5 Langkah Dasar Memulai Investasi Untuk Pemula

5 langkah dasar memulai investasi untuk pemula – Investasi adalah salah satu cara bagi seseorang untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan. Ada berbagai macam jenis investasi diantaranya adalah deposito berjangka, emas atau logam mulia, saham, properti, dan peer-to-peer lending. Bagi anda yang saat ini memiliki keinginan berinvestasi itu adalah pilihan yang tepat, sebab kemajuan zaman menuntut kita untuk lebih kreatif memperoleh uang tambahan.

Namun tidak hanya itu saja, investasi dengan jenis lain juga memungkinkan bagi anda memperoleh keuntungan secara cepat. Asalkan anda sudah mengetahui beberapa jenis investasi beserta dengan risikonya. Untuk para pemula atau bagi anda yang baru mulai belajar investasi berikut adalah beberapa tips dasar untuk memulai berinvestasi.

5 Langkah Dasar Memulai Investasi Untuk Pemula

5 Langkah dasar memulai investasi untuk pemula

  1. Menggunakan uang sisa
    Dana investasi sebaiknya menggunakan uang sisa, artinya adalah segala kebutuhan anda sudah tercukupi dan masih ada sisanya, maka uang tersebut sangat cocok dan baik digunakan untuk berinvestasi. Sebab investasi juga seperti bisnis atau usaha lain yakni memiliki resiko kerugian, dan sebetulnya investasi juga harus memiliki modal besar, anda bisa berinvestasi dengan minimal lima ratus ribu sebulan. Bahkan di beberapa platform investasi online anda bisa berinvestasi dengan nilai terkecil seratus ribu rupiah.Selain itu anda juga tidak perlu memaksakan berinvestasi dengan cara meminjam uang. Uang pinjaman yang digunakan untuk berinvestasi tentu akan merubah nilai keuntungan, selain itu jika investasi tidak berjalan dengan yang anda harapkan tentu justru hanya akan menambah beban hutang saja. Maka kesimpulannya adalah bahwa anda layak bermain investasi ketika semua kebutuhan rumah tangga anda sudah terpenuhi dan memiliki dana lebih.
  2. Mencari informasi terkait investasi
    Sebelum memulai dan menentukan jenis investasi apa yang akan anda tekuni maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu apa yang terkait dengan investasi. Anda bisa menggali beberapa informasi terkait investasi di media sosial atau website yang membahas hal tersebut, atau anda juga bisa membaca beberapa buku tentang investasi. Setelah memahami dasar-dasar tentang investasi diharapkan anda sudah memiliki keputusan untuk menentukan jenis investasi yang seperti apa yang akan anda lakukan. Juga memiliki tujuan yang jelas agar proses dalam berinvestasi memiliki target tertentu.
  3. Memilih jenis investasi sesuai dengan kesanggupan
    Ada banyak jenis atau produk investasi, namun tidak semua produk investasi tersebut cocok untuk anda mainkan. Sebab disetiap produk investasi tersebut memiliki cara, nilai keuntungan, dan resiko yang berbeda-beda. Sebagai investor pemula mungkin sebaiknya anda menggunakan jenis investasi yang tingkat risikonya lebih rendah. Misalnya adalah seperti reksadana pasar uang atau obligasi negara, jika pun anda berminat untuk bermain saham sebaiknya dimulai dengan menggunakan saham bluechip atau BUMN.
  4. Memahami resiko investasi
    Seperti apa yang sudah disampaikan diatas, bahwa setiap jenis atau produk investasi memiliki resiko yang berbeda-beda, ada yang berisiko rendah, sedang, dan tinggi. Salah satu contoh jenis investasi dengan kategori resiko tinggi adalah saham. Jika anda berinvestasi tanpa terlebih dahulu mempelajari apa yang terkait dengan investasi, termasuk adalah risikonya maka anda akan sangat mudah sekali kehilangan uang.
  5. Tentukan tujuan atau target
    Ada investasi dengan nilai keuntungan jangka panjang, ada juga dengan waktu yang pendek. Dari dua jenis inilah anda akan bisa menentukan tujuan atau target berinvestasi. Misalnya dari laba investasi tersebut akan ada gunakan untuk membangun rumah baru, beribadah umroh, biaya kuliah anak, atau membeli tanah maka anda lebih cocok menggunakan investasi jangka panjang. Namun jika tujuan anda berinvestasi adalah untuk merehab rumah, biaya berlibur dengan keluarga, atau membeli handphone maka investasi yang anda ambil adalah dengan jangka pendek.

Itulah seputar tentang langkah dasar memulai investasi untuk pemula, semoga anda beruntung dan menjadi investor yang sukses.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar