7 Rekomendasi Kamera Harga 2 Jutaan Untuk Fotografi

Memiliki hobi fotografi memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kamera. Sebagai alat pendukung utama, kehadiran kamera sangat membantu dalam menghasilkan foto-foto yang berkualitas. Tidak perlu mahal, kini kamera harga 2 jutaan saja sudah mampu bersaing dengan kamera lainnya. Beberapa merek terkenal seperti Nikon, Sony, Canon, dan lain-lain memiliki produk berkualitas bagus dengan harga yang murah.

Penasaran apa saja jenis kamera dengan harga murah tapi tetap berkualitas? Artikel ini akan membahas 7 merek kamera dengan harga 2 jutaan dan juga tips memilih kamera. Simak penjelasannya berikut ini!

Kamera harga 2 jutaan

Kamera Harga Hanya 2 Jutaan Dan Spesifikasinya

Mendapatkan kamera dengan harga murah sudah bukan menjadi kesulitan lagi di zaman yang serba canggih ini. Kehadirannya sangat diburu oleh pecinta fotografi, mulai dari kalangan amatir hingga profesional. Meskipun harganya murah, bukan berarti kamera ini dipilih secara asal-asalan. Kualitas dan spek kamera tetap harus menjadi spotlight. Untuk itu, berikut ini 7 rekomendasi kamera harga 2 jutaan dengan kualitas terbaik di kelasnya.

1. Nikon Coolpix L340

Memiliki lensa super zoom yang mampu bersaing dengan Canon SX410, membuat kamera ini memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Bagaimana tidak, dengan harga 2 jutaan saja, pecinta fotografi sudah dapat memiliki kamera dengan resolusi sensor CCD sebesar 20.2 megapixel.

Selain itu, kamera ini dibekali dengan lensa super zoom yang mampu memperbesar tampilan hingga 28x. Keunggulan lainnya juga terletak pada pencahayaan. Kamera jenis ini tetap dapat mengambil gambar dengan baik, meskipun di tempat yang minim cahaya.

Namun, layaknya kamera biasa pada umumnya, Nikon Coolpix L340 juga memiliki kelemahan. Kamera ini memiliki daya tahan baterai yang masih lemah. Dan juga kualitas perekaman video Full HD 1080p juga masih kurang bagus. Namun, kamera jenis ini juga mampu bersaing di pasaran. Terutama bagi kalangan pemula.

2. Nikon Coolpix S7000

Lensa optikal zoom sebanyak 20x serta zoom dinamis sebanyak 40x, sangat memanjakan penggunanya pada saat mengambil gambar dari jarak yang jauh. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan WiFi dan NFC, peredam getaran, serta resolusi sensor sebesar 16MP.

Tidak berhenti sampai disitu, kamera ini juga dilengkapi dengan berbagai efek kreatif dan juga suara stereo dengan video full 1080p. Kamera ini akan sangat cocok bagi penggemar kamera point and shoot.

3. Canon Power Shot SX530 HS

Jenis kamera yang satu ini dilengkapi dengan sensor CMOS. Memiliki resolusi 16 MP dan 50x optical zoom yang dapat memanjakan penggunanya dalam mengambil gambar dari jarak dekat maupun jauh.

Layar LCD pada kamera ini juga semakin menambah keunggulan Canon Power Shot SX530 HS. Penggunanya dapat melihat video maupun foto secara langsung setelah selesai pemotretan. Flash pada kamera juga sangat membantu untuk memperjelas objek yang difoto pada ruangan gelap.

4. Canon Power Shot SX620 HS

Kamera harga 2 jutaan yang satu ini memiliki dimensi ukuran yang kecil (2.3 x 5.7 x 6.3) inci. Sehingga jenis kamera ini menjadi lebih praktis apabila dibawa bepergian. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan optical zoom 25x dan mampu menangkap gambar berkualitas bagus dari jauh maupun dekat.

Sementara dalam hal videografi, kamera ini mampu merekam video 1080p HD dengan fps sebesar 30. Tidak cukup sampai disitu, Canon Power Shot SX620 HS juga dibekali dengan layar sentuh berukuran 3 inci. Sehingga pengguna dapat melihat gambar dengan mudah setelah pemotretan.

Guna memanjakan penggunanya pada saat melakukan transfer file, kamera ini dilengkapi dengan Wifi dan NFC. Sehingga, pengguna tidak perlu kesulitan lagi saat hendak memindahkan atau menyalin gambar ke perangkat lain.

5. Canon Power Shot SX420 IS

Urutan ketiga kamera harga 2 jutaan ditempati oleh canon Power Shot SX420 IS yang memiliki kualitas super zoom terbaik di kelasnya. Menyuguhkan lensa fixed dalam bentuk point-and-shoot. Selain itu, juga memiliki lensa wide-angle 24-1008 mm dan dilengkapi 42x optical zoom.

Apabila dibandingkan dengan kamera yang sama-sama memiliki super zoom, Canon Power Shot SX420 IS memang masih ketinggalan. Namun, jika dilihat dari segi harga, maka kamera ini merupakan pilihan yang tepat.

Dibekali dengan sensor CCD 20 MP dan juga prosesor gambar Digic 4+ serta AF berkualitas guna menghasilkan gambar berkualitas meski diambil dari jarak jauh. Fitur auto Smart yang terdapat pada auto fokus dapat berfungsi secara otomatis ketika memilih pengaturan berdasarkan situasi pemotretan. Kamera ini juga dilengkapi WiFi dan NFC guna mempermudah pekerjaan saat memindahkan gambar ke perangkat lain.

6. Olimpus TG-870

Merek kamera harga 2 jutaan yang satu ini sedikit kalah populer dibanding canon, Nikon, maupun sony. Padahal, Olimpus TG-870 tak kalah keren lho. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi anti air sehingga aman digunakan sampai kedalaman 50 kaki. Sehingga kamera ini mampu bersaing dan tak kalah dalam hal kinerja, bentuk, ketangguhan, dan fungsinya.

Fitur peredam getaran (shockproof) membuat penggunaan jadi lebih tenang saat menggunakan ISO yang tinggi. Sebab, kamera ini memiliki kemampuan merekam video full HD 1080p dan juga dapat mengambil gambar dengan baik, sekalipun di tempat gelap.

Ukuran lensa ultra wide 21mm dan 5x optical zoom, layar LCD, filter dan mode gratis untuk pengambilan gambar, GPS, serta Wifi, semakin memudahkan pengguna yang memilih kamera jenis ini. Bagaimana? Ternyata tak kalah menarik, ya?

7. Fuji Film X-A10

Kamera yang satu ini identik dengan body retro yang unik dan berkesan. Dan kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi super Intelligent Flash. Penggunanya hanya perlu menyesuaikan posisi kamera dengan objek yang ingin dipotret.

Ketika memotret makanan maupun objek yang berada di dalam ruangan, maka hasilnya akan sama dengan pemotretan saat mendapat sinar matahari. Kamera ini juga sangat ramah apabila digunakan oleh pemula sekalipun.
Hasil rekaman video berupa 1080p, dengan tingkat sensitif ISO mencapai 100 hingga 25600, semakin melengkapi keunggulan kamera ini. Tak sedikit yang tertarik untuk memiliki kamera jenis ini, terlebih lagi generasi millenial.

Tips Memilih Kamera Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis dan rekomendasi kamera harga 2 jutaan, kini saatnya mengetahui tips memilih kamera. Meskipun harganya murah, sebaiknya tetap terapkan prinsip saat hendak membeli kamera. Pertimbangkan kebutuhan dan spesifikasi produk yang diincar. Nah, berikut ini tipsnya!

  • Pahami Bahwa Tiap Merek Memiliki Karakteristik Yang Berbeda

Setiap kamera tentu saja memiliki karakter yang berbeda-beda. Contohnya pada kamera Sony. Kamera ini mampu mengambil gambar tanpa menyisakan efek blur serta dapat menangkap objek dengan jelas meskipun tanpa menggunakan flash. Sementara itu, pada Fuji Film, keunggulan terletak di body kamera dan tahan banting.

Lain halnya lagi dengan canon. Kamera yang satu ini memiliki beragam jenis serta sensor yang besar. Sementara untuk kamera Nikon, mengandalkan keunggulan di bagian lensa.
Kamera Nikon dapat dipasangkan dengan lensa DSLR sekalipun. Semakin banyak jenis kamera, maka pilihan juga makin beragam. Oleh sebab itu pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran dana.

  • Sensor Kamera

Umumnya, kamera digital dengan harga rendah hanya menawarkan dua jenis sensor. Yaitu CMOS dan CCD. Untuk sensor CCD, dibuat khusus hingga memiliki ketajaman warna dan respon yang sensitif terhadap cahaya. Namun, jenis ini juga memiliki kelemahan. Yaitu baterai yang boros sehingga perlu untuk memiliki baterai cadangan jika hendak digunakan dalam waktu yang lumayan lama.

Sementara sensor CMOS adalah kebalikan dari CCD. Daya baterainya lebih hemat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Namun, untuk kualitasnya masih dibawah sensor CCD.

  • Kualitas Rekaman

Apabila seseorang memilih kamera digital dengan tujuan untuk keperluan vlogging, maka sebaiknya perhatikan kemampuan auto fokus kamera tersebut. Jika suatu kamera memiliki kemampuan auto fokus yang baik, maka video yang dihasilkan menjadi bagus. Selain itu, untuk keperluan vlogging, pilihlah jenis kamera dengan LCD menghadap ke depan.

  • Perhatikan Spesifikasi Serta Fitur Tambahan Lainnya Yang Ditawarkan

Beberapa fitur tambahan yang sifatnya dapat menjadi penting seperti peredam getaran, waterproof, hingga dustproof. Sebab fitur-fitur tersebut menjadi berguna terutama untuk pengambilan gambar yang dilakukan di luar ruangan. Selain itu, fitur layar sentuh, ketersediaan Wifi maupun NFC, dan GPS juga dapat menjadi pertimbangan saat memilih kamera.

  • Bobot Dan Ukuran

Kamera Pocket maupun mirrorless umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan kamera DSLR. Sehingga, kamera jenis ini lebih praktis jika dibawa kemana-mana. Namun, beberapa fungsinya tidak sebanyak DSLR. Oleh karena itu, ketika membeli kamera, sesuaikan dengan kebutuhan dan juga pertimbangkan space untuk menyimpan kamera jika ingin dibawa bepergian.

Nah, itulah 7 rekomendasi kamera harga 2 jutaan beserta tips memilih kamera. Melihat beragamnya model dan spesifikasi yang ada, memiliki kamera dengan harga murah bukanlah sesuatu yang mustahil lagi. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menemukan kamera yang cocok untuk aktifitas fotografi, ya!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar