5 Strategi Jitu Meningkatkan Bisnis Dengan Website

Ketika kondisi perekonomian sedang sulit secara global, setiap perusahaan akan mengoptimalkan kemampuan dan kapasitas organisasi untuk bertahan, dan bahkan terus berkembang. Salah satu strategi yang banyak ditempuh di era teknologi 4.0 ini adalah mengoptimalkan digital marketing atau online marketing. Meningkatkan bisnis anda dengan website adalah cara yang lebih hemat dibanding promosi besar-besaran melalui media cetak atau televisi.

Website adalah perwakilan keberadaan bisnis anda di dunia maya. Website menjadi jendela pertama di mana konsumen dan calon konsumen dapat menemukan informasi tentang usaha anda maupun produk/jasa yang anda sediakan. Website bisnis tidak harus dalam bentuk toko online. Namun, konsumen setidaknya harus mendapatkan informasi yang utuh dan lengkap tentang usaha anda. Jika anda memang menjual produk secara online, setidaknya di dalam website terdapat katalog dan informasi lengkap tentang produk yang anda jual.

Website bisnis yang dirancang dengan baik dapat menjadi media promosi yang hemat dan efektif dalam jangka panjang untuk branding dan membangun image (image building). Jika website dikelola dengan baik, maka ia akan bekerja ‘dibalik layar’ tanpa anda sadari dan membawa calon konsumen kepada anda tanpa anda harus mengeluarkan biaya promosi yang besar. Lalu, bagaimana cara meningkatkan bisnis anda dengan website? Berikut adalah pembahasannya.

5 Strategi Jitu Meningkatkan Bisnis Anda Dengan Website

Strategi Mengoptimalkan Website Bisnis

Selain menyediakan informasi yang lengkap dan akurat, info kontak dan alamat yang jelas, serta membangun bisnis dengan tampilan yang profesional, berikut adalah beberapa strategi mengoptimalkan website anda untuk pengembangan bisnis:

1. Optimasi Website

Kunci untuk sukses mengoptimalkan website adalah melakukan optimasi, salah satunya dengan Search Engine Optimization (SEO). Mengembangkan website dengan SEO memang membutuhkan strategi khusus dan membutuhkan keahlian tertentu. Namun, hasilnya sangat efektif untuk mendatangkan calon konsumen kepada anda. Tujuan dari SEO adalah memastikan bahwa website bisnis anda ‘terlihat’ oleh calon konsumen maupun konsumen yang sudah ada. Ketika website anda berada di halaman pertama untuk hasil pencarian yang relevan, peluang untuk click atau kunjungan ke situs bisnis anda juga lebih tinggi. Pada akhirnya, SEO berperan penting untuk branding dan image building.

Bagi pemilik bisnis yang memiliki karyawan terbatas, biasanya SEO dilakukan sendiri atau dikerjakan oleh agen khusus SEO. Jika dikerjakan oleh pihak lain, anda memang butuh budget khusus. Namun, saat agen SEO bekerja, anda bisa memfokuskan waktu, energi, dan fikiran anda untuk mengembangkan usaha dan melayani konsumen dengan sebaik-baiknya.

2. Integrasi dengan Sosial Media

Keuntungan dari website bisnis adalah bisa diintegrasikan dengan media online marketing lainnya. Salah satunya adalah integrasi dengan sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Fans Page, LinkedIn, YouTube, dan sebagainya tanpa biaya sama sekali. Aktif di media sosial adalah salah satu cara untuk terus menjalin komunikasi dengan konsumen yang ada serta menjaring calon-calon konsumen baru. Berikut adalah beberapa tips mengintegrasikan website ke sosial media anda:

  • Buatlah akun bisnis di media sosial. Akun bisnis merupakan akun resmi nama perusahaan atau produk yang anda jual. Cara ini menunjukkan kepada konsumen bahwa anda mengelola bisnis dengan profesional.
  • Update content, feed, atau tweet di media sosial bisnis secara teratur. Cara ini efektif untuk terus berkomunikasi dengan konsumen, menambah kepercayaan mereka, sekaligus meningkatkan follower di media sosial.
  • Tautkan link website di setiap content, feed, tweet, atau media digital lain yang anda gunakan di media sosial, seperti video YouTube, e-book gratis, infografis, maupun gambar. Media yang disajikan tidak mesti selalu promosi, namun juga informasi-informasi menarik tentang hal-hal umum yang berkaitan dengan bisnis anda. Ajak follower anda untuk melihat informasi lebih rincinya di website bisnis dengan sekali click.

