5 Tips Memulai Bisnis Kopi Dengan Modal Minim

Apakah Anda tengah mencari ide bisnis yang sekarang sedang trendy dan banyak diminati? Jika demikian bisnis kopi kekinian adalah rekomendasi terbaik bagi Anda. Alasannya kopi adalah minuman yang popular dan paling banyak dinikmati ketiga terbanyak di dunia, setelah air putih dan minuman segar.

Apalagi masyarakat Indonesia semakin menyukai kopi, terutama di kalangan anak muda. Buktinya, café-café semakin diminati sebagai tempat nongkrong sambil menyeruput kopi lezat pilihan. Berikut ulasannya!

5 Tips Memulai Bisnis Kopi Dengan Modal Minim

Alasan harus mencoba bisnis kopi kekinian

Tak perlu ragu menjajal bisnis ini karena mempunyai berbagai keunggulan, yaitu:

1. Pasar yang begitu luas

Sebagaimana telah disinggung, saat ini penikmat kopi semakin banyak, mulai dari remaja, dewasa, serta lansia. Kopi adalah minuman yang dapat dikonsumsi kapan pun, mulai dari menemani sarapan pagi hingga di malam hari saat bertemu teman atau kolega.

Inilah sebabnya target pasar Anda untuk minuman yang satu ini sangat luas dan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar terbuka lebar. Meski begitu Anda harus ingat bahwa bisnis ini termasuk kompetitif sehingga Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen.

2. Berpotensi mendapatkan omset harian

Merintis bisnis kopi kekinian memberi Anda peluang untuk memperoleh omzet harian dan ini akan meningkat umumnya saat liburan atau akhir pekan. Untuk merealisasikan hal ini pastikan melakukan strategi pemasaran yang baik.

Di zaman sekarang ini jangan lewatkan untuk menggunakan media social sebagai sarana beriklan, seperti di Facebook Ads maupun Instagram. Lagi pula semakin banyak platform yang menyediakan fasilitas periklanan dengan biaya yang jauh lebih terjangkau serta menjangkau market yang lebih tertarget.

3. Dapat dimulai dengan modal minim

Untuk memulai bisnis berjualan kopi Anda tak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menyewa tempat dan mendesain sebuah café. Semua sebenarnya dapat dijalankan dengan konsep sesuai kemampuan atau ketersediaan dana.

Contohnya konsep grab and go atau take away sangat cocok dijalankan untuk pebisnis kopi pemula seperti Anda. Dengan begitu Anda dapat mengalihkan budget yang dimiliki untuk hal-hal yang lebih penting, misalnya coffee maker atau grinder yang berkualitas.

Apa itu bisnis kopi online?

Merintis bisnis kopi tidak melulu berarti membuka lapak atau berjualan minuman kopi secara langsung kepada konsumen. Anda juga bisa memulai bisnis kopi Anda secara online. Sebagaimana berbagai produk lainnya, kopi juga dapat diperjualbelikan di dunia maya. Anda bisa menjual aneka jenis kopi baik yang sudah diolah menjadi kopi bubuk atau biji kopi untuk para pengusaha kopi dan penggemar kopi.

Tanah air kita begitu kaya akan berbagai citarasa kopi, mulai dari kopi Aceh, kopi Jawa, kopi Toraja, kopi Lombok, kopi Bali, dan sebagainya. Dapat dibilang hampir semua daerah di tanah air mempunyai citarasa kopi khasnya sendiri. Inilah sebabnya Anda akan mempunyai banyak pilihan produk kopi untuk dijual. Promosikan barang dagangan Anda dengan memanfaatkan media social seperti Facebook atau Instagram.

Jika belum mempunyai modal untuk memulai bisnis kopi secara mandiri, Anda dapat mencoba system dropship. Seorang dropshiper bertanggungjawab hanya pada promosi dan pemasaran. Jika pengguna internet tertarik untuk membeli produk dari katalog kopi yang Anda tawarkan pada akun media social, Anda tinggal meneruskan order tersebut kepada pemilik produk atau supplier.

