5 Rekomendasi VGA Mining Terbaik Tahun 2022

5 Rekomendasi VGA Mining Terbaik Tahun 2022

Selain trading, mining cryptocurrency atau dikenal juga sebagai penambangan mata uang digital menjadi salah satu hal paling populer akhir-akhir ini. Mengapa tidak, banyak pengusaha yang meraup keuntungan hanya dengan menjadi penambang bitcoin. Lantas, apa saja VGA mining terbaik yang disarankan?

Apa itu VGA Mining?

Sebelum membahas daftar VGA atau GPU terbaik untuk melakukan penambangan cryptocurrency, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apaitu VGA atau GPU.

GPU merupakan singkatan dari Graphic Processor Unit yaitu sebuah komponen di dalam komputer yang memiliki tugas untuk memproses permintaan (instruksi) dari perangkat lunak agar ditampilkan ke layar. Fungsi dari GPU adalah untuk memproses grafis atau tampilan pada layar komputer berkualitas tinggi.

VGA atau Video Graphic Array merupakan salah satu koneksi yang standar dan terdapat pada perangkat video seperti monitor dan proyektor. VGA lebih mengacu pada port, konektor, dan kabel yang menghubungkan video card ke monitor.

Jika dilihat dari pengertiannya, GPU dan VGA merupakan dua hal yang berbeda seperti pada fungsinya. Namun secara ringkas, GPU memproses data untuk ditampilkan pada layar monitor sebagai otak dari VGA, sedangkan seluruh grafisnya diproses oleh GPU.

Daftar VGA Mining Terbaik 2022

Dalam memilih GPU yang baik dan bagus memang cukup sulit karena perlu memperhatikan beberapa faktor mulai dari spesifikasi dan kekuatan yang dimiliki seperti misalnya hash power. Sejauh ini terdapat 5 VGA yang terbaik untuk mining cryptocurrency seperti berikut:

1. NVDIA GeForce RTX 3080

VGA mining terbaik yang pertama yaitu NVDIA GeForce RTX 3080 yang tidak hanya bagus untuk menambang bitcoin namun juga sangat bagus untuk bermain game. Harga GPU terbaik ini mulai dari $699 atau setara dengan 10 juta rupiah.

NVDIA GeForce RTX 3080 dilengkapi dengan arsitektur ampere yang terbaru. Arsitektur ampere menjadi teknologi yang mampu meningkatkan kecepatan adopsi AI (artificial intelligence) karena terbuat dari 54 miliar transistor.

Arsitektur ampere juga telah meng-upgrade DLSS (deep learning super landing) pada inti sensor sehingga dapat meningkatkan kecepatan pada frame untuk hasil gambar yang lebih tajam dengan pemanfaatan AI yang inovatif.

VGA ini menjadi salah satu VGA yang paling dicari oleh para gamers karena memiliki tampilan grafis yang jernih dan luar biasa.

Spesifikasi NVDIA GeForce RTX 3080:

  • RAM 10 GB
  • Boost Clock 1.71 GHz
  • NVDIA CUDA Core 8704
  • Kecepatan memori GDDR6X
  • Interdace 320-bit
  • Arsitektur ampere
  • Microsoft directX 12 ultimate
  • Resizable BAR
  • Resolusi Digital 7680×4320

Meskipun VGA ini lebih banyak digunakan oleh para gamers untuk bermain game, namun VGANVDIA GeForce RTX 3080 juga berpotensi sebagai mining terbaik meskipun terbatas.

NVDIA GeForce RTX 3080 menjadi salah satu GPU yang tercepat untuk menambang Ethereum, dengan FE dasar 85 MH/detik yang dimilikinya. Performanya juga dapat disetel menjadi 93 MH/detik, namun dengan modifikasi bantalan termal untuk penyesuaian suhu.

2. NVDIA GeForce RTX 3090

NVDIA GeForce RTX 3090 juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menambang cryptocurrency dan bermain game. Harga GPU ini lebih mahal dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu sekitar $1500 atau setara dengan Rp 21 juta lebih, namun sebanding dengan performa yang dimiliki.

NVDIA GeForce RTX 3090 dilengkapi dengan arsitektur ampere GA102 yang lebih unggul karena diisi dengan 82 ray tracing pada inti percepatannya, 10.496 inti CUDA (Compute Unified Devide Architecture), dan 328 Core tensor.

Spesifikasi NVDIA GeForce RTX 3090:

  • RAM 24 GB
  • Interface memori 384-bit
  • Resolusi Digital 7680×4320
  • NVDIA cuba core 10496
  • Boost clock
  • Kecepatan memori 19.500 MHz

Nama Produk Nvidia Geforce Rtx
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

NVDIA GeForce RTX 3090 memiliki kecepatan hash mencapai 121 MH/s yang menjadikan GPU ini salah satu GPU untuk mining koin crypto yang terbaik dan menguntungkan. NVDIAGeForce ini menjadi versi terbaru dan terbaik dibanding NVDIA GeForce RTX 3080jika dilihat dari performa dan ukuran RAM yang dimiliki.

3. NVDIA CMP 40HX

VGA mining terbaik selanjutnya masih dari NVDIA yaitu NVDIA CMP 40HX merupakan kartu grafis yang berfokus hanya pada penambangan mata uang crypto secara lebih profesional. GPU ini memiliki harga yang sama dengan NVDIA GeForce RTX 3080 yaitu $699.

Namun berdasarkan arsitekturnya menggunakan Turing yang dilengkapi dengan prosesor grafis TU105, lebar 265-bit, dan 2304 unit bayangan. Arsitektur ini memungkinkan kartu berfungsi lebih efektif dengan chipset 12 mm.

Spesifikasi NVDIA CMP 40HX:

  • Ethereum hash 36 MH/s
  • Daya 185 W
  • RAM 8GB
  • Power connectors 1×8-pin

GPU ini dilengkapi juga dengan pemetaan tekstur sebanyak 144 unit, dan keluaran render (ROP) 64 unit. NVDIA sengaja mengeluarkan seri khusus untuk para penambang cryptocurrency akibat banyaknya permintaan yang datang.

Nama Produk Nvdia Cmp
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

4. AMD Radeon RX 6800 XT

AMD Radeon RX 6800 XT juga menjadi salah satu VGA mining terbaik yang diluncurkan oleh AMD sebagai GPU kelas atas. GPU ini didukung oleh prosesor grafi mumpuni yaitu Navi 21, yang lebih mengacu pada manufaktur 7nm. Berkatnya, kinerja dan performa yang dihasilkan menjadi sangat kuat.

Kartu grafis AMD Radeon RX 6800 XT memiliki berbagai spesifikasi terbaik seperti kemampuan DirectX12 ultimate, yang sangat mendukung ray tracing serta variable rate shading. AMD juga menambahkan memori GDDR6 dengan kapasitas 16GB yang dapat mendukung penambangan crypto lebih maksimal.

Tidak hanya memori yang besar, amd juga menambahkan memori antarmuka sebesar 256-bit yang dapat menghasilkan tampilan berkualitas 1080p dan 4K sehingga visual terlihat sangat mulus, tajam, dan luar biasa.

Namun meskipun kualitas tampilan gambar yang tinggi, harga GPU ini relatif cukup terjangkau yaitu sekitar $649, lebih murah dibandingkan dengan NVDIA.

Spesifikasi AMD Radeon RX 6800 XT:

  • Kecepatan memori 16.000 MHz
  • Boost Clock 2250 MHz
  • Ethereum Hash Power 65 MH/s
  • Power 135 Watt
  • RAM 16 GB
  • Interface memori 265-bit

AMD Radeon RX 6800 XT sangat cocok digunakan untuk mining cryptocurrency seperti Bitcoin Gold, Metaverse ETP, Expanse, Ethereum, Ravencoin, dan Beam.

5. AMD Radeon RX 5700 XT

Selanjutnya di urutan kelima yaitu GPU AMD Radeon RX 5700 XT yang lebih murah dibandingkan versi terbarunya yaitu hanya $450, namun sebanding dengan performa dan kinerja yang dimilikinya.

GPU ini dilengkapi dengan proses 7nm dan prosesor grafis Navi 10 dengan memori GDDR6 sebesar 8GB, juga memiliki antarmuka 256-bit.

AMD Radeon RX 5700 XT dilengkapi dengan kecepatan memori hingga 14 GB/s, serta menjadi salah satu GPU mining cryptocurrency termurah. Kekuatan hash dari GPU ini rata-rata sebesar 54 MH/s, yang cukup sebanding dengan harganya.

Nama Produk Amd Radeon
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Itulah beberapa daftar VGA mining terbaik yang dapat digunakan untuk menambang bitcoin dan menghasilkan uang digital yang tak terbatas. Meskipun menguntungkan, namun modal yang perlu disiapkan dan biaya perawatan VGA mining cukup mahal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Rekomendasi VGA Mining Terbaik Tahun 2022