5G pada tahun 2020: Ini semua yang perlu Kamu ketahui

5G pada tahun 2020: Ini semua yang perlu Kamu ketahui

Jaringan 5G terasa seperti revolusi teknologi yang terjadi dalam gerakan lambat. Instalasi jaringan ini juga masih belum tersedia secara merata. Bahkan di Amerika perusahaan AT&T dan Verizon pada tahun 2019 cuman mencoba jaringan ini pada sebagian kecil kota. Dan walaupun sudah ada jaringan ini, akan tetapi ponsel yang sudah support bisa di hitung dengan jari.

Di CES, acara elektronik konsumen besar di Las Vegas minggu ini, operator bersikeras bahwa 2020 akan menjadi titik balik bagi 5G. AT&T dan Verizon mengatakan mereka mengharapkan jaringan ini dapat diakses secara luas tahun ini. Selain itu, operator mengatakan setidaknya ada 15 smartphone akan kompatibel dan ini lebih dari tiga kali lipat dari pada jumlah tahun lalu.

5G

Apa itu 5G?

Dalam istilah yang paling sederhana, 5G adalah standar seluler baru. Operator telepon telah melonjak ke standar wireless baru kira-kira setiap dekade. Sekitar 10 tahun yang lalu, 4G, jaringan generasi keempat, hadir dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dan keandalan yang lebih kuat dari 3G. Sekitar satu dekade sebelumnya, 3G tiba dan jauh lebih cepat dan lebih kuat dari 2G.

Sayangnya, teknologi ini begitu lebih rumit. Ada beberapa hal yang sulit dijelaskan dan bakal tidak mudah di pahami bagi orang awam.

Lebih cepat dari Wi-Fi?

Dalam beberapa kasus, ya. Sementara Wi-Fi juga sangat cepat, ia menarik data dari koneksi broadband, yang rentan terhadap kinerja yang menurun ketika orang lain di sekitarnya menggunakannya. Secara desain, teknologi ini dapat mentransmisikan data dalam jumlah tinggi dengan lebih efisien.

Jadi jaringan ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan trafik secara signifikan. Ada kemungkinan besar bahwa kamu akan mendapatkan koneksi yang kuat serta lebih cepat di jaringan baru ini.

Perlukah Ponsel Baru?

Iya. Kamu harus membeli ponsel baru dengan modem 5G untuk terhubung dengan teknologi jaringan baru. Kebanyakan ponsel yang kompatibel ini mahal. Misalnya Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G dihargai $ 1.300. Tetapi ketika teknologi menjadi lebih umum dalam beberapa tahun ke depan, harga akan turun.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5G pada tahun 2020: Ini semua yang perlu Kamu ketahui