5 Rekomendasi Smart TV Android Terbaik Tahun Ini

5 Rekomendasi Smart TV Android Terbaik Tahun Ini

Saat sedang santai memang paling nyaman ialah digunakan untuk menonton TV. Namun, menonton TV pun terkadang menimbulkan kebosanan karena yang ditonton hanya itu-itu saja. Maka perlu adanya terobosan terbaru untuk mendukung kenyamanan dalam menonton TV, salah satu caranya ialah dengan mengganti TV biasa dengan Smart TV Android.

Apa Itu Smart TV?

Smart TV ialah sebuah media hiburan layaknya  TV pada umumnya, namun yang membedakan yakni dari segi kecanggihan teknologi yang diusung. Smart TV sendiri biasanya memiliki lebih banyak channel saluran dan bisa terhubung ke internet sehingga memungkinkan bagi penggunannya untuk melakukan aktivitas browsing dan bermain game online menggunakan TV.

Tapi sudahkah anda tahu apa itu Smart TV Android? Smart TV Android sebetulnya sama saja seperti TV biasa pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah fungsinya. Selain dapat digunakan menonton TV, Smart TV juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam hal di internet sama seperti halnya smartphone.

smart tv android

Smart TV Android Terbaik 2021

Nah, jika anda memiliki rencana untuk membeli Smart TV, berikut ada beberapa rekomendasi Smart TV Android yang bisa dijadikan pilihan.

  • Realme Smart TV

Pernah mendengar nama Realme? Jika iya, maka hal yang paling diingat adalah nama merek smartphone. Eitss, Realme bukan hanya produsen smartphone namun juga mulai merambah ke dunia elektronik. Salah satu terobosan baru yang diluncurkan Realme adalah Realme Smart TV. Produk ini pertama kali dikenalkan di India pada bulan Mei 2020 lalu. Sekarang Smart TV jenis ini bisa dibeli di Indonesia.

Yang paling mengejutkan adalah, harga Smart TV ini lebih murah dari beberapa Smart TV merek lain. Hanya dengan budget 2 juta rupiah, Smart TV berukuran 32 inch sudah bisa dibawa pulang. Untuk varian 42 inch nya dibanderol dengan harga sekitar 3,2 juta rupiah. Dengan harga semurah itu, fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat beragam.

Smart TV ini memiliki ukuran bezel yang sangat tipis yaitu hanya 8,7 mm dan membuatnya tampak elegan. Layarnya memiliki resolusi HD untuk ukuran 32 inch dan resolusi Full HD untuk ukuran 42 inch. Kekurangan Smart TV ini hanya layarnya yang belum 4K UHD. Mengingat harga yang ditawarkan sangat murah, tentu konsumen tak bisa berekspektasi terlalu tinggi pada TV ini.

  • Xiaomi Mi TV 4 55

Masih dari produsen smartphone ternama, kali ini ada Xiaomi yang tak mau ketinggalan. Kali ini Xiaomi memboyong Smart TV Android yang bernama Xiaomi Mi TV 4 55. Yap, sesuai namanya, TV ini memiliki ukuran layar 55 inch dengan resolusi 4K. Harganya pun bisa dibilang tak masuk akal. Disaat produsen TV mematok harga 8-10 juta untuk Smart TV ukuran 55 inch, Xiaomi hanya memasang harga 5 juta rupiah.

Mi TV 4 ini datang dengan prosesor quad core Amlogic T960X-H yang ditanamkan dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 8 GB serta terintegrasi dengan sistem operasi Android 9 atau Android Pie. TV ini menggunakan antar muka yang bernama PatchWall. Sistem PatchWall mengkombinasikan konten dari iflix, Netflix, Catchplay+, serta Video. Fitur yang sangat menarik di Patch Wall adalah Live TV dimana semua siaran TV nasional ditampilkan secara gratis disini.

Untuk build quality, Smart TV satu ini tidak bisa diremehkan. Bodi ramping dengan bezel tipis serta panel belakang membuat TV ini tampak gagah. Apalagi dibalut dengan warna hitam yang elegan. Untuk bobotnya sendiri, TV ini memiliki bobot 13 kg. Ini sangat wajar mengingat ukuran TV yang sangat besar. Saat memasang TV ini pastikan dilakukan berdua bersama teman atau keluarga.

  • Samsung Smart TV UA43 N5500

Membicarakan TV, tentu tak lengkap jika tanpa Samsung. Brand TV terkenal yang telah mendunia ini juga tak mau kalah dengan brand lain. Salah satu Smart TV yang diluncurkan Samsung adalah Samsung Smart TV UA 43 N5500. Perangkat ini diluncurkan pada Juli 2019 lalu. Memang sudah agak lama sih, tapi tak usah khawatir, untuk kualitas tentu saja tak kalah dengan jenis merek terbaru.

Melihat dari namanya sendiri, pasti sudah tahu bahwa TV ini memiliki ukuran 43 inch. Untuk dimensinya berukuran 972,4 x 569,0 x 60,6mm dengan berat 9,5 kilogram. Agak disayangkan, bezel yang dimiliki TV ini tidak bisa dibilang tipis juga karena ukuran bezelnya sekitar 1,3 inch. Cukup tebal memang jika dibandingkan merek lain. Tetapi bagi para konsumen yang tak terlalu peduli dengan bezel, tentu hal ini tidak begitu berpengaruh.

TV ini memiliki resolusi Full HD dengan kualitas gambar yang tak perlu dipertanyakan lagi karena sudah menggunakan picture engine Hyperreal. Untuk tayangan Full HD kualitas gambarnya cukup tajam dan jernih dengan kontras warna yang baik. Untuk segi audio, Samsung menyediakan 3 jenis mode, yaitu standard, optimized dan amplify. Mode audio ini tentunya sangat berguna ketika menonton dalam suasana yang berbeda.

  • Coocaa 50S5G

Mungkin nama brand yang satu ini masih asing di telinga. Hal ini karena Coocaa tidak begitu populer di Indonesia. Meskipun begitu, kualitas Smart TV Coocaa juga tidak bisa diremehkan. Salah satu varian Smart TV dari Coocaa adalah Coocaa 50S5G. Untuk TV dengan ukuran 50 inch dan resolusi Ultra HD, harga yang harus dibayar adalah sekitar 6,5 juta rupiah. Harga ini sangat sepadan mengingat jarang TV UHD 50 inch dengan harga semurah ini.

TV ini mengusung prosesor Cortex A53 yang terintegrasi dengan RAM 2,5 GB dan kapasitas penyimpanan 16 GB serta GPU MALI T820. Bezel yang dimiliki juga tipis, meskipun tidak setipis TV sekelas 50 inch lainnya. TV ini beroperasi pada Android 7.0 yang bisa menjalankan Google Assistant dan aplikasi android lainnya. Remote control TV ini memiliki mikrofon yang berguna untuk melakukan perintah jarak jauh.

Sistem audio pada TV ini juga sangat jernih karena sudah menggunakan sistem DTS dan Dolby audio yang membuat pengalaman nonton TV lebih berbeda. Tentunya menambah suasana ketika menonton Netflix ataupun mendengarkan musik Bagi para konsumen yang ingin merasakan bagaimana menonton film dan bermain game dalam format 4K, TV ini wajib dibeli.

  • Changhong AI Android TV H4 Series

Di daftar selanjutnya ada Changhong AI Android TV H4 Series. Namanya yang cukup asing ditelinga memang wajar karena produk asal China satu ini termasuk pemain baru di pasar Smart TV. Sesuai namanya yang memiliki embel-embel “Series”, TV ini memiliki tiga jenis varian atau seri yaitu seri L32H4 (32 inch), seri L40H4 (40 inci), dan seri L43H4 (43 inch).

Changhong mematok harga Rp2.399.000 untuk jenis 32 inch, Rp3.399.000 untuk jenis 40 inci, dan Rp3.699.000 untuk ukuran layar 43 inch. Dengan sistem operasi Android 9.0, TV ini membawa semua layanan Google Play ke dalamnya termasuk built-in chromecast. Changhong juga menyematkan teknologi Hybrid Log Gamma yang menjadikan gambar lebih jernih dan warna yang lebih akurat.

Segmentasi audio TV ini menggunakan teknologi Dolby Audio Processing yang membuat suara lebih jernih dan bersih. Changhong sendiri menyebutkan bahwa target pasarnya adalah para millenial. Tak usah khawatir jika terjadi kerusakan, karena TV ini memberikan jaminan garansi hingga 5 tahun.

Itulah tadi beberapa rekomendasi Smart TV Android yang mungkin bisa menambah experience ketika menonton TV. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah referensi dan menambah pengetahuan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Rekomendasi Smart TV Android Terbaik Tahun Ini