7 Rekomendasi Situs Text to Speech Terbaik dan Gratis

7 Rekomendasi Situs Text to Speech Terbaik dan Gratis

Tren text-to-speech atau TTS awalnya ada pada teknologi Google Translate. Namun, seiring berkembangnya waktu banyak situs atau aplikasi yang menyediakan fitur serupa. Situs Text to Speech merupakan teknologi berbasis sistem artificial intelligence yang bisa mengubah atau mengonversi teks digital menjadi audio.

TTS juga dikenal dengan sebutan voice computing dimana memerlukan berbagai rekaman data suara yang kemudian diolah supaya audio yang dihasilkan mirip dengan karakter suara manusia. Teknologi ini sangat bermanfaat terutama bagi yang kesulitan dalam membaca.

Nah, untuk yang sedang mencari situs text to speech gratis dalam Bahasa Indonesia, ini dia daftar lengkapnya.

1. Google Translate

Ketika butuh aplikasi atau situs translator, Google Translate selalu menjadi opsi pertama bagi banyak orang. Seperti yang telah disebut sebelumnya, Google Translate adalah pelopor platform yang menyediakan teknologi TTS.

Meskipun merupakan platform yang menyediakan fitur menerjemahkan ke dalam banyak bahasa, Google Translate bisa dimanfaatkan untuk mengetikkan audio. Tidak tanggung-tanggung, ada 100 lebih bahasa yang disediakannya. Selain itu, platform ini juga bisa diakses dengan berbagai perangkat, mulai komputer, tab, laptop, atau smartphone.

Cara menggunakan fitur TTS dalam Bahasa Indonesia dengan Google Translate sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka Google Translate dan pilih Bahasa Indonesia kemudian tulis kata-kata yang ingin diubah menjadi audio. Selanjutnya, klik menu ‘listen” yang berada di sebelah kiri ikon microphone.

Perlu Anda ketahui bahwa ada batasan karakter yang digunakan dalam Google Translate, yaitu 1500 karakter. Oleh karena itu, sebaiknya tidak melebihi jumlah karakter yang dibatasi. Jika ingin menggunakan lebih dari 1500 karakter, Anda bisa gunakan kembali fiturnya lebih dari 1x.

Selain gratis, Google Translate juga salah satu platform dengan fitur TTS terbaik. Pasalnya, intonasi nadanya cukup baik, tidak terlalu datar, dan terus mengalami perkembangan.

2. Google Cloud Text to Speech

Masih dari Google, platform satu ini berbeda dengan sebelumnya karena Cloud TTS memang memiliki fungsi utama untuk mengubah teks digital menjadi suara. Cara menggunakan situs text to speech dari Google ini ialah dengan mengunjungi website Google Cloud Text to Speech https://cloud.google.com/text-to-speech/.

Scroll ke bawah hingga Anda bertemu menu Demo (Put Text-to-Speech into action). Tuliskan atau salin (copy paste) kata-kata yang ingin diaudiokan pada kolom yang tersedia.

Kemudian, atur pada menu Language, Voice type, Voice name, Speed, dan sebagainya sesuai keinginan Anda. Jika sudah, tekan menu ‘SPEAK IT’ untuk mengetahui hasilnya.

Menariknya lagi, Google Cloud TTS juga dibekali fitur SSML (Speech Synthesis Markup Language). SSML adalah suatu format yang digunakan untuk personalisasi audio sintesis dari TTS, seperti pengaturan untuk melafalkan angka, membuat jeda, dan lainnya.

3. ResponsiveVoice.org

Situs text to speech yang cukup terkenal selanjutnya adalah Responsive Voice karena suara serta intonasinya hampir mirip dengan suara asli. Oleh karena itu, teks yang diaudiokan ini nyaman didengar karena artikulasinya yang sangat baik. Bahkan, para pengguna memberikan nilai 9/10 untuk artikulasi narator.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu menginstalnya. Langsung saja kunjungi situs ResponsiveVoice.org, tuliskan teks yang ingin diubah menjadi audio, pilih bahasa, dan klik ‘PLAY’.

Fitur TTS pada ResponsiveVoice.org ini memiliki kekurangan, yaitu pada titik dan koma. Narator akan berhenti sendiri setelah mengucapkan 16 kata meskipun tidak ada titik atau koma sehingga beberapa kalimat terdengar kurang tepat ketika didengarkan.

