5 Daftar Broker Saham Terbaik untuk Pemula di Indonesia

5 Daftar Broker Saham Terbaik untuk Pemula di Indonesia

Meskipun memiliki banyak uang di rekening, Anda tidak bisa langsung membelikannya saham karena bukan rekening yang tepat. Lantas, bagaimana jika ingin membeli saham atau terjun di pasar saham? Caranya adalah Anda harus membuka rekening di sekuritas. Nah, perusahaan sekuritas ini juga sering disebut dengan broker atau perantara efek.

Memilih broker yang tepat adalah langkah penting bagi Anda yang ingin mulai jadi investor saham. Dari sekian banyak broker yang ada di Indonesia, berikut 5 daftar broker saham terbaik untuk pemula.

Mengenal Apa Itu Broker Saham

Ketika ingin melakukan trading di Forex Market, maka harus ada perantaranya karena Anda tidak bisa langsung masuk begitu saja. Nah, perantaranya ini disebut dengan broker.

Jadi, broker atau pialang merupakan individu atau korporasi yang bertugas untuk menjembatani transaksi antara investor (yang berlaku sebagai konsumen) dengan pasar modal.

Keberadaan broker sangat penting dalam melakukan transaksi di pasar modal. Tugas utamanya adalah untuk membangun serta memelihara hubungan antara investor dengan pasar modal dan memberikan pelayanan terbaik kepada investor maupun pihak pasar modal.

Ikuti Kriteria Ini dalam Memilih Broker Terbaik

Terdapat 4 kriteria broker saham internasional atau lokal yang bagus, antara lain:

  • Memiliki regulasi yang jelas

Pastikan broker memiliki regulasi yang jelas. Jika di Indonesia pastikan terdaftar di BEI, Australia itu ASIIC, Rusia telah teregulasi CYPRUS, dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya, semakin banyak teregulasi, maka broker tersebut berarti memang terbukti bagus.

  • Withdrawal dan deposit gampang

Umumnya, deposit sangat cepat tapi withdrawalnya lama sekali atau berbelit-belit. Broker seperti itu harus Anda waspadai.

  • Komisinya wajar

Perihal komisi juga harus wajar karena jika terlalu mahal maka profit Anda akan berkurang banyak, sedangkan jika terlalu murah itu kemungkinan scam (penipuan). Jadi, cari yang komisinya wajar-wajar saja kisaran 7 – 10$.

  • Tidak ada permainan harga

Kriteria yang keempat adalah, Anda memastikan bahwa broker tersebut tidak melakukan permainan harga atau tidak ada permainan bandar.

Poin ini tentunya tidak bisa Anda cek sebelum masuk ke broker tersebut. Namun, Anda bisa juga mengecek review-review terkait broker tersebut di intrenet. Mungkin saja banyak orang yang membagikan pengalaman mereka.

5 Broker Saham Terbaik untuk Pemula di Indonesia

Setelah mengetahui kriteria-kriteria dalam memilih broker, inilah daftar broker saham terbaik di Indonesia yang kami rekomendasikan bagi para pemula, antara lain:

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Broker saham terbaik pertama adalah Mirae Asset Sekuritas yang telah berdiri kurang lebih 25 tahun. Keunggulan dari sekuritas ini adalah biaya komisi jual beli saham terbilang lumayan rendah, yaitu 0.15% untuk beli serta 0.25% untuk jual saham.

Layanan CS pun selalu siap selama 24 jam penuh setiap harinya. Jadi, jika ada customer yang mengami kendala atau ingin bertanya terkait jual beli saham bisa segera dibantu dan memperoleh solusi.

Aplikasi Mirae Asset Sekuritas di PC (HOST) atau smartphone (NEOHOST) sangat user-friendly sehingga memudahkan semua pelanggannya terutama bagi para pemula.

Bagi calon investor, tersedia sejumlah pilihan akun yang dapat dipilih, yaitu day trading, margin, reguler, dan syariah.

Sedangkan masalah keamanan, Anda tidak perlu meragukannya. Salah satu broker terbaik di Indonesia ini mendapatkan peringkat 1 di IDX dalam peringkat volume, frekuensi, dan jumlah nilai transaksi pada tahun lalu.

