7 Cara Mempercepat Jaringan WIFI

7 Cara Mempercepat Jaringan WIFI

Sekarang ini masyarakat lebih membutuhkan internet daripada hal lainnya sebab internet ini memiliki fungsi yang sangat banyak sekali, seperti membantu proses belajar mengajar dan juga membantu pekerjaan masyarakat. Untuk bisa menggunakan internet setiap hari biasanya masyarakat memasang WIFI di rumah mereka.

Untuk masyarakat yang sudah memasang WIFI pasti sering sekali mengalami masalah jaringan WIFI tidak lancar, masalah seperti ini sebenarnya sangatlah wajar karena ada banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut. Masalah ini sebenarnya bukanlah masalah besar karena ada cara mempercepat jaringan WIFI, kalau mau tahu caranya seperti apa bacalah ulasan berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Jaringan WIFI Bermasalah

Masyarakat pasti tidak akan merasa nyaman kalau sedang menggunakan internet ternyata koneksinya lambat, kejadian seperti ini bisa menyebabkan proses download ataupun menonton video streaming tidak lancar. Masalah ini tidak hanya dirasakan masyarakat yang menggunakan internet di ponsel tetapi yang menggunakan WIFI juga sering merasakan.

Pengguna jaringan WIFI memang lebih beruntung dibandingkan pengguna voucher internet karena jaringan WIFI lebih stabil dan juga bandwidthnya lebih besar. Kalaupun nantinya jaringan ini bermasalah tidak terlalu sulit untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengguna internet tinggal mempraktekkan beberapa cara berikut ini pasti jaringan normal kembali.

  • Meletakkan Router di Tempat yang Strategis

Koneksi internet bisa lancar apabila router yang digunakan diletakkan di posisi yang tepat, kalau sampai posisi router dipilih secara sembarangan akan mengakibatkan efektivitas router akan berkurang. Untuk posisi yang paling tepat yaitu di tempat yang agak tinggi tetapi tidak tertutup.

Jadi kalau di rumah masih menyimpan router di tempat yang tertutup segera saja ganti lokasinya menjadi tempat yang terbuka seperti di atas lemari ataupun di atas meja. Kalau sudah diganti posisinya pasti koneksi internet akan menjadi lebih cepat.

  • Mengatur Posisi Antena Router

Selain posisi lutut harus dirubah ternyata posisi antena juga perlu diatur sebab posisi antena ini sangat berpengaruh pada kondisi internet. Kalau posisinya sampai tidak bagus maka akan sulit menangkap sinyal sehingga koneksi menjadi sangat buruk.

Agar tidak mengalami hal tersebut maka cobalah cara mempercepat jaringan WIFI dengan cara merubah posisi antena sampai koneksinya lancar. Agar tahu posisi sudah tepat atau belum selama mengatur posisi ini juga harus menggunakan internet seperti streaming video atau browsing, kalau tidak mengalami buffering berarti posisinya benar.

  • Menggunakan Aplikasi

Sekarang untuk mengetahui bagus tidaknya jaringan WIFI sudah sangat mudah tinggal gunakan saja aplikasi seperti aplikasi Heatmapping. Aplikasi ini tidak langsung berubah koneksi internet yang lambat menjadi cepat, cara kerja aplikasi ini adalah membantu pengguna internet agar bisa melihat efektivitas cakupan sinyal WIFI.

Jadi nantinya pengguna tidak akan merasa bingung lagi mencari posisi yang bagus karena pencarian posisi sudah dilakukan oleh aplikasi yang satu ini. Kalau aplikasi sudah menunjukkan posisi, pengguna internet tinggal menggeser ke posisi yang disarankan aplikasi.

  • Merubah Jaringan WIFI

Jika masalahnya ada di jaringan WIFI sebaiknya langsung berubahnya, WIFI yang tadinya bisa bebas digunakan siapa saja maka batasi pengguna WIFI dengan cara buat password di jaringan hotspot. Kemudian jika sudah ada password, tetangga atau pihak luar tidak akan bisa tersambung dengan jaringan WIFI.

