif Mudah Cicilan Tanpa Kartu Kredit Tokopedia

Untung Rugi Cicilan Kartu Kredit di Tokopedia

Tidak dapat dimungkiri bahwa metode pembayaran cicilan menggunakan kartu kredit memang cukup memudahkan bagi konsumen. Sebab, Anda tidak perlu mengisi ulang dompet akun Tokopedia lebih dulu ketika hendak berbelanja maupun memiliki uang tunai dengan metode COD. Selain itu, dengan pembayaran angsuran, biasanya konsumen merasa lebih ‘enteng’.

Jika dijabarkan, keuntungan berbelanja dengan metode cicilan kartu kredit memiliki keuntungan :

  • Mudah, praktis dan cepat karena tidak perlu ribet seperti metode pembayaran lain, apalagi tunai.
  • Ringan karena pembelian satu barang dengan nominal besar bisa diangsur beberapa kali.
  • Tokopedia menyediakan banyak promo spesial untuk transaksi menggunakan kartu kredit.

Meskipun demikian, tidak dibenarkan bila Anda tergiur hingga tidak mencoba mencari alternatif cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia. Sebab, pembayaran menggunakan metode tersebut memiliki beberapa poin kelemahan :

  • Pengajuan kartu kredit relatif sulit. Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk seseorang dianggap layak memegang privilege tersebut. Jadi, bukan merupakan alternatif pembayaran yang bisa dinikmati mayoritas buyer di marketplace seperti Tokopedia.
  • Pembayaran dengan sistem cicilan kartu kredit dikenakan bunga yang cukup besar per bulan. Jika ada promo cicilan bunga 0%, tetap saja biaya administrasi harus dibayar. Rata-rata 2,5% dari total transaksi yang jika dikalkulasi relatif membebani.
  • Pembayaran dengan kartu kredit melalui sistem angsuran tidak berlaku untuk semua produk. Hanya berlaku untuk item-item kategori tertentu dan disertai minimal transaksi yang nominalnya besar.
  • Proses refund untuk cicilan kartu kredit melewati proses yang lebih lama dibandingkan metode pembayaran lain. Jangka waktunya adalah 14 hari kerja, padahal untuk non kartu kredit dapat diselesaikan dalam tempo 1 x 24 jam saja.

Tidak heran bila kemudian muncul alternatif cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia yang lebih fleksibel bagi konsumen.

Pembayaran Sistem Cicilan Non Kartu Kredit di Tokopedia

Opsi lain pembayaran dengan angsuran di Tokopedia adalah layanan Home Credit yang disponsori oleh Kredivo yang memiliki alamat kantor di Kebayoran Lama, Jakarta. Mengusung tagline ‘Beli Sekarang, Bayar Nanti’, Kredivo memang tengah gencar menggandeng kerja sama dengan berbagai vendor untuk menggunakan layanan mereka. Termasuk juga pihak Tokopedia.

Tentu saja, agar dapat menikmati layanan cicilan dari Kredivo, Anda juga wajib melakukan pengajuan sebagaimana kartu kredit. Hanya saja, persyaratan yang dibutuhkan relatif fleksibel dan dapat diurus secara daring. Sebelumnya, Anda cukup melakukan registrasi di aplikasi Kredivo yang telah mendukung sistem operasi Android dan iOS.

Setelah itu, Anda tinggal melengkapi data-data yang dibutuhkan agar diterima sebagai anggota dan dapat melakukan transaksi pembayaran cicilan di berbagai rekanan Kredivo. Persyaratan tersebut meliputi :

  • Foto identitas yang masih berlaku, diutamakan E-ktp. Minimal usia pengajuan cicilan di Kredivo adalah 18 tahun dan berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah.
  • Swafoto bersama dengan kartu identitas tersebut.
  • Berdomisili di kota-kota yang ter-cover oleh Kredivo. Saat ini baru kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bali, Surabaya, Malang, Bandung, Semarang, Palembang, Yogyakarta, Sukabumi, Solo, Medan, Makassar dan Cirebon.
  • Memiliki penghasilan dengan minimal Rp3.000.000,- yang dibuktikan melalui slip gaji, rekening koran, dan NPWP.

Pros & Cons Sistem Cicilan Kredivo di Tokopedia

Bicara tentang untung rugi, membayar dengan sistem cicilan Home Credit dari Kredivo untuk transaksi di Tokopedia pun sama. Keunggulan dari layanan angsuran Kredivo ini di antaranya :

  • Kredivo terdaftar dalam OJK dan lembaga pengawas transaksi keuangan lain sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan.
  • Pengajuan & ACC mudah dengan konfirmasi dalam waktu kurang dari 1 jam.
  • Persyaratan tidak sesulit pengajuan kartu kredit.
  • Minimal pembelian agar cicilan disetujui lebih rendah dan kategori produk lebih beragam.
  • Proses refund atau klaim pengembalian lebih cepat, hanya dalam tempo 1 x 24 jam.
  • Cicilan dengan bunga 0% untuk medio angsuran maksimal 1 bulan.

Namun, program cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia dengan menggunakan Kredivo juga memiliki kelemahan :

  • Jangkauan masih sangat terbatas, hanya dari kota-kota besar karena disesuaikan dengan lokasi kantor-kantor cabang Kredivo.
  • Kebijakan minimal penghasilan tidak dapat menjangkau pengguna mayoritas di mana UMR rata-rata di angka 1,5 – 2 juta rupiah.
  • Keharusan memiliki slip gaji / rekening koran / NPWP tidak dapat dipenuhi oleh pengguna-pengguna yang bekerja di ranah freelance. Padahal, penghasilan pekerja lepas dewasa ini lebih tinggi dibandingkan pegawai kantoran.
  • Dikenakan biaya administrasi sama seperti layanan pembayaran kartu kredit, yaitu 2,5% dari total transaksi.
  • Cicilan dalam tempo lebih dari 3 bulan dikenakan bunga. Rasio bunga yang dibebankan relatif tinggi.
  • Risiko kebocoran data masih tinggi, terutama untuk kartu identitas dan swafoto yang dapat disalahgunakan jika diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa baik cicilan dengan kartu kredit maupu Home Credit Kredivo belum sepenuhnya menjangkau berbagai kalangan pengguna Tokopedia. Mayoritas terkendala pada persyaratan yang ditentukan alternatif cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia ini.

Pembayaran Tunai vs Non Tunai di Tokopedia, Lebih Baik Mana?

Kalau begitu, pembayaran tunai dengan non tunai di Tokopedia, lebih baik yang mana? Jawabannya relatif, disesuaikan transaksi yang Anda lakukan di marketplace tersebut. Bila transaksi Anda sedikit seperti pembelian di bawah total Rp200.000,- lebih baik memilih transaksi tunai saja. Sebab, Anda tidak akan rugi membayar biaya administrasi layanan.

Namun, jika total transaksi besar, contohnya untuk pembelian produk elektronik, maka tidak terlalu rugi meski Anda membayar biaya bulanan. Juga bunga jika masa cicilan cukup panjang. Metode pembayaran non tunai dengan angsuran Kredivo ini sangat meringankan bila ditujukan untuk transaksi kebutuhan sesuai deskripsi tersebut.

Opsi Pembayaran Lain Transaksi Tokopedia

Selain pembayaran tunai lewat dompet akun dan COD serta non tunai kartu kredit maupun cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia Kredivo, masih ada opsi lain. Pembayaran yang tidak kalah mudah ini memanfaatkan vendor pihak ketiga, yaitu OVO. Khusus untuk pelunasan transaksi dengan metode ini, Tokopedia sedang mengadakan promo  cashback besar-besaran, cara mendaftar OVO pun sangat mudah.

Jika dirinci, bisa dibilang Tokopedia merupakan marketplace dengan opsi pembayaran terlengkap saat ini. Hal ini wajar mengingat E-commerce ini merupakan pioneer. Pilihan-pilihan pembayaran yang tersedia :

  1. Dompet akun.
  2. Cash on delivery (COD).
  3. Kartu kredit.
  4. Kredivo.
  5. Transfer bank.
  6. Merchant rekanan.
  7. OVO.

Anda bebas memilih model pembayaran mana yang paling mudah sekaligus ditimbang soal untung rugi masing-masing cara pembayaran di atas. Khusus untuk angsuran memang hanya tersedia opsi kartu kredit atau cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia. Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda harus menimbang secara matang mana pilihan yang paling menguntungkan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Alternatif Mudah Cicilan Tanpa Kartu Kredit Tokopedia