7 Daftar Mic Youtuber Murah Cocok Untuk Youtuber Pemula

7 Daftar Mic Youtuber Murah Cocok Untuk Youtuber Pemula

Seiring maraknya dunia youtube banyak orang memburu beragam aksesoris untuk membuat konten youtube seperti halnya mic youtuber. Alat ini adalah salah satu yang cukup penting untuk mendukung pembuatan konten yang bagus. Mic atau microphone digunakan para vlogger dan youtuber untuk memberikan suara yang lebih jernih.

Secara umum sebuah kamera memang telah dilengkapi dengan microphone internal. Namun suara yang dihasilkan tidak maksimal. Oleh karenanya dibutuhkan mic external untuk menyaring suara agar terdengar lebih halus dan jernih. Adapun jenis konten yang sering menggunakan mic external antara lain seperti konten vlog atau gaming.

Mic youtuber

Jenis-Jenis Microphone Youtuber

Sebelum bicara mengenai rekomendasi microphone youtuber yang murah dan berkualitas. Alangkah lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis microphone. Secara umum jenis mic external yang biasa dipakai para youtuber terbagi menjadi 3 yakni Lavalier Microphone, Condenser Microphone dan Shotgun Microphone. Untuk lebih jelasnya simak uraian di bawah ini.

  • Lavalier Microphone

Microphone lavalier atau sering juga disebut dengan microphone kerah, microphone klip, microphone pribadi atau microphone tubuh. Merupakan jenis microphone berciri khas kecil yang biasanya digunakan untuk acara televisi, teater, atau kegiatan lain yang dilakukan di tempat umum. Yakni menggunakan electret sebagai media input untuk menangkap suara dari luar.

Sering kali dipasang pada kerah atau bagian lainnya yang tidak akan mengganggu penampilan pengguna karena bentuknya yang kecil. Kabelnya dengan mudah disembunyikan di bagian dalam pakaian yang secara otomatis akan terhubung dengan pemancar frekuensi yang tersimpan di saku celana atau diselipkan di sabuk.

  • Condenser Microphone

Microphone condenser merupakan mic yang dapat merubah suara akustik menjadi elektromagnetik dari media seperti diafragma sebagai receiver untuk menerima getaran suara. Mic jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan audio rekaman dan tidak jarang pula digunakan para youtuber untuk merekam suara di dalam ruangan.

  • Shotgun Microphone

Sedikit berbeda dengan dua jenis microphone sebelumnya, mic yang satu ini hanya menerima sinyal suara satu arah saja. Berbentuk menyerupai silinder membuat mic jenis ini menghasilkan kualitas suara yang sangat baik karena hanya menerima suara dari yang diarahkan. Shotgun microphone sering digunakan untuk kegiatan shooting, namun tidak sedikit juga youtuber yang menggunakan jenis ini.

Beberapa Daftar Microphone External

Microphone seperti apa yang seharusnya digunakan? Nah, sebagai bahan pertimbangan berikut ini beberapa mic external untuk youtuber yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi saat akan membelinya. Tentunya akan mendukung aktivitas saat akan membuat konten.

1. Boya BY- GM10

Mic youtuber yang pertama adalah Boya BY GM10. Microphone ini merupakan jenis microphone lavalier yang diciptakan khusus untuk kamera seperti Gopro. Dengan harga yang cukup terjangkau, tidak heran bila mic tipe ini menjadi salah satu yang paling laris digunakan oleh para youtuber.

Dilengkapi dengan konektor mini USB menjadikan suara yang dihasilkan jauh lebih baik dibanding dengan suara dari bawaan kamera. Harga yang dibandrol di pasaran yakni sekitar Rp. 245.000,00. Cocok buat yang mulai terjun ke dunia youtuber dengan modal yang tidak terlalu besar.

2. Boya Mini BY-VM01

Pilihan lain buat para vlogger dan youtuber ialah microphone tipe Boya Mini BY-VM01. Suara yang dihasilkan tidak kalah dengan microphone lain sejenisnya. Selain itu bentuknya yang kecil stylish dan dinamis mudah dibawa kemana saja. Microphone condenser ini dirancang untuk merekam suara saat recording audio sehingga suara yang dihasilkan akan lebih jernih.

Mic ini juga compatible dengan kamera LSR dan camcorder. Selain itu dilengkapi juga dengan kabel stop yang berfungsi sebagai penahan kabel di tempat agar tidak terekam dengan sengaja. Harga mic youtuber ini berkisar Rp. 460.000,00 jadi cukup terjangkau dengan kualitas yang tentunya tidak mengecewakan.

3. Boya Clip On Lavalier Microphone BY-M1

Boya Clip On Lavalier Microphone BY-M1 merupakan microphone jenis lavalier yang cocok untuk penggunaan audio recorder. Clip on lavalier tipe ini dirancang untuk smartphone, camera Nikon, Canon juga compatible dengan audio recorder, camcorder dan PC. Cocok untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Merupakan high quality condenser yang ideal untuk segala macam video.

Memiliki panjang kabel sekitar 5.7 meter yang telah terintegrasi dengan 3,5 mm 4 pole gold yang selanjutnya dihubungkan dengan ponsel atau kamera. Serta memiliki fitur low handling noise yang dapat menjernihkan suara. Sedangkan harga yang ditawarkan tidak akan menguras kantong. Dipasaran clip tipe ini dihargai sekitar Rp. 200.000,00

Beli Boya Clip On Lavalier Microphone By M1 Sekarang
Beli di TokopediaBeli di BukalapakBeli di LazadaBeli di Shopee

4. Takstar TCM-370

Pilihan buat para youtuber yang sedang mencari harga murah selanjutnya mungkin mic youtuber tipe ini jawabannya. Ya, Takstar TCM-370 memang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 245.000,00 tapi kualitas dan spesifikasinya tidak kalah dengan microphone lain yang harganya lebih mahal. Memiliki port input 3,5 mm menjadikan mic mungil ini dapat digunakan hampir disemua perangkat.

Takstar TCM-370 mulai dirilis tahun 2017 hingga kini keberadaannya dipasaran selalu dicari orang. Memiliki sensitivity 45 Mv/Pa dan frequensi response 50-18000Hz membuat microphone ini sangat jernih saat digunakan untuk merekam suara.

5. BM-800

Ingin berkecimpung di dunia recording atau audio production? Jika jawabannya iya, maka memilih microphone condenser BM-800 adalah solusi yang tepat. Secara teknis mic jenis kondensor memang dirancang untuk mengkonversi gelombang analog menjadi digital. Ini membuatnya dapat menghasilkan suara yang jauh lebih baik dari speaker bawaan kamera.

Selain itu BM-800 dapat langsung terhubung dengan PC tanpa harus menggunakan alat bantu lainnya. Dengan harga dan kualitas yang baik tidak heran bila mic youtube jenis ini selalu laris dipasaran. Harga yang ditawarkan juga sangat cocok bagi para youtuber pemula yakni sekitar Rp. 220.000,00 per unitnya.

6. Krezt Ecm 1001

Microphone youtuber Krezt Ecm 1001 merupakan microphone condenser clip on dengan wired microphone atau mic yang menggunakan kabel. Sangat ideal digunakan dalam acara – acara seperti ceramah, seminar, talk show atau acara yang membutuhkan sound instrument acoustic seperti biola, gitar dan lain – lain.

Suara yang dihasilkan sangat jernih dengan sensitivitas yang sangat baik serta merupakan salah satu jenis microphone condenser electret. Memiliki frequency response 20 – 20000 Hz dengan panjang kabel 11 meter dan menggunakan baterai AA1. Untuk harga mic Krezt Ecm 1001 ini dibandrol dengan harga bersaing yakni sekitar Rp. 180.000,00

7. Opticpro Wireless Clip On OP-WC1

Buat yang punya mobilitas tinggi microphone youtuber ini bisa jadi pilihan tepat. menggunakan teknologi wireless sehingga memungkinkan dapat menerima suara dari jarak jauh. Jarak maksimal yang dapat dijangkau oleh mic dan receivernya adalah 5 meter. Memiliki frequency responses 80 to 12500 Hz dan harga Opticpro Wireless Clip On OP-WC1 berkisar antara Rp. 350.000,00.

Salah satu kunci membuat konten yang baik dan berkualitas adalah dengan suara jernih yang dihasilkan. Tidak hanya gambar peran suara juga tak kalah penting. Itulah sebabnya para youtuber selalu melengkapinya dengan microphone external. Itulah beberapa microphone youtuber yang biasa dipakai oleh para konten creator. Semoga ulasan di atas bisa jadi acuan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan. Terima kasih.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 7 Daftar Mic Youtuber Murah Cocok Untuk Youtuber Pemula