Semakin banyak click dari media sosial ke website anda, makan semakin tinggi popularitasnya di mata mesin pencari utama seperti Google. Maka, peluang konversi dari pengunjung menjadi konsumen juga semakin tinggi.

3. Kelola Content dengan Baik

Jangan sekedar update media sosial namun informasi di website bisnis anda justru telah usang dan ketinggalan zaman. Tahukah anda bahwa Google memiliki algoritma sendiri untuk menilai seberapa betah pengunjung berada di website anda. Jika mereka meng-click dari sosial media dan masuk ke website anda, lalu kemudian keluar lagi hanya dalam beberapa detik, hal itu justru akan memperburuk reputasi website anda di mata Google.

Semakin lama pengunjung berada di website anda dan membuka banyak content atau web page, maka semakin baik untuk reputasi bisnis anda. Untuk itu, pastikan anda mengelola content di dalamnya dengan baik, misalnya:

  • Memastikan tidak ada content usang atau tidak relevan di dalam website;
  • Menyediakan content yang informatif, edukatif, dan menarik;
  • Menggunakan bahasa yang baik dan tidak mengundang kontroversi;
  • Mematuhi kaidah-kaidah optimasi content sesuai aturan SEO;
  • Memastikan setiap komentar atau pertanyaan ditindaklanjuti dengan cepat; dan sebagainya.

4. Membuat Aplikasi Mobile

Sejak beberapa tahun terakhir, Google telah menambahkan algoritma mobile-first index dalam menentukan peringkat website di hasil pencarian (SERP). Artinya, Google mengutamakan website yang memiliki aplikasi mobile dalam menentukan ranking website. Oleh sebab itu, cobalah membuat aplikasi mobile untuk situs bisnis anda dalam rangka mengoptimalkan fungsinya untuk pemasaran.

Mengapa mobile? Karena sebagian besar pengguna internet saat ini mengakses informasi dari perangkat mobile seperti ponsel atau tablet. Aplikasi mobile dapat dirancang dengan baik sehingga bersifat responsif terhadap berbagai jenis perangkat. Aplikasi web-based saja mungkin akan terlihat kecil dan tidak jelas ketika diakses dari ponsel. Namun, jika aplikasinya mobile-responsif, maka tampilan web bisnis, termasuk menu dan tulisan, akan otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat. Jika anda tidak memiliki keahlian untuk membangun aplikasi mobile, maka anda bisa bekerja sama dengan pengembang website yang dipercaya.

5. Daftarkan di Google Places

Strategi ini cocok jika anda menyasar konsumen di wilayah tertentu, misalnya di satu kota atau propinsi. Google Places akan membantu konsumen menemukan informasi tentang bisnis anda di mesin pencari. Pastikan anda menyediakan informasi yang lengkap, seperti nama perusahaan, alamat, contact, alamat website, atau peta menuju lokasi. Intinya, pastinya konsumen dapat mencari perusahaan anda jika mereka merasa perlu untuk datang secara langsung. Anda juga bisa mencari listing bisnis sesuai kategori usaha yang anda jalankan. Daftarkan perusahaan anda di listing yang relevan.

Sebenarnya, masih ada beberapa strategi lain untuk meningkatkan bisnis anda dengan website. Misalnya adalah mengiklankannya di Google Adwords. Namun, anda harus mengalokasikan budget tambahan lagi. Google Adwords menempatkan bisnis anda di posisi atas hanya selama masa kontrak. Jika anda ingin menghemat budget untuk promosi, akan lebih baik jika anda mengoptimalkan strategi SEO dan memadukannya dengan tools lain seperti media sosial, update content, dan Google Places.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar