5 Daftar Youtuber Indonesia Berpenghasilan Tinggi Menurut Social Blade

5 Daftar Youtuber Indonesia Berpenghasilan Tinggi Menurut Social Blade


Kini, menjadi Youtuber adalah profesi yang ingin digeluti banyak orang. Dari remaja, anak-anak, orangtua, ibu rumah tangga, artis, hingga pejabat negara sekalipun banyak yang membuat channel YouTube. Hal tersebut tampaknya bukan sesuatu yang mengejutkan karena dilihat dari Social Blade (Rating youtuber menurut Social Blade), gaji top Youtuber cukup mencengangkan.

Mungkin itulah salah satu alasan dibalik banyaknya orang beralih profesi menjadi content creator YouTube. Bahkan, sekelas Raffi Ahmad yang sudah sukses menjadi artis dan Dedy Corbuzer yang memiliki bayaran MC di atas rata-rata pun terjun menjadi Youtuber.

Sebenarnya, dari mana penghasilan Youtuber berasal? Siapakah Youtuber Indonesia berpenghasilan tinggi menurut Social Blade (Rating youtuber menurut Social Blade)? Berikut penjelasan selengkapnya.

Social Blade

Inilah Sumber Pemasukan YouTuber

Banyak sekali Youtuber berpenghasilan fantastis membuat banyak orang termotimasi ingin melakukan hal yang sama. Tidak sedikit yang rela melepaskan pekerjaan utama sebagai pegawai, PNS, atau lainnya demi menekuni profesi Youtuber full-time.

Sebagian dari Anda tentu ada yang bertanya, dari mana penghasilan tersebut berasal? Jawabannya adalah YouTube. Para Youtuber mendapatkan gaji dari YouTube sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

Pasalnya, tidak semua Youtuber digaji oleh YouTube. Bahkan, meskipun subscriber jumlahnya sama, belum tentu pendapatannya pun sama. Selain dari YouTube, ada beberapa sumber penghasilan lain seorang Youtuber, berikut daftarnya.

Youtube ads

Sumber pemasukan Youtuber yang pertama adalah dari YouTube atau biasa dikenal dengan AdSense. Pihak Youtube akan membagikan komisi dari Youtube Ads kepada para content creator yang aktif upload video di channelnya. Youtube Ads adalah iklan dari sejumlah klien yang dipasang YouTube ke video para content creator.

Pemilik akun video akan mendapatkan bagi hasil sesuai dengan jumlah orang yang mengangkses atau menonton iklan tersebut. Intinya, semakin banyak yang klik iklan maka pendapatan yang akan masukpun semakin besar.

Ada 2 indikator perhitungan gaji Youtube dari AdSense, yaitu CPM (Cost per Mile) dan CPC (Cost per Click).CPM adalah penghasilan yang diperoleh per 1000 tayangan iklan yang sudah ditonton dari semua video yang diunggah.

Di Indonesia, nominal yang didapat dari setiap 1000 tayangan iklan sebesar Rp 7000an. Sedangkan nominal CPC (setiap klik iklan di video) kisaran Rp 5.000 sampai Rp 12.000 setiap satu orang yang klik.

Perlu Anda ketahui bahwa berapa gaji Youtuber sebenarnya tidak hanya berdasarkan jumlah tayangan iklan atau iklan yang diklik penonton. Akan tetapi, bisa juga karena negara, harga iklan (AdSense), serta konten video yang diunggah.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah hubungan kerja sama saling menguntungkan antara brand atau perusahaan dan Youtuber. Kesepakatan antara keduanya menghasilkan uang untuk keuntungan kedua belas pihak.

Contoh Affiliate Marketing adalah Youtuber mengiklankan produk yang sedang melakukan promo, bisa menggunakan kode voucher atau akses link. Nah, setiap ada pembeli yang menggunakan kode voucher atau lewat link tersebut, maka Youtuber akan mendapatkan uang dari sana.

Jualan

Gunakan platform Youtube untuk menawarkan produk jualan Anda. Produk jualan tentunya bisa berbentuk barang ataupun jasa.

Tidak sedikit YouTuber yang memanfaatkan platform ini untuk menawarkan berbagai bentuk produk jualan. Dengan membuat semenarik mungkin, tidak hanya menaikkan minat para pembeli untuk membeli produk namun juga viewers.

Endorsement

Nah, sumber penghasilan Youtuber selanjutnya adalah dari kerjasama Endorsement. Bahkan, endorsement dari brand-brand besar konon menghasilkan uang yang lebih banyak daripada hasil AdSense.

Menurut beberapa sumber, Youtuber bisa mendapatkan penghasilan dari endorsement sebesar Rp750 ribu per 1000 tayangan. Kalo yang menonton bisa sampai jutaan, silakan Anda hitung sendiri berapa nominal yang mereka akan dapat.

5 Daftar Youtuber Terkaya Menurut Social Blade

Social Blade adalah situs asal Amerika yang dapat menyajikan data statistik serta analitik media sosial, seperti YouTube.

Data yang ditampilkan oleh Social Blade (Rating youtuber menurut Social Blade) cukup lengkap dalam bentuk diagram dan grafik. Di situs ini, ada berbagai informasi seperti jumlah subscriber, uploads, video views, estimasi pendapatan, hingga proyeksi ke depan tentang perkembangan akun sosmed tersebut.

Anda bisa mengakses Social Blade secara gratis untuk melihat pertumbuhan channel YouTube yang ingin diketahui. Dari Social Blade, informasi berapa penghasilan Youtuber Indonesia maupun Youtuber seluruh negara di dunia dapat dengan mudah diketahui.

Di Indonesia, kita memiliki Youtuber yang jumlah subscribernya terbanyak di Asia Tenggara, yaitu channel milik Atta Halilintar. Disusul urutan kedua adalah channel milik adik ustadzah Oki Setiana Dewi, Ria Ricis.

Meski Atta Halilintar memiliki jumlah subscriber terbanyak, tapi posisi Youtuber penghasilan tertinggi justru bukan dia. Bahkan, posisi Youtuber terkaya di Indonesia nomor 1 tahun 2020 menurut Social Blade sempat diduduki si raja podcast, Deddy Corbuzier.

Nah, bagi Anda yang penasaran Youtuber mana yang memiliki penghasilan terbesar berdasarkan Social Blade (Rating youtuber menurut Social Blade), ini daftarnya:

1. Frost Diamond

Pemilik channel ini adalah Kananda Widyantara, seorang gamer yang lahir di tahun 1997. Channel YouTube Frost Diamond memiliki pertumbuhan yang cukup pesat di tahun ini. Kini, total subscribernya telah mencapai 19.2 juta dengan jumlah tontonan sebanyak 3,9 miliar kali.

ChannelFrost Diamond mampu mengumpulkan pendapatan YouTube antara 31.200 hingga 499.300 atau setara 446 juta – 7 miliar setiap bulan. Angka tersebut menggeser posisi Rans Entertainment yang sebelumnya menduduki posisi pertama.

2. Raffi Ahmad

Per hari ini, jumlah video yang telah diunggah oleh channel YouTube Rans Entertainment milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, telah mencapai 2300 lebih video.

Dengan total subscriber 21,1 juta dan 4,4 miliar kali tayangan video, RANS Entertainment diperkirakan bisa memperoleh pendapatan antara 30.000 sampai 479.000 USD setiap bulannya. Jika nilai tersebut dikonfersi ke rupiah, maka setara dengan 429 juta hingga 6 miliar.

3. Deddy Corbuzier

Menyusul di urutan selanjutnya ada channel Deddy Corbuzier yang memiliki total subscriber 15,3 juta dengan total tontonan sebanyak 2,7 miliar kali.

Channel ini mampu meraup pendapatan dari YouTube antara 21.900 hingga 349.800 USD setiap bulannya. Nilai tersebut jika dirupiahkan sekitar 313 juta hingga 5 miliar.

4. Jess No Limit

Jess No Limit adalah satu Youtuber Gamer ternama Indonesia dengan 23 juta lebih jumlah subscriber. Dikutip dari Social Blade (Rating Youtuber menurut Social Blade), pendapatan Jess No Limit dari YouTube diperkirakan antara 18.300 – 293.400 USD per bulan atau 261 juta – 4,2 miliar. Angka tersebut sedikit lebih unggul dari channel milik Baim Wong dan Paula Verhoeven.

5. Baim Paula

Di urutan kelima ada channel milik sahabat Raffi Ahmad, yaitu Baim Wong. Menurut Social Blade, channel bernama Baim Paula mampu mengatongi pendapatan dari Youtube berkisar antara 16.800 – 268.100 USD setiap bulan. Nominal tersebut jika dikonfersi ke rupiah sekitar 240 juta – 3,8 miliar.

Ranking Youtuber ini tentunya bisa berubah-ubah kapan saja sesuai kapan waktu Anda mengakses di situs Social Blade (Rating Youtuber menurut Social Blade). Adakah Youtuber favorit Anda yang amsuk daftar di atas?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Daftar Youtuber Indonesia Berpenghasilan Tinggi Menurut Social Blade