5 Daftar Hardisk Eksternal Terbaik untuk Budget Rendah

5 Daftar Hardisk Eksternal Terbaik untuk Budget Rendah

Hardisk merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer atau laptop. Berkas-berkas berupa audio, video, dokumen, hingga permainan tersimpan pada perangkat ini. Namun, sebagai perangkat penyimpanan akan ada saatnya dimana kapasitas hardisk tidak lagi cukup untuk menampung file. Saat itulah orang-orang mulai mencari hardisk eksternal terbaik untuk digunakan.

Kehadiran hardisk eksternal memudahkan pengguna untuk menambah kapasitas penyimpanan yang besar tanpa harus membongkar komputer untuk mengganti hardisk internalnya. Selain itu, penggunaannya pun sangat fleksibel. Hardisk eksternal bisa digunakan pada komputer manapun hanya dengan menghubungkan USB-nya ke computer layaknya sebuah flashdisk.

Hardisk eksternal terbaik

Daftar Hardisk Eksternal Terbaik

Sekarang ini, ada banyak produsen yang memproduksi hardisk eksternal. Jadi tidak mengherankan jika hardisk dengan berbagai merek dan kelebihan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Tetapi, saking banyaknya pilihan, pembeli kadang bingung memilih hardisk yang sesuai kebutuhan. Nah, agar tidak salah pilih, kenali dulu beberapa hardisk eksternal terbaik berikut ini.

1. Hitachi Touro

Hitachi Touro merupakan salah satu pemain lama di industri hardisk. Sejak diproduksi pada tahun 2014, merek ini masih sering dicari hingga sekarang meski pesaing baru terus bermunculan. Hardisk ini dapat terkoneksi dengan komputer maupun ponsel tanpa memerlukan software atau aplikasi khusus.

Untuk komputer, hardisk Touro kompatibel pada Windows maupun Mac. Sebagai salah satu hardisk eksternal terbaik, produk Hitachi ini memiliki beberapa kelebihan lain, yaitu:

  • Desain simpel dan ramping

Dibandingkan hardisk eksternal merk lain, desain Hitachi Touro terbilang simpel, halus, dan kuat dengan ukuran yang relatif kecil. Hardisk berkapasitas 1TB, misalnya, memiliki ukuran tinggi 11 cm, lebar 8 cm, dan ketebalan 2 cm dengan berat sekitar 0.5 kg. Bentuknya yang kecil dan ramping memudahkan hardisk ini untuk dibawa kemana-mana.

  • USB 3.0

Hardisk eksternal Touro dilengkapi dengan USB 3.0 yang meningkatkan kecepatan transfer data. Jadi, mengirim data berukuran besar pun tidak lagi memakan waktu yang lama seperti pada hardisk dengan USB 2.0.

  • RPM Tinggi

Jika rata-rata laju putar hardisk eksternal pada umumnya adalah 5400 RPM, Touro memiliki kecepatan berputar 7200 RPM. Artinya, produk ini akan memunculkan data sekitar 33% lebih cepat dibanding hardisk 5400 RPM. Pembacaan data akan berjalan cepat dan penggunaan waktu semakin efisien.

2. Seagate Back Up Plus

Seagate BackUp Plus merupakan salah satu hardisk yang memiliki daya tahan serta kecepatan yang baik. Maka tidak salah lagi jika perangkat penyimpanan ini disebut sebagai salah satu hardisk eksternal terbaik. Sesuai dengan namanya, Seagate BackUp Plus adalah hardisk yang memiliki kelebihan di segi pencadangan berkas.

Pencadangan bisa dilakukan terjadwal secara otomatis, sesuai waktu yang diinginkan. Seagate menawarkan 3 tipe harddisk backup, yaitu Seagate BackUp Plus Ultra Touch, Seagate BackUp Plus Slim, dan Seagate BackUp Plus Portable. Meskipun sama-sama memiliki kemampuan back up, ketiga tipe hardisk ini memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut:

  • Case

Dari segi case, tampilan Seagate BackUp Plus Ultra Touch terbilang menarik dengan balutan kain tenun yang tersedia dalam 2 warna yaitu hitam, dan putih. Sementara case BackUp Plus Slim dan BackUp Plus Portable terbuat dari aluminium yang dipelitur. Selain itu, dua tipe ini memiliki pilihan warna yang lebih variatif.

  • Kompatibilitas

BackUp Plus Ultra Touch kompatibel dengan USB C dan USB 3.0/2.0. Sementara BackUp Plus Slim dan BackUp Plus Portable hanya kompatibel dengan USB 3.0/2.0. Namun, semua tipe bisa digunakan pada Windows dan Mac.

  • Kapasitas

Untuk kapasitas, BackUp Plus Portable tersedia hingga 5TB. Sedangkan dua tipe lainnya hanya tersedia dengan kapasitas 1TB dan 2TB.

3. Transcend StoreJet 25M3

Kebanyakan hardisk akan langsung error sekali terbentur atau terjatuh, namun tidak dengan Transcend StoreJet 25M3. Hardisk ini dibalut dengan tiga lapis pelindung, yaitu silicon anti-shock, internal hard drive suspension system, dan case yang tahan terhadap benturan. Tidak heran jika hardisk eksternal StoreJet mampu bertahan dari guncangan dan benturan kecil.

Selain tangguh, perangkat ini memiliki sebuah tombol back up yang akan melakukan pencadangan data ketika ditekan. Namun, untuk mengaktifkannya diperlukan software khusus bernama Elite Data Management yang bisa diunduh di situs resmi Transcend. Kelebihan lain hardisk ekternal ini adalah kemampuannya untuk mengembalikan data yang terhapus melalui software RecoveRx.

Ada pula fitur power saving sleep mode yang mampu menghemat daya saat tidak digunakan. Jadi bukan hal yang berlebihan menyebutnya sebagai hardisk eksternal terbaik. Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, perangkat penyimpanan ini memiliki desain yang ramping dan elegan dengan ukuran 129,5 x 80,8 x 16,1 mm serta garansi pembelian.

4. Adata HD710 Pro

Salah satu hardisk eksternal terbaik yang diproduksi oleh vendor media penyimpanan kelas atas ADATA adalah Adata HD710 pro. Dengan dimensi 133.3 x 98.5 x 26.5 mm dan berat 300g, hardisk ini mudah disimpan dan dibawa kemana-mana. Dilengkapi pula dengan fitur tahan debu dan air selama port USB tertutup rapat.

Adata HD710 Pro memiliki konstruksi body yang kuat dengan tiga lapisan utama, yaitu silicon, shock absorbing buffer, dan kerangka yang kuat. Hardisk ini telah lulus uji coba Drop Test, dengan dijatuhkan dari ketinggian 1.5 meter. Ditambah shock-sensor yang akan mencegah kerusakan yang dapat mengakibatkan bad sector dan kesalahan sistem.

Lampu indikator juga sangat membantu pengguna untuk mengetahui keadaan perangkat saat proses transfer data. Jika indikator berwarna biru, artinya hardisk berkerja dengan baik. Namun, jika terjadi kesalahan, lampu akan berubah menjadi merah. Warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah, kuning, dan biru memberikan tampilan sporty dan keren pada hardisk.

5. Western Digital Black P10

Memiliki kapasitas penyimpanan hingga 5TB dan kecepatan transfer data hingga 140 MB/s, hardisk eksternal terbaik ini mungkin menjadi idaman banyak gamers. Selain bisa menampung banyak game, produk ini juga bisa langsung dihubungkan dengan berbagai konsol game seperti PS4 atau Xbox One.

Meski memiliki performa yang bagus, bukan berarti hardisk ini hanya bisa digunakan untuk gaming. Layaknya hardisk pada umumnya, WD Black P10 juga bisa difungsikan seperti media penyimpanan pada umumnya. Soal tampilan, produk ini memiliki fisik yang kokoh dan solid meski berbahan plastik dan berukuran 4,65 x 3,46 x 0,50 inch.

Cara Memperlakukan Hardisk Eksternal agar Awet

Setelah mendapatkan hardisk eksternal yang sesuai, pastikan untuk merawatnya dengan baik agar berumur panjang. Bukan masalah harga, jika hardisk rusak, berkas yang ada di dalamnya tidak dapat dikembalikan lagi. Sayang kan? Nah, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk hardisk eksternal agar awet.

  • Selalu gunakan Safe Remove Hardware. Saat selesai menggunakan hardisk, pilihlah opsi Safe Remove Hardware sebelum mencabut kabelnya. Ini untuk mencegah kerusakan data yang bisa terjadi akibat pencabutan kabel USB.
  • Jauhkan dari cairan. Saat menggunakan hardisk, letakkanlah di tempat yang kering dan jauh dari cairan. Cairan seperti air bisa merusak seluruh komponen hardisk bahkan dalam jumlah kecil.
  • Hindari benda magnetic. Magnet bisa merusak platter pada hardisk karena adanya gerakan tarik-menarik antar komponen mekanik.
  • Hindari Benturan. Hardisk dengan case shock-proofing pun akan rusak jika terus menerus mengalami benturan. Jadi, jaga hardisk agar tidak terbanting apalagi terjatuh.

Itulah informasi beberapa hardisk eksternal terbaik tahun ini. Soal harga, hardisk-hardisk di atas berkisar Rp 700.000,- hingga jutaan rupiah, tergantung kapasitas dan kualitas. Bagaimanapun, pilihlah hardisk eksternal yang sesuai budget dan kebutuhan. Jika memungkinkan, belilah dari distributor resmi agar kualitas media penyimpanan terjamin.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Daftar Hardisk Eksternal Terbaik untuk Budget Rendah