4. Botika Text to Speech

Ini merupakan situs Text to Speech asal Indonesia yang bisa Anda coba. Tidak seperti ketiga platform sebelumnya, Botika hanya menyediakan fitur pilihan suara berbahasa Indonesia.

Meski demikian, terdapat 2 pilihan suara yang bisa digunakan, yaitu suara wanita dewasa yang terdengar profesional dan suara wanita muda yang terdengar lebih cepat. Layanan TTS di Botika tidak dipungut biaya namun ada pembatasan karakter. Jika ingin menambah jumlah karakter maka ada biaya yang harus dibayarkan.

Cara menggunakannya adalah dengan mengunjungi https://botika.online, kemudian tuliskan atau salin teks yang ingin diubah menjadi suara pada kotak Text to Speech yang tersedia.

Selanjutnya, pilih jenis suara yang ingin digunakan, Female 1 atau Female 2. Ketik captcha dan tekan menu PLAY untuk mengetahui hasilnya. Anda bisa mengunduh teks suara tadi dalam file audio dengan klik menu Download yang berada di sebelah PLAY.

Botika juga menyediakan layanan untuk keperluan bisnis Anda, seperti Chatbotika, Botika Pulse, Voice Botika, dan sebagainya.

5. Oddcast TTS Demo (ttsdemo.com)

Selanjutnya ada situs Oddcast yang bisa digunakan tanpa harus mengunduh aplikasinya. Jika dibandingkan dengan ResponsiveVoice, suara narator di situs TTS ini memiliki intonasi suara yang lebih datar.

Untuk penggunaan karakter yang bisa diaudiokan pun dibatasi seperti di Google Translate, yaitu maksimal 600 karakter. Akan tetapi, Oddcast memiliki kelebihan pada layanan fitur yang memungkinkan pengguna untuk modifikasi audio yang dihasilkan.Tidak heran jika banyak yang menggunakan Oddcast untuk mengubah teks menjadi audio.

Cara menggunakannya yakni Anda kunjungi situs ttsdemo.com, kemudian atur bahasa, jenis suara yang ingin digunakan (dewasa atau anak-anak), Voice, Efect, dan Level

Tuliskan atau salin teks yang ingin diubah pada kolom ‘Enter Text in Indonesia’ dan klik menu ‘Say It’ untuk melihat hasil suaranya. Untuk mengubah ada animasi yang seakan-akan sedang membacakan teks, klik saja ikon buah dadu di bagian atas.

6. Sound of Text

Tampilan situs Sound of Text ini sederhana dan dapat diakses dengan komputer atau smartphone. Akan tetapi, situs Sound of Text hanya memiliki 1 pilihan suara wanita dalam Bahasa Indonesia.

Untuk mengubah teks menjadi suara dengan Sound of Text, Anda kunjungi situsnya terlebih dahulu. Kemudian, tulis teks yang ingin diubah menjadi file audio. Selanjutnya, pilih menu Voice Bahasa Indonesia dan klik Submit.

Pada layar, akan ada pilihan ‘Play’ dan ‘Download’ dimana bisa Anda dengarkan atau langsung unduh ke dalam file mp3.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan situs ini untuk mengubah teks menjadi suara adalah jangan gunakan ‘enter’ untuk memisahkan antar kalimat 1 dengan lainnya. Cukup Anda gunakan titik atau koma untuk memisahkannya.

7. Free TTS

Situs text to speech (rekomendasi) terbaik lainnya bernama Free TTS yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Free TTS menyediakan 4 suara wanita dan pria serta 4 pilihan suara standar. Selain itu, batasan teks yang bisa diubah menjadi audio hingga 5000 karakter.

Free TTS juga memiliki fitur SSML dalam teks yang dapat membuat suara menjadi lebih natural, intonasi bervariasi, dan lebih hidup.

Untuk bisa menggunakan fitur TTS dalam teks ini adalah dengan mengunjungi situs FreeTTS.com. Tulis atau salin (copy paste) teks dalam kolom yang disediakan. Kemudian, atur bahasa, Voice, dan Convert atau Download untuk mengunduh hasilnya.

Apakah Anda sudah mencoba salah satu dari 7 situs text to speech dalam Bahasa Indonesia gratis ini?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 7 Rekomendasi Situs Text to Speech Terbaik dan Gratis