7 Pertimbangan Wajib dalam Memilih Saham Bagus Hari Ini

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh investor saham adalah mengupdate informasi tentang investasi, pasar lokal, maupun pasar global. Setiap kondisi perekonomian dapat mempengaruhi keputusan investasi saham. Kondisi perekonomian lokal maupun global yang dapat mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan juga dapat mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut di bursa efek. Meski demikian, pilihan saham hari ini di kalangan investor akan dipengaruhi oleh banyak aspek, bukan hanya kondisi pasar namun juga kinerja saham perusahaan pada periode tertentu.

Saham Bagus Hari Ini

Memilih Saham Bagus Hari ini: Apa Yang Perlu Diperhatikan?

Para pakar mengatakan “Kerjakan PR anea sebelum membeli saham!” Tidak semua investor memiliki pengetahuan yang cukup untuk memilih saham bagus hari ini. Anda tentunya menginginkan saham dengan nilai yang bagus, terutama jika ingin menjadikannya sebagai opsi investasi jangka panjang, bukan? Berikut adalah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih saham:

Pertumbuhan Pendapatan

Sebelum membeli saham sebuah perusahaan, pastikan anda memperhatikan pertumbuhan pendapatan perusahaan tersebut. Apakah trend pendapatannya naik atau turun dari waktu ke waktu? Jika naik, ini adalah satu indikasi bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik. Kenaikan tersebut tidak mesti drastis. Meski kecil, perbaikan secara perlahan namun konsisten merupakan indikator yang positif dibanding fluktuasi yang tajam.
Stabilitas

Volatilitas adalah sifat alamiah dari pasar saham. Pada titik tertentu, harga saham perusahaan bisa saja turun drastis. Namun, yang lebih penting adalah stabilitas jangka panjang. Secara umum, garis trend (trend line) terus naik meski tidak drastis. Cobalah menemukan perusahaan yang menunjukkan trend line seperti ini. Perusahaan yang menunjukkan sedikit penurunan dan kemudian menguat lagi adalah kandidat yang baik untuk pilihan saham bagus hari ini. Tidak masalah jika perusahaan tersebut juga mengalami masalah ketika perusahaan lainnya juga bermasalah. Namun, perusahaan yang kinerjanya baik akan pulih lebih cepat.

Kekuatan Relatif

Cobalah melihat posisi perusahaan tersebut dalam skala industri. Apakah perusahaan target anda memiliki potensi masa depan yang baik. Saat memilih saham di sebuah industri, seperti industri energi, cobalah melihat posisi perusahaan tersebut dibanding perusahaan lain di industri yang sama. Apakah posisinya lebih baik dibanding para pesaingnya? Jika Apakah ada keunggulan yang membuatnya tampak menonjol? Jika demikian, berarti anda telah menemukan pilihan yang tepat.

Rasio Hutang-Ekuitas

Semua perusahaan pastinya memiliki hutang, termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti Apple atau Amazon. Anda justru bisa mempertimbangkan hutang sebuah perusahaan sebagai salah satu indikator dalam memilih saham. Perhatian rasio hutang perusahaan dibanding ekuitasnya. Cara mendapatkan rasionya adalah: jumlah hutang di neraca perusahaan dibagi dengan jumlah total ekuitas pemegang saham. Nilai rasio dengan tolerasi resiko rendah adalah 0.3 atau kurang.

Meski demikian, tetap ada pengecualian. Misalnya, perhatikan rasio hutang-ekuitasnya dalam skala industri. Perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi umumnya sangat bergantung dengan hutang untuk pendanaan perusahaan. Jadi, rasio hutang-ekuitasnya mungkin lebih tinggi. Jadi, pastikan anda memilih sesuai dengan norma yang berlaku industri tersebut.

Rasio Harga-Pendapatan (Rasio P/E)

Anda mungkin jarang menemukan informasi semacam ini. Rasio P/E menunjukkan ukuran sejauh mana pengaruh harga saham terhadap pendapatan perusahaan. Saat menggunakan analisis fundamental dan strategi investasi berbasis nilai, rasio P/E dianggap sebagai salah satu indikator utama. Rumus untuk menghitung rasio P/E adalah: harga saham saat ini dibagi pendapatan per lembar saham. ‘

Misalnya: Jika harga saham sebuah perusahaan adalah $40 per lembar, dan pendapatan per lembarnya adalah $2,50, maka rasio P/E adalah 16. Semakin tinggi rasio P/E sebuah perusahaan, semakin besar peluang pertumbuhannya di masa mendatang. Rasio P/E bukanlah satu-satunya pertimbangan dalam memilih saham bagus hari ini, namun angka ini sangat membantu untuk membandingkan kinerja sebuah perusahana dibanding saingannya di sektor yang sama.

Manajemen

Kepemimpinan di sebuah perusahaan juga merupakan faktor yang mesti dipertimbangkan dengan seksama. Cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Sejauh mana anda mempercayai orang-orang yang ada di unsur pimpinan perusahaan tersebut?
  • Apakah kepemimpinan mereka mampu mendorong terciptanya budaya organisasi yang stabil dan berkelanjutan?
  • Apakah kepemimpinan mereka cukup adaptif?
  • Seperti apa kontribusi mereka bagi perusahaan dan masyarakat?

Sebuah perusahaan yang dikelola dengan baik biasanya menunjukkan trend harga saham yang terus meningkat. Namun, jangan lupa memperhatikan skandal yang ada atau pernah terjadi. Sulit mengukur dampak dari sebuah skandal terhadap perusahaan, namun jika anda membeli saham saat harganya turun, bisa jadi anda mendapatkan keuntungan besar kelak. Namun, pastikan perusahaan tersebut memiliki riwayat kinerja yang baik.

Dividen

Faktor penting lainnya dalam mempertimbangkan saham bagus hari ini adalah dividen. Sebuah perusahaan yang stabil dan berkinerja baik pastinya mampu membayar dividen bagi pemegang sahamnya. Akan lebih bagus lagi jika dividen tersebut meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Lihat trend-nya dalam jangka panjang.
Selain itu, anda juga mesti hati-hati melihat perusahaan yang membayar dividen yang sangat tinggi. Kenaikan nilai dividen secara tiba-tiba tidak selalu bermakna positif. Bisa jadi perusahaan tersebut tidak berinvestasi dengan baik. Lebih baik anda memilih perusahaan yang membayar dividen dengan angka sedang, namun teratur, dan trend-nya meningkat.

Memilih Saham Bagus Hari ini: Seputar Bursa Efek

Di atas adalah tujuh indikator yang perlu anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu perusahaan. Selain itu, ada beberapa informasi umum yang perlu anda ketahui, terutama jika anda ingin berinvestasi pada perusahaan skala global. Sebagai seorang investor, anda mesti mengenal beberapa istilah dasar di pasar saham. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Bursa Efek Indonesia (BEI)

Juga dikenal dengan Indonesia Stock Exchange (IDX), BEI adalah pihak penyelenggara atau penyedia sistem dan prasarana di mana pihak-pihak yang berkepentingan bisa melakukan transaksi jual beli efek. Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah milik pemerintah. Sebelum menjadi BEI, ada dua bursa efek di Indonesia, yakni Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan satu lagi Bursa Efek Surabaya (BES). Pemerintah menyatukan keduanya menjadi BEI padatanggal 01 Desember 2007 untuk alasan efektivitas operasional dan transaksi.

Anda bisa mengunjungi situs resmi BEI, yakni IDX.co.id, untuk mendapatkan informasi terupdate seputar harga saham, seperti indeks harga saham gabungan (IHSG), ringkasan perdagangan, daftar perusahaan di BEI, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mendapatkan referensi saham bagus hari ini di situs resmi BEI ini.

NYSE dan Nasdaq

Selain informasi pasar saham dalam negeri, investor yang bergerak dalam investasi saham di perusahaan multi-nasional dan global juga perlu update informasi dari bursa efek dunia, seperti New York Stock Exchange (NYSE) dan Nasdaq – dua bursa efek terbesar di dunia. Sama halnya dengan BEI, dua bursa efek ini menyajikan informasi terupdate tentang pasar saham skala global.

Seiring dengan berjalannya waktu, anda harus tetap belajar tentang istilah-istilah penting dana tool analisis yang bisa membantu anda dalam memilih saham bagus hari ini dan memiliki potensi pertumbuahn yang besar.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar