5 Langkah dan Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Laptop

5 Langkah dan Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Laptop

Pernah kesulitan menulis huruf Arab di laptop? kalau iya, maka kamu nggak sendirian. Mungkin buat sebagian orang, menulis bahasa Arab di laptop tergolong gampang. Tapi menurut kamu, menulis bahasa Arab di laptop sangatlah susah. Benar begitu? Nah, ternyata sekarang ada cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop yang bisa kamu lakukan. Mau tahu tipsnya? Yuk simak tutorialnya di bawah ini!

Baca Juga : Aplikasi Kasir Gratis Terbaik, Inilah 10 Rekomendasinya

1. Atur Settingan Bahasa di Windows

Tips pertama cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop adalah dengan mengatur setting bahasa yang ada di Windows. Bagaimana caranya? Tentunya kamu harus menginstall dulu bahasa Arab ke PC yang mau kamu pakai. Kalau kamu pakai Windows 10, maka bukalah menu “Settings” yang ada di sistem tersebut.

Setelah kamu mengklik menu “Settings”, maka lanjutkan dengan mengklik “Time and Language”. Tunggu beberapa menit, nanti kamu bakal dialihkan secara otomatis ke pengaturan di bagian “Time and Language.”

Lanjutkan dengan memilih “Region and Language”. Lalu di bagian preferred languages, klik “Add a Language”. Setelah itu, ketiklah bahasa United Arab di bagian kolom pencarian bahasa. Lalu pilih “Arabic (United Arab Emirates) dan klik “Next”.

Terakhir, klik “Install” dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.

2. Buka Apk On Screen Keyboard

Buat yang kesusahan pakai keyboard yang laptop, kamu bisa pakai cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop ini dengan membuka aplikasi on screen keyboard. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, bukalah Windows, lalu ketik “Control Panel”. Setelah masuk ke bagian menu, klik “Ease of Access” dan klik “Ease of Access Center”. Kemudian lanjutkan dengan mengklik “Start On Screen Keyboard” supaya kamu bisa mengaktifkan bahasa Arab di laptop kamu.

Jika semua cara tadi sudah kamu lakukan, maka akan muncul virtual keyboard huruf Arab yang bisa langsung kamu pakai di laptop kamu.

3. Ketik Huruf Arab di MS Word

Nah, kalau cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop yang satu ini cocok buat kamu yang sering mengetik dokumen pakai MS Word. Lalu, bagaimana tutorial mengaktifkan bahasa arab lewat MS Word? Ini caranya:

Pertama-tama, bukalah dokumen baru di aplikasi MS Word kamu. Setelah itu, ubahlah pengaturan tulisan di Word menjadi rata kanan dengan menekan tombol Ctrl + R di keyboard. Tak perlu menunggu lama, kamu sudah bisa langsung mengetik huruf Arab di lembar Word kamu.

Jika kamu sudah menulis ejaan Arabnya, kamu juga bisa mengetik harakatnya dengan menekan tombol Shift di keyboard.

4. Beri Harakat di MS Word

Masih bingung dengan cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop? Tenang! Kamu bisa pakai trik kombinasi dengan menekan tombol Shift bersamaan dengan menekan tombol huruf tertentu. Inilah beberapa trik menulis harakat Arab di Word laptop pakai trik kombinasi yang bisa kamu contoh:

  • Tombol Shift + Q = Fathah
  • Tombol Shift + E = Dammah
  • Tombol Shift + A = Kasrah
  • Tombol Shift + X = Sukun
  • Tombol Shift + W = Fathah Tanwin
  • Tombol Shift + R = Dammah Tanwin
  • Tombol Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Tombol Shift + ~ = Tasydid

Untuk mengetik harakat, kamu bisa mengetik trik kombinasi tersebut setelah mengetik huruf Arabnya.

5. Ketik Nomor Arab di MS Word

Saat mengetik ayat Al Quran, biasanya kamu harus memberi nomor untuk memisahkan tiap ayat yang diketik. Kalau bingung, coba deh dengan cara-cara berikut ini:

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengklik tab “Insert”, lalu pilih “Symbol” dan lanjutkan dengan mengklik “More Symbols”. Setelah itu, pilihlah bahasa “Arabic” di kolom subsetting. Lanjutkan dengan memilih simbol sebagai penanda akhir ayat dengan mengetik kolom kode “06DD”.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Langkah dan Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Laptop flagcounter