Salah satu kekurangan dari Mirae Asset Sekuritas adalah minimum deposit nya yang cukup besar, yaitu Rp10 juta. Meski demikian, para nasabah mempunyai pilihan untuk bisa membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) di 4 bank sehingga para investor bisa memiliki banyak pilihan untuk transfer uang.

2. Indo Premier Sekuritas

Selain Mirae, Indo Premier juga menyandang status sebagai salah satu broker saham terbaik di Indonesia saat ini. Pada tahun 2019, PT Indo Premier Sekuritas memperoleh predikat pialang terbaik. Penghargaan Indonesia’s Best Domestic Bond House juga pernah diraihnya.

Kelebihan dari sekuritas dengan kode PD ini adalah dengan modal uang 100 ribu, Anda bisa membuat akun dan masuk ke pasar modal. Selain keamanan yang tidak perlu diragukan lagi, Indo Premier sangat cocok untuk pemula yang modalnya terbatas.

Indo Premier Sekuritas memiliki aplikasi saham yang disebut dengan IPOT. Selain di Jakarta, IPOT juga memiliki cabang di Surabaya dan B andung.

Fitur yang ditawarkan juga beragam sehingga memudahkan calon investor yang ingin investasi berbagai instrumen, seperti pembelian IPO, trading saham, jual beli reksadana, dan lain sebagainya.

3. Mandiri Sekuritas

Daftar broker saham terbaik untuk pemula di Indonesia berikutnya adalah Mandiri Sekuritas. Ini merupakan sekuritas plat merah karena berada di bawah naungan BUMN.

Aplikasinya bernama MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading) yang sudah terdaftar pada BEI sejak 1992. Selain itu, MOST juga termasuk dalam deretan daftar sekuritas yang paling aktif di tahun ini.

Pilihan produk investasi yang ditawarkan Oleh MOST lumayan lengkap, mulai dari Reksadana, saham syariah, saham konvensional, emisi IPO, obligasi dan SBN.

Fee trading yang diberlakukan oleh Mandiri Sekuritas untuk setiap transaksi adalah 0,28% dan biaya tambahan Rp5 ribu /hari. Sedangkan untuk pembelian saham dikenakan fee sebesar 0,18% dalam setiap transaksi dan biaya tambahan Rp5 ribu /hari.

Bagi para pemula yang masih khawatir atau takut untuk memulai investasi, Mandiri Sekuritas menawarkan layanan MOST Trial. Ini merupakan layanan trading saham secara langsung tanpa resiko akan kehilangan uang.

4. BNI Sekuritas

Perusahaan sekuritas di bawah naungan PT Bank Negara Indonesia ini bergerak di bidang perdagangan saham, pengelolaan investasi perbankan, pengelolaan assets management, serta perdagangan surat utang yang telah berlisensi Usaha Perusahaan Efek.

Keunggulan dari BNI Sekuritas diantaranya adalah ketentuan setoran minimal sebesar Rp 1 juta (vs Rp 5 juta hybrid), biaya komisi jual saham sebesar 0.25%, dan beli saham 0.15%. Selain itu, transaksi bisa dilakukan melalui PC ataupun smartphone.

5. Ajaib Sekuritas

Terakhir ada perusahaan sekuritas yang tergolong masih baru di Indonesia namun langsung masuk daftar broker saham terbaik saat ini. Pasalnya, sekuritas ini menawarkan berbagai kemudahan terutama bagi para pemula yang ingin mulai berinvestasi.

Keunggulan yang dimiliki oleh Ajaib Sekuritas adalah tidak adanya setoran minimum, terdapat 2 instrumen investasi dalam 1 aplikasi, dan membuka rekening cukup dengan e-ktp.

Untuk fee beli saham di Ajaib sebesar 0,10% (< Rp150 juta), 0,09% (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08% (> Rp1,5 miliar). Sedangkan fee jual saham sebesar 0,10% (< Rp150 juta), 0,09% (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08% (> Rp1,5 miliar).

Jumlah minimum investasi reksadana di sini adalah Rp10 ribu, dan minimum investasi saham adalah 1 lot (100 lembar). Cukup terjangkau, bukan? Jika ingin tahu lebih lanjut Anda bisa membaca review terkait Ajaib.co.id secara lebih lengkap.

Kelima broker saham terbaik ini tentunya sudah terbukti aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, Anda tertarik ingin membuka rekening saham di mana?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Daftar Broker Saham Terbaik untuk Pemula di Indonesia flagcounter