9 Cara Membuat Blog SEO Friendly untuk Pemula

9 Cara Membuat Blog SEO Friendly untuk Pemula

Di era yang serba digital ini, kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dengan internet. Segala hal dilakukan dengan bantuan koneksi internet, salah satunya memperoleh informasi. Menurut Anda dimana sebagian besar orang menanyakan berbagai jenis informasi tersebut, Google, bukan? Nah, itulah pentingnya belajar SEO untuk blog yang Anda miliki. Bagaimana cara membuat blog SEO friendly untuk pemula agar nangkring di page one Google, semuanya akan diulas secara detail di bawah ini.

Cara Membuat Blog SEO

Cara Membuat Blog SEO

 

1. Tentukan Topik/ Tema

Cara membuat blog SEO yang pertama adalah mencari topik atau tema yang ingin Anda sajikan pada blog tersebut. Topik yang digunakan adalah yang relevan dengan isi blog Anda secara keseluruhan.

2. Memilih Niche

Cara membuat blog SEO berikutnya adalah melakukan riset niche yang sesuai dengan tema blog yang Anda usung. Dalam dunia blogging, niche bisa dikatakan topik, tema, atau sebuah pembahasan yang memiliki hubungan erat dengan konten blog. Niche yang dibuat harus fokus pada suatu tema sehingga dapat dikembangkan menjadi mikro niche.

Contohnya Anda ingin membuat blog dengan tema gadget, maka niche yang Anda buat adalah yang berkaitan erat dengan gadget.

Saran saja sebaiknya membuat niche yang sesuai dengan hobi atau kapabilitas Anda. Mengapa demikian? Jika Anda membuat blog untuk pemasaran produk maka gunakan niche yang berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan. Sedangkan jika Anda membuat blog untuk berbagi pengalaman atau informasi sebaiknya sesuai dengan passion yang dimiliki.

Bukankah bisa memesan artikel dari jasa penyedia artikel atau hire penulis untuk menyediakan niche yang diinginkan? Memang benar. Namun, sebaiknya sebelum diposting, cek kembali tulisan tersebut apakah sesuai dengan tema dan style Anda karena otentik, unik, dan keaslian dari sebuah konten adalah yang paling utama.

Bagi para pemula sangat disarankan memilih niche yang paling diminati sehingga akan lebih mudah dalam pembuatan artikel.

Selainitu, pastikan konten yang Anda tulis dapat dipertanggungjawabkan isinya, unik, dan solutif. Hal ini dikarenakan konten yang Anda buat merupakan sumber informasi yang dibutuhkan banyak orang sehingga isi kontennya harus dapat dipertanggung jawabkan, bukan?

3. Riset Keyword

Setelah memilih niche yang ingin Anda gunakan untuk membuat blog, langkah berikutnya adalah melakukan riset keyword.

Jika membangun blog yang sesuai dengan hobi dan minat, Anda mungkin akan lebih memiliki kepekaan terhadap keyword yang akan dijadikan artikel tanpa melakukan riset. Namun, jika Anda ingin menggunakan keywordy ang sama sekali bukan minat tentu sah-sah saja.

Beberapa pakar SEO mengatakan jika mereka memiliki banyak blog dengan keyword yang sama sekali tidak mereka kuasai. Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa yang sudah berpengalaman blogging tentu berbeda dengan para pemula yang sama sekali baru mengenal blog.

Yang sudah berpengalaman bisa menggunakan topik apapun karena sudah tahu apa yang akan dilakukan, paham sekali seluk beluk blog SEO, bisa bayar penulis, dan mengerti cara promosi blog. Sedangkan sebagian besar para pemula yang masih belajar cara membuat blog SEO masih bingung mulai dari mana, mesti belajar menegani topik, belajar promosi, dan harus belajar menulis artikel.

4. Membuat Artikel

Setelah riset keyword, cara membuat blog SEO berikutnya adalah membuat konten artikel. Tulislah artikel yang sesuai dengan tema blog, jangan asal nulis atau membeli tulisan. Buatlah konten artikel yang bermanfaat, unik, dan bisa dipertanggung jawabkan. Perhatikan dengan baik tulisan yang Anda buat atau yang Anda beli sebelum dipublikasikan.

Mempelajari ejaan dan tanda baca yang benar juga penting karena salah penulisan dalam ejaan atau tanda baca bisa jadi membuat makna yang berbeda. Oleh karena itu, untuk Anda yang serius ingin terjun blogging harus mengerti tentang penulisan yang baik dan benar.

Membuat artikel yang unik dan menarik mungkin saja tidak sulit, namun membuat artikel yang dapat membuat pembaca ingin baca lagi dan lagi itulah yang sulit. Setelah membuat konten artikel yang unik dan berkualitas sesuai dengan tema blog, posting artikel tersebut ke blog. Konsistensi membuat konten artikel adalah hal paling utama untuk membangun sebuah blog.

Selanjutnya, buatlah link antar halaman yang bertujuan untuk promosi halaman pada blog Anda. Semakin banyak pengunjung yang membaca artikel tersebut maka blog akan dianggap berkualitas.

5. Menentukan Tema/ Template Blog

Pilihlah template yang SEO friendly supaya blog yang Anda buat ini akan lebih mudah mendapatkan rangking yang baik dari hasil pencarian adalah salah. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan trafik pengunjung organik dari mesin pencarian dengan mengaplikasikan cara ini.

Berikut ini beberapa karakter umum template blog yang SEO friendly, antara lain:

  • Support terhadap semua browser
  • Responsif terhadap berbagai jenis perangkat
  • Navigasi atau menu yang friendly
  • Terhubung dengan sosmed
  • Kecepatan loading
  • Fitur yang memadai
  • Mobile friendly

6. Optimasi On Page

Optimasi on page atau SEO on page adalah melakukan optimasi SEO pada konten artikel yang akan diposting. Optimasi yang dimaksud adalah fokus dalam factor-faktor dalam artikel, seperti mengoptimalkan penggunaan keyword pada meta title, meta deskripsi, gambar, dan lain sebagainya.

Misalkan Anda menggunakan keyword ‘cara membuat blog SEO friendly’, maka judul dari artikel juga harus terdapat keyword tersebut. Untuk judul, karakter yang digunakan antara 70 sampai 78. Sedangkan meta deksripsi menggunakan 200-300 karakter. Jangan terlalu panjang ataupun pendek karena nanti akan ada pemberitahuan pada ‘search console’.

Secara sederhana, SEO on page ini merupakan langkah optimasi supaya kualitas konten yang Anda posting supaya mudah dipahami oleh pengunjung. Selain itu, SEO on page juga dapat memudahkan mesin pencari dalam menganalisa konten artikel dan blog Anda dengan keyword yang dicari.

7. Indexing

Cara membuat blog SEO berikutnya adalah Indexing sembari menunggu konten yang diposting masuk dalam Google. Supaya konten yang Anda posting cepat terindex oleh Google, share artikel ke berbagai sosial media.

8. Daftarkan ke Search Console

Daftarkan blog Anda ke Search Console adalah salah satu cara membuat blog SEO dan jangan lupa untuk submit sitemap.xml. Jika Anda menggunakan plugin All in One SEO dan Yoast, langsung aktifkan saja fitur sitemap.Umumnya, yang dimasukkan adalah page, halaman artikel, dan kategori.

9. SEO Off Page

Optimasi off page dapat membuat blog semakin naik, contohnya seperti backlink commenting, submit ke social bookmark, dan lain sebagainya. SEO off page adalah salah satu cara membuat blog SEO yang direkomendasikan untuk para blogger supaya blognya cepat naik.

Apakah cara membuat blog SEO friendly itu mudah bagi pemula? Jawabannya mungkinsajatidak. Karena ada banyak teknis yang cukup rumit terutama bagi para pemula. Namun, sebelum menjadi master tentu semua orang awalnya adalah seorang pemula. SEO memang penting, namun yang paling penting adalah menyajikan konten yang bagus dan konsisten membuat artikel.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 9 Cara Membuat Blog SEO Friendly untuk Pemula