Yang bersangkutan kemudian yang akan mengurus pembelian, termasuk mengemas produk yang dipesan dan mengirimkannya kepada pembeli. Menariknya produk dimaksud akan dikirimkan atas nama Anda atau online shop Anda, sehingga seolah-olah Andalah pemilik produk kopi tersebut. Agar bisnis online dropship kopi berjalan lancar, pastikan Anda memilih mitra supplier atau perusahaan yang professional dan terpercaya.

Selain menjual produk kopi bubuk dan biji kopi, banyak juga supplier yang menjual perangkat lain yang berhubungan dengan kopi, misalnya alat penyeduh kopi, mesin kopi, dan sebagainya. Beberapa perusahaan professional juga menyediakan system order yang sangat praktis melalui situs resmi atau aplikasi internal yang dapat dioperasikan dari smartphone Anda.

Tips memulai bisnis kopi kekinian

Ada beberapa hal yang dapat menjadi panduan dalam memulai bisnis kopi kekinian. Simak ulasannya!

1. Konsumen

Sebelum mulai mempersiapkan semuanya ketahui dulu target konsumen Anda, atau siapa orang yang Anda targetkan untuk menjadi pembeli. Ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut, yaitu, berapa kira-kira penghasilan mereka, seberapa penting citarasa kopi untuk mereka, serta latar belakang status social. Ini misalnya pelajar atau mahasiswa, eksekutif muda, atau murni pecinta kopi.

Dengan begitu Anda akan lebih mudah menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen. Contohnya adalah dimana lokasi yang tepat untuk membuka usaha, harga yang cocok untuk produk kopi Anda, system marketing yang paling ideal, dan seterusnya.

2. Lokasi

Lokasi bisa menjadi unsur yang begitu berpengaruh dalam kesuksesan bisnis. Lokasi yang strategis akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan konsumen pembeli produk Anda. Selain itu pemilihan lokasi juga berpengaruh kepada minat konsumen untuk singgah pada kedai kopi Anda.

Misalnya, Anda ingin membuka café dengan target market para eksekutif yang bisa mengadakan pertemuan bisnis di tempat ini atau mahasiswa yang dapat mengerjakan tugasnya di tempat Anda. Jika café tersebut berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk tanpa kawasan parkir yang memadai, tujuan Anda dapat dipastikan sulit tercapai.

Untuk pertemuan bisnis penting dengan calon klien tentunya para eksekutif muda ini akan memilih tempat yang menonjolkan citra professional mereka, yaitu di café yang bersih, mudah dijangkau, serta bersuasana nyaman bagi kedua belah pihak.

3. Supplier kopi

Sangat penting bagi pengusaha kopi untuk menemukan supplier kopi atau biji kopi terbaik. Apalagi jika target pembeli Anda adalah para kopi lovers yang benar-benar memahami citarasa kopi dan paham benar dengan aneka jenis kopi. Mereka-mereka ini adalah orang yang bersedia membayar dengan harga tinggi demi menyesap kopi nikmat. Agar café Anda tak dilabeli mengecewakan pastikan Anda menemukan produk yang cocok dengan selera mereka.

4. Strategi bisnis

Tak hanya untuk memulai bisnis kopi, dalam merintis bisnis apa pun seharusnya Anda mempunyai strategi spesifik sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis dimaksud. Dengan konsep, perencanaan, serta strategi terbaik Anda akan semakin percaya diri dan lebih mudah menumbuhkan pemikiran positif pada kelangsungan bisnis Anda. Jika sudah demikian meraih kesuksesan hanya tinggal menghitung hari.

5. Strategi marketing

Sebagaimana bisnis-bisnis yang lain yang dijalankan di zaman sekarang, jangan ragu membuat bisnis Anda go online dengan mempopulerkannya melalui marketing digital. Jika perlu gunakan jasa konsultan media social atau jika Anda tak mempunyai waktu rekrut orang yang benar-benar memahami bagaimana pemasaran lewat media social harus dijalankan.

Ini adalah salah satu upaya brand awareness yang dapat dijalankan dengan biaya murah namun memiliki dampak yang cukup signifikan. Media social juga membantu Anda lebih dekat dengan konsumen dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari produk kopi yang Anda sediakan.

Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar