6 Cara Jualan di Tiktok Paling Menguntungkan

6 Cara Jualan di Tiktok Paling Menguntungkan

Tiktok menjadi media sosial yang populer belakangan ini. Tak heran banyak creator bermunculan dari aplikasi ini. Fitur utama Tiktok yaitu membuat video dengan beragam fitur didalamnya. Dengan banyaknya pengguna Tiktok di Indonesia, tentu saja membuka peluang bisnis untuk jualan di Tiktok. Cara jualan di Tiktok juga sangat mudah dan terbukti menguntungkan.

Bahkan banyak online shop yang berhasil meraih keuntungan dari review produk atau video Tiktok lain yang membahas produknya. Video dengan hastag “#racuntiktok” berhasil mengangkat UMKM Indonesia menjadi lebih besar.

Hal ini menjadi bukti bahwa Tiktok menjadi media sosial yang membuka peluang bisnis besar dan meningkatkan keuntungan. Pastinya untuk jualan di Tiktok harus mengetahui algoritma Tiktok atau membuat video Tiktok kita muncul di beranda pengguna Tiktok lainnya.

Istilahnya yaitu “FYP” atau For Your Page. Video yang berhasil FYP biasanya mendapatkan banyak insight dan penontonnya bisa menambah traffic di akun media sosial kamu.

Cara Jualan di Tiktok Tanpa Modal

Jika ingin jualan di Tiktok dan mendapatkan banyak keuntungan, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikut:

1. Buat Akun Bisnis

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah buatlah akun Tiktok bisnis. Hal ini bertujuan untuk lebih profesional.

Untuk mendaftar ke akun bisnis, kamu hanya perlu menulis email dan nama toko sesuai dengan nama bisnis kamu. Ubah akun saya menjadi akun bisnis dan pilih kategori bisnis kamu.

Jangan lupa pasang foto profil dan tambahkan link e-commerce di profil Tiktok.

2. Maksimalkan Fitur dan Buat Konten yang Sedang Tren

Untuk membuat video jualan di Tiktok, tentu saja harus memaksimalkan fitur yang tersedia di Tiktok. Mulai dari musik, filter, stiker dan lainnya. Selain itu buatlah video yang sedang tren.

Kamu bisa mengunggah video yang menarik. Pengguna Tiktok tidak akan tertarik jika kamu memposting video berkaitan dengan produk kamu terus tanpa diselingi dengan hiburan lain.

Oleh sebab itu kamu bisa buat konten perkenalan bisnis sampai review produk. Buatlah video se-kreatif mungkin agar cepat viral. Masukkan juga lagu-lagu yang sedang viral agar video kamu cepat FYP.

3. Tambahkan Hastag

Hastag menjadi salah satu cara yang paling berpengaruh untuk membuat video kamu dikenal banyak orang. Buatlah hastag yang sesuai dengan konten yang kamu buat.

Misalnya kamu bisa buat hastag “#fyp”, “#racunShopee” dan lainnya. Dengan hastag ini biasanya video kamu bisa cepat viral dan mendatangkan banyak calon pelanggan ke profil Tiktok kamu.

Selain menggunakan hastag yang sedang populer, kamu juga bisa membuat hastag sendiri yang bisa menjadi campaign brand yang kamu miliki. Strategi ini juga bisa mendatangkan banyak penonton ke video kamu dan tentu saja penonton ini bisa menjadi calon konsumen.

4. Pasang Iklan TikTok

Kamu bisa menggunakan Tiktok ads untuk membuat video kamu dikenal lebih luas. Ada beberapa jenis Tiktok ads yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini:

  • Pre-rollads, yaitu iklan muncul setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feedads, yaitu iklan muncul di feed
  • Promoted hastag challenges, yaitu menggunakan hastag khusus
  • Branded effects, yaitu menggunakan filter khusus untuk menampilkan brand milikmu.

5. Masukkan Link Marketplace

Cara jualan di Tiktok selanjutnya yakni masukkan link marketplace. Link ini akan mempermudah calon pelanggan untuk langsung masuk ke halaman marketplace dan membeli produk yang kamu tawarkan.

Ketika kamu membuat video di Tiktok, jangan lupa untuk masukkan link marketplace atau sosial media bisnis kamu. Masukkan semua link marketplace yang kamu miliki seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Kamu juga bisa gunakan fitur Live Tiktok untuk jualan. Semua pengguna Tiktok yang menonton siaran langsung kamu, bisa langsung mengunjungi link yang sudah kamu selipkan.

6. Kerjasama dengan Content Creator Tiktok

Jika kamu ingin banyak pengguna Tiktok yang membeli produk yang kamu jual, maka kamu bisa kerja sama dengan konten creator Tiktok lainnya.

Selain menambah banyak konsumen, influencer Tiktok ini juga bisa meningkatkan awareness untuk brand yang sedang kamu buat. Influencer Tiktok inilah yang akan membuat konsumen semakin terpikat.

Jika di Instagram kita bisa endorse selebgram, maka di Tiktok kamu juga bisa melakukan hal yang sama.

Misalnya kamu jualan skincare, maka kamu bisa pilih konten creator Tiktok yang sering membuat konten tentang skincare dan make up. Biasanya konten video yang mereka buat seperti review atau tutorial memakai produk.

Influencer Tiktok bisa meningkatkan penjualan karena mereka memiliki followers yang bisa tertarik dengan produk yang kamu jual.

Jika kamu sudah mendaftar ke akun bisnis, maka kamu bisa memanfaatkan fitur Tiktok shop untuk berjualan. Cantumkan semua media sosial, link e-commerce, nomor WhatsApp dan website bisnis kamu.

Itulah beberapa cara jualan di Tiktok tanpa modal dan menguntungkan. Pastikan kamu membuat video Tiktok yang kreatif dan unik agar video kamu cepat viral.

Jika ada budget lebih, kamu bisa manfaatkan fitur iklan agar video kamu menjangkau lebih banyak pengguna yang bisa menjadi traffic bisnis kamu. Apalagi budget memasang iklan di Tiktok relatif murah dan bisa menarik banyak pelanggan.

Cara Mendaftar Tiktok Shop

Setelah kamu mendapatkan beberapa tips untuk jualan di Tiktok, selanjutnya kamu bisa memanfaatkan fitur Tiktok shop yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Tiktok shop akan mempermudah semua pengguna Tiktok untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Tiktok shop bisa menjadi channel penjualan online yang bisa memberikan banyak keuntungan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendaftar ke Tiktok shop:

  • Pastikan akun Tiktok kamu sudah diubah menjadi akun bisnis. Jika belum, maka ubalah akun Tiktok kamu ke akun bisnis dengan cara diatas.
  • Selanjutnya kamu bisa buka aplikasi Tiktok shop, lalu nanti muncul pop up pemberitahuan “becomeseller”.
  • Setelah itu kamu bisa sign up menggunakan akun Tiktok yang sudah kamu miliki sebelumnya dan sudah diubah ke akun bisnis.
  • Lalu isi semua informasi yang dibutuhkan seperti nomor telepon, email dan lainnya.
  • Selanjutnya isi data profil seller Tiktok shop dan sesuaikan dengan nama online shop kamu. Bisa tulis nama toko atau jenis usaha.
  • Jika sudah diisi semua, kamu bisa klik “Lanjutkan” dan tunggu pihak Tiktok shop mengonfirmasi toko online kamu.

Jika pihak Tiktok shop sudah memberikan konfirmasi, maka kamu siap jualan di Tiktok shop dan upload semua produk yang kamu jual.

Cara jualan di Tiktok memberikan banyak keuntungan apalagi jika kamu mengikuti beberapa tips diatas. Tiktok menyediakan banyak fitur yang menguntungkan para pemilik bisnis online.

Jika kamu ingin mendapatkan banyak pelanggan, maka kamu bisa ikuti tips diatas dan buat Tiktok shop kamu mendapatkan banyak transaksi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 6 Cara Jualan di Tiktok Paling Menguntungkan flagcounter