5 Tips Melindungi Akun Gmail Dari Hackers

5 Tips Melindungi Akun Gmail Dari Hackers

Banyak dari kita yang sangat terintegrasi ke dalam ekosistem Google dengan Android, Gmail, penelusuran, dokumen, Maps, YouTube, dan banyak lagi. Semua hal ini biasanya dikontrol menggunakan satu akun Gmail. Karena integrasi tingkat tinggi seperti itu, wajib bagi kita untuk melindunginya. Karena jika di ambil alih oleh Hackers, semua data akan berisiko tinggi dapat hilang.

Untuk itu, kami akan memberikan kamu beberapa tips yang mungkin berguna. Paling tidak keamanan yang kamu lebih tinggi dari pada menggunakan cara normal.

Akun Gmail

5 Tips Melindungi Akun Gmail

  • Gunakan sandi yang kuat dan unik

Memiliki password yang lemah seperti tidak seaman yang kamu kira. Serangan injeksi SQL sederhana atau serangan brute force dapat dengan mudah mendapatkan password. Kamu disarankan untuk menyimpan kata sandi yang unik dan kuat. Ini bisa berupa frase acak dengan lebih dari 8 karakter yang terdiri dari angka, huruf kapital, huruf kecil dan karakter khusus.

  • Gunakan 2 Factor Authentication

Menggunakan 2FA memberikan perlindungan ekstra. Dengan 2FA diaktifkan, kata sandi kamu juga akan membutuhkan OTP baik yang dikirimkan melalui pesan atau melalui Google Authenticator. Sulit untuk mendapatkan OTP tanpa akses fisik ke perangkat pribadi dan setelah beberapa kali upaya login, akun tersebut diblokir. Ini akan terus terjadi sampai kamu membuktikan kamu adalah pemiliknya dan membuka blokirnya.

  • Tambahkan opsi pemulihan akun

Jika peretas ingin mendapatkan akses atau dapat memblokir, kamu dapat mengaktifkannya dari opsi Pengaturan Akun Gmail. Dengan bantuan opsi pemulihan, kamu dapat memblokir personel yang tidak berwenang menggunakan tanpa. Ini juga akan membuat kamu tahu jika ada yang mencoba mengakses.

  • Hapus akses dari aplikasi yang tidak penting

Jika telah memberikan akses akun ke aplikasi pihak ketiga dan jika mereka disusupi, detail mungkin saja dapat bocor. Jadi disarankan agar terus membersihkannya secara teratur dan menghapus akses dari aplikasi yang tidak penting. Buka pengaturan dan kemudian ke bagian Aplikasi dan cabut akses dari aplikasi pihak ketiga yang tidak lagidi gunakan.

  • Abaikan email yang mencurigakan

Banyak peretas mencoba mendapatkan akses ke akun gmail kamu dengan mengirim email plus adanya software phishing yang menyertainya. Jika kamu membuka email semacam itu, kamu mungkin akan mendapatkan masalah besar. Jadi disarankan jika melihat jenis email seperti itu, maka segera hapus saja.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Tips Melindungi Akun Gmail Dari Hackers flagcounter