Kalau yang menggunakan WIFI jumlahnya sedikit maka jaringan atau koneksi internet pasti akan lancar. Untuk tahu waktu yang tepat merubah jaringan tersebut maka lihat dulu berapa total pengguna WIFI, jika yang menggunakan sudah melebihi batas wajar makan ganti jaringan menjadi menutup barulah koneksi internet wajar kembali.

  • Mengubah Frekuensi

Dulu frekuensi di WIFI hanya ada satu saja tetapi sekarang jenis frekuensinya menjadi dua yaitu itu 5 GHz dan juga 2,4 GHz. Masyarakat yang baru pertama kali menggunakan pasti tidak tahu mana frekuensi yang bagus, dan karena tidak perlu hal tersebut maka membuat pengguna WIFI menyesuaikan frekuensi dengan pengaturan pabrik.

Seharusnya frekuensi wajib diganti, kalau tadinya menggunakan frekuensi 2,4 GHz maka harus diganti ke frekuensi 5 GHz. Tetapi kalau pengaturan frekuensi ini sudah menggunakan 5 GHz maka tidak perlu merubah frekuensi cukup rubah saja posisi antena ataupun posisi router.

  • Gunakan Saluran Yang Sepi

Selain mengganti frekuensi ternyata ada juga cara mempercepat jaringan WIFI yang lain yaitu dengan gunakan saluran yang tidak terlalu ramai. Umumnya saluran yang digunakan yaitu saluran 1 dan juga 6, tetapi ada juga yang menggunakan saluran 11. Kalau saluran yang digunakan adalah saluran tersebut jelas koneksi lambat sebab hampir semua pengguna WIFI menggunakan salah satu saluran tersebut.

Agar tidak mengalami masalah dengan koneksi internet maka harus cepat-cepat mengganti saluran di router. Cara menggantinya cukup mudah yaitu masuk ke pengaturan saluran yang ada di router dan pilih saluran yang diinginkan. Saluran yang paling bagus berada di frekuensi 5 GHz jadi segera pindahkan saja ke frekuensinya ke frekuensi yang ini.

  • Gunakan Perangkat Penguat Sinyal

Koneksi lambat memang menjadi permasalahan yang cukup pelik karena dengan lambatnya koneksi tersebut kegiatan browsing ataupun streaming video menjadi terganggu dan masalah seperti ini seringnya disebabkan sinyal WIFI yang lemah. Agar sinyal tidak lemah lagi maka manfaatkan perangkat repeater yang bisa memperkuat sinyal.

Jadi setelah menggunakan perangkat ini cangkupan sinyal akan menjadi lebih luas sehingga koneksi bisa lebih stabil dibandingkan sebelum menggunakan perangkat. Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil sangat dianjurkan untuk menggunakan perangkat satu ini sebab di daerah terpencil biasanya sinyalnya lemah.

3 Penyebab Utama WIFI Lemot

Pengguna WIFI tidak hanya harus tahu cara mempercepat jaringan WIFI saja tetapi juga harus tahu apa saja yang menyebabkan jaringan tersebut sampai bermasalah. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut timbul, dan untuk tahu apa saja penyebabnya maka bacalah penjelasan berikut ini.

Kabel LAN Terputus

Penyebab pertama yang membuat jaringan bermasalah yaitu kabel LAN yang ada di router putus, kabel ini bisa putus dikarenakan pengguna salah menyambungkan kabel atau yang harusnya tersambung malah belum disambungkan. Kalau memang tidak tahu masalah perkabelan ini sebaiknya hubungi pihak provider saja untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Posisi Router Terlalu Rendah

Posisi router yang terlalu rendah juga menyebabkan jaringan sering bermasalah, posisi tersebut menyebabkan router sulit menerima sinyal. Jadi sebaiknya posisi router ini harus berada di tempat yang tinggi dan juga strategis, contohnya letakkan di ventilasi pintu atau juga bisa ditempelkan di tembok.

Terlalu Banyak Yang Menggunakan WIFI

Pengguna WIFI yang terlalu banyak juga menjadi penyebab utama lambatnya koneksi internet jadi cara mempercepat jaringan WIFI adalah membatasi pengguna. Cara membatasi pengguna cukup mudah yaitu dengan membuat password yang rumit, dengan adanya password tersebut yang bisa menggunakan jaringan WIFI hanyalah orang yang tahu password saja.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 7 Cara Mempercepat Jaringan WIFI