5 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik Tahun Ini

Jika anda memiliki hobi bermain game menggunakan komputer tentu sangat membutuhkan beberapa perangkat tambahan, salah satunya yakni keyboard khusus untuk gaming. Menggunakan keyboard yang seperti pada umumnya memang bisa, namun anda akan merasakan sensasi dan kenyamanan yang berbeda jika bermain game menggunakan keyboard gaming.

Ada banyak perbedaan anatara keyboard biasa dengan keyboard gaming, yang paling mencolok ialah dari segi kekuatan, desain, dan beberapa fitur tambahan. Selain itu biasanya keyboard gaming juga memiliki beberapa tombol yang sedikit berbeda. Dari segi harga keyboard gaming juga seringkali jauh lebih mahal.

Anda mungkin sudah pernah melihat desain dari beberapa merek keyboard gaming seperti Topre, Logitech, Digital Alliance, Corsair, dan lain sebagainya. Bahkan mungkin saja anda sudah berencana ingin membeli dari salah satu merek tersebut namun masih ragu? Nah, untuk itu berikut ialah spesifikasi dan rekomendasi keyboard gaming yang bisa anda pilih.

Keyboard Gaming

Rekomendasi Keyboard Gaming 2021

Memilih keyboard untuk gaming memang gampang-gampang susah, terlebih jika anda belum tahu persis spesifikasi dan harganya, agar lebih mudah menentukan pilihan berikut ialah rekomendasinya.

1. Havit HV-KB558CM

Jika tertarik dengan keyboard yang satu ini anda bisa dengan mudah mendapatkan di beberapa marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, maupun Lazada. Soal harga juga tergolong tidak terlalu mahal, hanya kisaran harga 300 hingga 400 ribu rupiah anda sudah bisa memilikinya. Bahkan jika anda membeli keyboard ini maka secara otomatis mendapatkan mouse secara gratis.

Seperti kebanyakan keyboard gaming pada umumunya, Havit HV-KB558CM juga terdapat lampu LED yang memiliki banyak warna. Meskipun banyak keunggulan dari keyboard yang satu ini namun yang paling mencolok ialah dari segi kekuatan, Havit HV-KB558CM mengklaim mampu lebih kuat hingga 2 kali lipat dengan keyboard biasa.

2. SteelSeries Apex Pro

Soal desain dan kekuatan SteelSeries Apex Pro tidak diragukan lagi, meskipun ukurannya tidak terlalu besar namun keyboard yang satu ini sudah terbukti kekuatannya. Tak lain hal ini dikarenakan bahan yang digunakan dari SteelSeries Apex Pro sudah menggunakan alumunium. Yang menarik dari keyboard ini ialah terdapat papan touchpad yang terbuat dari karet tebal dengan menggunakan sistem magnetik sehingga lebih mudah dilepas maupun dipasang.

Keyboard gaming yang memiliki banyak keunggulan ini sayangnya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Dibeberapa toko online SteelSeries Apex Pro dijual dengan harga kisaran 2 hingga 3 juta rupiah, harga yang sangat fantastis untuk seorang gaming pemula. Namun tentu sangat sepadan dengan spesifikasi dan tinggkat ketahanan dari keyboard ini.

3. Fantech SOLDIER K612

Selain Havit HV-KB558CM anda juga bisa memiliki keyboard gaming merek lain dengan harga dibawah 500 ribu, yakni Fantech SOLDIER K612. Meskipun harganya murah yakni kisaran 200 ribu rupiah keyboard yang satu juga cukup menarik dan memiliki banyak kelebihan. Diantaranya yakni sudah dilengkapai dengan antighosting pada 19 tombol dan anda bisa mengatur secara langsung Spectrum Mode melalui keyboard.

Soal ketahanan, Havit HV-KB558CM juga tak mau kalah dengan kompetitornya. Menggunakan bodi yang super kuat dan didukung dengan teknologi double injection pump untuk pembuatan huruh pada papan tombol menjadikan warna keyboard tersebut tidak mudah pudar. Untuk mempercantik desain dan memberikan nuansa yang berbeda saat bermain game, Havit HV-KB558CM juga sudah dilenkapi dengan fitur backlight LED.

4. Logitech G Pro

Keyboard yang satu ini jelas sudah tidak asing lagi ditelinga para gaming, bahkan dibeberapa turnamen game juga sering digunakan. Logitech G Pro memang merupakan salah satu keyboard gaming yang sering direkomendasikan banyak orang, ini bisa jadi dikarenakan fiturnya yang cukup lengkap dan harga yang ridak begitu mahal.

Terbuat dari matrial baja menjadikan Logitech G Pro sangat kokoh dan terkesan elegan. Namun sayangnya tombol huruf di keyboard ini terlihat lebih kecil dibandingkan dengan keyboard pada umumnya, kemudian dibagian samping juga tidak terdapat tombol angka. Hadir sebagai keyboard khusus gaming tentu hal ini bukan menjadi masalah.

5. HP Keyboard Gaming Membrane K500Y

Selain memproduksi printer, laptop, dan beberapa perangkat elektronik lainnya HP juga meluncurkan Keyboard gaming dengan harga yang sangat terjangkau. Siapa sangka keyboard gaming dengan matrial metal dan desain yang sangat menarik ini hanya dibandrol dengan harga kisaran 200 ribu rupiah saja.

Sebagai saran, jika anda ingin memiliki HP Membrane K500Y secara online sebaiknya membeli di official resmi HP yang terdapat di marketplace atau website resminya. Hal ini dikarenakan agar lebih mudah saat ingin mengurus garansi jika unit yang anda beli terdapat masalah. HP Membrane K500Y memiliki masa garansi selama 1 tahun.

Tips Memilih Keyboard Gaming

Selain yang sudah direkomendasikan di atas tentu masih banyak merek keyboard gaming dengan kualitas yang lebih bagus, dan harganya juga lebih bervariasi. Namun sebaiknya jika kamu ingin membeli keyboard gaming perhatikan beberapa point penting seperti berikut ini, agar yang anda dapatkan betul-betul sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Memiliki fitur backlight

Fitur yang satu ini dianggap sangat penting bagi para gaming, apa lagi jika anda lebih suka bermain game di dalam ruangan yang minim pencahayaan. Dengan hadirnya fitur backlight yang secara otomatis mempu menyala pada setiap tombol menjadikan keyboard tetap nyaman digunakan dan anda pun tatap bisa menikmati permainan tanpa adanya kendala.

  • Dilengkapi dengan Anti-ghosting

Ada banyak jenis game yang saat dimainkan anda harus menekan 3 tombol sekaligus, bahkan terkadang hingga 4 tombol. Misalnya yakni untuk melakukan penyerangan dengan trik atau jurus tertentu, jika keyboard yang anda gunakan belum medukung fitur Anti–ghosting maka hal tersebut sangat mustahil bisa dilakukan.

  • Kualitas tombol

Menekan tombol keyboard saat mengetik tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan menekan tombol saat bermain game, bahkan tanpa disadari biasanya anda bisa menakan tombol dengan sangat keras dan berulangkali pada tombol yang sama. Nah, inilah mengapa kualitas tombol sangat penting untuk diperhatikan agar keyboard tidak mudah rusak.

  • Fungsi tombol bisa disetel ulang

Seperti apa yang sudah disinggung di atas, bahwa menekan beberapa tombol dalam satu waktu saat bermain game sangat mungkin terjadi, dan ini lebih sulit dilakukan. Dari pada harus menekan banyak tombol biasanya para gamer menyetel ulang papan tombol keyboard agar hanya sekali menekan namun berfungsi layaknya menekan banyak tombol sekaligus.

Itulah rekomendasi keyboard gaming yang bisa anda miliki dan tips memilihnya. Jika anda seorang gaming pemula tak ada salahnya memilih kyeboard dengan harga yang lebih murah terlebih dahulu. Tekuni dunia gaming yang bisa menghasilkan uang sehingga anda bisa memperoleh penghasilan dari bermain game dan mengupgrade kualitas perangkat untuk bermain game dari uang tersebut.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar